Cara Menulis Bahasa Inggris untuk Pemula

Cara Menulis Bahasa Inggris untuk Pemula

Sering kali pemula melupakan bagaimana cara menulis bahasa inggris. Hal ini karena belajar menulis kurang diminati, apalagi jika terlalu fokus pada belajar kosa kata dan tata bahasa.

Namun, saat kamu mulai belajar bahasa Inggris, sangatlah penting untuk menulis secara teratur. Menulis dapat membantu kamu mempelajari kosakata, tata bahasa, ejaan bahasa Inggris, dan banyak lagi!

Cara Belajar Menulis dalam Bahasa Inggris

Berikut adalah beberapa cara menulis bahasa inggris yang harus dilakukan oleh agar dapat meningkatkan skill writing:

Berlatih menulis setiap hari

Repetition atau belajar dengan teknik mengulang akan sangat membantu mempelajari keterampilan menulis. Menulis bahasa Inggris akan sulit pada awalnya, namun jika kamu menulis sedikit setiap hari, belajar akan menjadi lebih mudah.

Untuk memastikan kamu tidak pernah melewatkan satu hari pun, gunakan sistem untuk melacak waktu belajar. Misalnya, kamu bisa membuat kalender, atau menggunakan situs dan aplikasi seperti Habit Daily Tracker.

Baca juga:
Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Dari Nol, Pemula Wajib Tahu!

Temukan waktu dan tempat terbaik untuk menulis

Setiap orang mempunyai waktu terbaik untuk menulis. Mungkin kamu merasa lebih mudah fokus di pagi hari. Mungkin, kamu justru termasuk “night birds” yang merasa lebih mudah fokus belajar di tengah malam. Cobalah menulis pada waktu yang berbeda dalam sehari untuk mencari tahu waktu mana yang paling cocok.

Setelah tahu waktu terbaik harus menulis, kamu juga pasti ingin tahu di mana harus menulis. Mungkin kamu kesulitan menulis di tempat yang terlalu bising. Jika demikian, cobalah menulis di tempat yang sepi seperti perpustakaan. Atau, kamu justru memerlukan sedikit kebisingan, jadi kamu bisa menulis di kedai kopi yang sibuk.

Tempat khusus untuk menyimpan tulisan bahasa Inggris

Temukan buku catatan untuk menyimpan semua tulisan. Dengan menyimpan semuanya di satu tempat, kamu dapat melihat kembali tulisan dan melihat seberapa banyak kemajuan yang telah kamu capai. Atau, kamu juga bisa membaca seluruh tulisan sekaligus untuk melihat apakah kamu terus melakukan kesalahan yang sama.

Salah satu cara menarik untuk menyimpan tulisan adalah di blog. Kamu dapat memulai sebuah blog di Blogger atau WordPress, sehingga orang lain dapat membaca dan berkomentar.

Baca juga:
Buku Bahasa Inggris Untuk Pemula, Ini Pilihannya!

Pilih Topik

Jika kamu sudah siap menulis, cobalah untuk memilih topik. Kemudian, tulis apa pun yang kamu inginkan tentangnya. Misalnya, topik yang ingin kamu ceritakan adalah “Best Holiday”, kamu bisa bercerita pengalaman liburan terbaik yang pernah kamu miliki. Tulis apa saja, dan biarkan pikiran mengalir sesuai topik tersebut.

Gunakan alarm atau pengatur waktu, dan tulis selama 5 menit, secara rutin setiap hari. Jika sudah terbiasa, beri durasi lebih lama menjadi 10 menit.

Latihan menulis ini bukan berarti agar kamu bisa menceritakan apapun dengan sempurna. Akan tetapi, tujuannya untuk membuat otak berpikir dalam Bahasa Inggris dan melihat sebanyak apa yang kamu tulis tentang topik tersebut.

Buat Jurnal

Dengan memiliki diary atau jurnal pribadi, maka kamu pasti akan rajin menulis setiap hari. Cara ini pasti akan melatih kemampuan menulis beberapa tense. Kamu juga dapat menulis dalam bentuk lampau tentang pengalaman yang pernah kamu lakukan sepanjang hari. Kamu juga bisa menulis hal-hal tentang masa depan, seperti hal yang akan kamu rencanakan di liburan berikutnya.

Baca juga:
Panduan Belajar Writing Bahasa Inggris

Pentingnya Belajar Menulis Bahasa Inggris

Kamu pasti punya alasan paling berpengaruh mengapa belajar menulis itu penting. Jika kamu tidak berlatih cara menulis bahasa inggris, kamu mungkin akan lebih sulit berkomunikasi dengan berbagai macam orang. Selain itu, sering latihan menulis harian ke dalam rutinitas pagi mengajarkan kamu bagaimana tetap melakukan sesuatu yang penting. Cara ini akan mengajarkan kamu lebih disiplin.

Selanjutnya, sisi otak kanan adalah sisi yang lebih kreatif, sedangkan sisi kiri adalah sisi yang lebih analitis dan logis. Kamu memerlukan kedua bagian tersebut untuk menulis apa pun, terutama menulis kreatif. Otak kanan menangani semua tentang apa yang kamu inginkan, dan otak kiri membantu menuliskannya dengan cara yang masuk akal.

Bahkan, setiap kali kamu merasa buntu atau sedang memikirkan suatu masalah, ada baiknya untuk segera menulis masalah tersebut dan mencari solusi yang mungkin ada. Cara ini sangat berguna ketika menulis tulisan tangan.

Terakhir, menulis membuat pemikiran kamu dapat mengatasi kecemasan, depresi, dan gangguan kesehatan mental lainnya. Cara ini juga membantu jika kamu tidak memiliki penyakit mental yang dapat didiagnosis. Menuliskan pemikiran membantu mengatasi perasaan tersebut dan membantu kamu pulih, dalam kondisi mental yang lebih baik.

Buat kamu yang ingin belajar menulis Bahasa Inggris yang lebih menyenangkan, belajar di ICAN English solusinya! Temukan lingkungan positif di tempat kursus Bahasa Inggris yang akan memudahkan kamu dalam meningkatkan keterampilan. Tutor juga akan mendampingi kamu untuk memastikan perkembangan dalam menulis.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi