cara menjawab soal toefl structure

Cara Menjawab Soal Toefl Structure

Cara menjawab soal TOEFL Structure juga menjadi salah satu hal yang harus kamu pelajari. Salah satu cara terbaik untuk menilai sejauh mana kemampuan kamu dalam menggunakan Bahasa Inggris adalah melalui tes Bahasa Inggris resmi.

Itulah mengapa banyak lembaga menggunakan tes Bahasa Inggris mulai dari TOEIC, TOEFL, IELTS, dan lainnya untuk berbagai keperluan di dalam atau di luar negeri. Untuk itu, dalam materi kali ini, ICAN English akan memberikan kiat-kiat bagaimana menyelesaikan soal TOEFL, terutama bagian structure and written expression yang sering dianggap materi paling sulit.

Cara Mengerjakan Soal TOEFL Structure

Ada beberapa cara yang harus kamu ketahui ketika ingin mengerjakan soal TOEFL Structure sebagaimana berikut:

Menemukan Subjek dan Verb Dalam Kalimat

Ada beberapa kalimat Bahasa Inggris yang umumnya punya satu subjek dan satu kata kerja. Sebaiknya, kamu menemukan hal tersebut dalam kalimat.

Identifikasi subjek dan kata kerja terlebih dahulu supaya bisa mengerjakan TOEFL structure lebih mudah. Terdapat beberapa struktur kalimat yang bisa membuat kamu binbung ketika menentukan kata kerja dan subjek. Sehingga, kamu perlu latihan lebih intensif supaya terbiasa menghadapi soal-soal struktur dalam tes TOEFL.

Perhatikan Jawaban Yang Tersedia

Apabila sudah mengidentifikasi semua komponen dalam kalimat, dari subjek, predikat, objek, dan kata keterangan, maka kamu akan lebih mudah menemukan pilihan yang tepat dalam mengisi kekurangan pada kalimat.

Untuk menjawab soal TOEFL structure, perhatikan komponen yang hilang pada kalimat tersebut. Kemudian, pilih pilihan yang tersedia. Hindari menjawab padahal belum membaca semua soal dan pilihan-pilihan yang tersedia. Kadang pilihan jawaban tampak benar, kecuali kamu benar-benar membaca per kata.

Baca Juga:
Apa Saja Materi Dasar TOEFL?

Eliminasi

Apabila kamu sudah membaca berulang kali dan masih bingung memilih jawaban, maka cara menjawab soal TOEFL structure berikutnya adalah dengan melakukan proses eliminasi sebanyak mungkin semua bagian yang kamu anggap mengganggu.

Biasanya, pilihan jawaban yang tersedia salah karena kalimat atau frasa tidak penting masuk dalam kalimat, hilang bagian frasa atau kata penting, sehingga kalimat tetap masih kurang lengkap, serta bagian pilihan jawaban tidak punya grammar yang tepat.

Setelah melakukan proses eliminasi sebanyak mungkin pada bagian pilihan jawaban, maka berikutnya adalah baca kembali bagian kalimat yang kamu pilih sebagai jawabannya. Apabila jawaban tersebut tidak terkesan enak dibaca, dan terdengar aneh, maka bisa jadi itu salah. Kalau masih belum bisa mempertimbangkan, tinggalkan dan lanjut kerjakan pertanyaan berikutnya.

Perhatikan Kata yang Digaris Bawah

Inti pada soal TOEFL Structure biasanya akan diberi garis sebagai penegasan bahwa kata tersebut perlu untuk dianalisa. Apakah kata itu kata kerja, kata sifat atau juga bentuk Verb 1, Verb 2 atau Verb 3.

Setelah kamu mengetahui tips untuk mengerjakan TOEFL, maka sebaiknya kamu juga mulai belajar tentang TOEFL Structure. Dengan belajar mulai dari yang dasar hingga yang sudah kompleks maka akan membuatmu semakin mudah untuk menjawab soal TOEFL.

Baca Juga:
Cara Belajar Bahasa Inggris untuk TOEFL

Ujian Structure and Written Expression TOEFL

Sebagai bagian kedua dari ujian tes TOEFL, tujuan dari structure and written expression adalah untuk meninjau sejauh mana kemammpuan masing-masing peserta ujian dalam mengerjakan tata bahasa Inggris. Bergabung dalam kelas persiapan TOEFL akan menjadi cara terbaik agar kamu bisa menguasai materi ini dengan baik.

Soal yang diujikan dalam bagian ini sebanyak 40 butir, dengan waktu mengerjakan sebanyak 30 menit. Pada bagian structure, terdapat soal dengan kalimat tidak lengkap. Kemudian, kamu harus memilih frasa atau kata tepat untuk melengkapi kalimat yang telah ada.

Pada bagian written experssion, kamu akan melihat soal kalimat dan juga bagian lainnya yang digaris bawahi. Kamu harus menentukan bagian mana yang tidak tepat dalam kalimat tersebut.

Bagian soal structure dan written expression sering disebut sebagai bagian paling sulit. Itulah mengapa dalam mengerjakan soal structure dan written expression pada tes TOEFL structure memerlukan kejelian atau pengetahuan grammar yang cukup.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.