cara meningkatkan writing skill bahasa inggris

Cara Meningkatkan Writing Skill Bahasa Inggris

Cara meningkatkan writing skill dalam bahasa Inggris sebenarnya cukup sederhana. Kamu hanya perlu konsisten latihan agar terbiasa dengan bahasa Inggris. Tentu, setelah itu ada trik lain yang harus kamu terapkan untuk bisa menulis sebuah kalimat dalam bahasa Inggris.

Kendala paling besar yang dialami oleh banyak orang ketika menulis dalam bahasa Inggris adalah penyusunan kalimat dan grammar. Kedua hal ini memang harus diperhatikan untuk menghindari kesalahan penulisan yang mungkin kamu lakukan.

3 Tips Meningkatkan Writing Skill

Ketika diharuskan untuk menulis dalam bahasa Inggris, tentu kamu perlu mengetahui cara meningkatkan writing skill. Kemampuan yang satu ini tidak bisa kamu dapatkan secara singkat, perlu beberapa tips dan trik agar bisa meningkatkan kemampuan menulis kamu. Beberapa cara yang bisa kamu lakukan adalah

1. Rajin Membaca

Salah satu tips yang paling efektif adalah rajin membaca secara konsisten. Ketika kamu membaca, kamu akan menemukan banyak kosakata baru. Lalu, kamu akan belajar banyak mengenai struktur penulisan.

Kamu tak perlu membaca buku yang tebal. Pilihan lain yang bisa kamu baca adalah majalah atau hanya sekadar brosur. Kamu juga bisa mencari banyak bahan bacaan di internet.

Baca Juga:
Tips Lewati Tes Writing IELTS Dengan Lancar

2. Pahami Susunan Kalimat

Ketika menulis dalam bahasa Inggris, akan lebih mudah untuk memahami susunan kalimatnya terlebih dahulu. Dengan memahami pola kalimat, kamu akan lebih mudah menyusun paragraf. Susunan kalimat dalam bahasa Inggris, antara lain:

  • Subject + Verb
  • Subject + Verb + object
  • Subject + Verb + Adjective

3. Pahami Grammar

Walaupun pada praktiknya banyak orang yang mengabaikan grammar, namun kamu tetap harus memahaminya. Dengan menggunakan grammar yang benar, tulisan kamu akan lebih mudah untuk dibaca.

Grammar juga sangat penting saat menulis, terutama jika kamu akan membuat kalimat formal dan terstruktur.

Jangan lupa untuk selalu mengecek setiap kalimat sesudah kamu menulisnya. Pastikan tidak ada typo atau kesalahan ejaan, ya!

Baca Juga:
Tips Mengerjakan Latihan Soal IELTS Online

Hal yang Perlu Dihindari untuk Meningkatkan Writing Skill

Bergabung dalam kursus bahasa Inggris bisa menjadi salah satu upaya agar kamu bisa meningkatkan writing skill. Kamu akan dipandu oleh tutor professional dan dapat bertanya apapun yang belum kamu ketahui.

Ketika menulis bahasa Inggris, seringkali kamu terlalu banyak menggunakan there is/are. Menggunakan susunan kalimat yang sesuai dengan grammar akan memberikan kesan bahwa kamu adalah orang yang professional.

Tulisan yang baik adalah yang menggunakan bahasa yang ringkas dan sederhana. Menyingkirkan kalimat there is/are bisa membuat tulisan kamu lebih singkat, sederhana dan jelas.

Tulisan yang jelas ini biasanya dibutuhkan untuk penulisan yang formal, seperti penulisan untuk akademik dan bisnis.

Hindari juga untuk menggunakan really, very, a lot, so. Kata oni akan mengurangi nilai tulisan kamu atau membuatnya terkesan sangat lemah. Disarankan untuk mengganti kata a lot dengan many atau much.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi