Cara menyusun kalimat bahasa Inggris

Cara Menyusun Kalimat Bahasa Inggris

Jan 31, 2022 | Bahasa Inggris

Banyak orang yang masih bingung mengenai cara menyusun kalimat bahasa Inggris. Hal yang sebenarnya harus kamu perhatikan dalam membuat kalimat bahasa Inggris adalah jenis kosakata. Jika kamu sudah mengetahui hal ini, maka kamu hanya perlu mengetahui cara membuat kalimat bahasa Inggris yang sederhana dan memiliki makna.

Untuk dapat membuat kalimat bahasa Inggris yang sederhana sebenarnya cukup mudah karena tidak grammar bahasa Inggris masih bisa dimengerti. Pola kalimat bahsa Inggris sama dengan bahasa Indonesia yang menggunakan aturan umum, yakni Subjek + Predikat + Objek + Pelengkap.

Baca Juga: CONTOH GRAMMAR BAHASA INGGRIS

Langkah Menyusun Kalimat Bahasa Inggris

Dalam membuat kalimat bahasa Inggris, kamu perlu mengerti pola sederhana terlebih dahulu. Berikut beberapa rumus yang bisa kamu gunakan untuk Menyusun kalimat bahasa Inggris yang sederhana:

  • Subjet + Verb:
  • The oldman did
  • She is waiting
  • Subject + Verb + Object:
  • I drink a cup of coffee
  • He teachs Math
  • She sells car
  • Subject + verb + complement
  • She looks beautiful
  • He become rich
  • Subject + verb + adverbial
  • The match is tomorrow
  • The meetings  are every week

Secara keseluruhan, ada beberapa bentuk atau struktur kalimat dalam bahasa Inggris, seperti misalnya:

Simple Sentence: Kalimat sederhana yang merupakan sebuah kalimat yang mencakup satu independent clause. Sebuah independent clause memiliki subjek dan kata kerja serta pemikiran yang lengkap.

Compound Sentences: Ini adalah sebuah kalimat majemuk yang mengandung setidaknya dua independent clause. Kedua klausa independen ini dapat digabungkan dengan koma dan konjungsi koordinatif atau dengan titik koma.

Complex Sentences: Sebuah kalimat kompleks mengandung setidaknya satu klausa independen dan setidaknya satu klausa dependen. Klausa dependen dapat merujuk pada subjek (who, which) urutan/waktu (since, while), atau unsur-unsur sebab akibat (because, if) dari klausa independent.

Compound-Complex Sentences: Ini adalah jenis kalimat yang juga dapat digabungkan. Sebuah kalimat majemuk-kompleks mengandung setidaknya dua klausa independen dan setidaknya satu klausa dependen.

Macam-Macam Struktur Kalimat Bahasa Inggris

Berikutnya, yaitu mengenai struktur kalimat yang secara umum dibagi jadi empat jenis. Pertama, simple sentence atau kalimat sederhana yang hanya memuat satu independent clause. Misalnya, I finish run (saya selesai berlari).

Bentuk struktur yang kedua yakni, compound sentence yang terbentuk dari satu atau beberapa simple sentence. Penggabungan tersebut biasanya dihubungkan menggunakan conjunction (kata sambung). Misalnya, she went to her house and John stayed up to finish his works (dia pergi ke rumahnya dan John tetap tinggal untuk menyelesaikan pekerjaanya).

Selanjutnya, ada bentuk complex sentence yang memuat satu independent clause dan satu dependent clause. Misalnya, Joni finished cooking even though he was getting late for school (Joni menyelesaikan masakannya meskipun dia hampir terlambat berangkat ke sekolah).

Terakhir, yaitu compound-complex sentence yang memuat setidaknya dua independent clause dan satu atau beberapa dependent clause. Misalnya, even though I slept early last night, I still woke up late and cannot go to school. Kalimat dengan garis bawah merupakan dependent clause.

Baca Juga: TRIK BELAJAR GRAMMAR BAHASA INGGRIS

Tips Penting dalam Belajar Bahasa Inggris

Ketika belajar bahasa Inggris, kamu perlu mengetahui bagaimana cara Menyusun kalimat bahasa Inggris yang benar. Dengan begitu, kamu bisa menerapkannya dalam percakapan atau kalimat tulisan.

Ketika belajar bahasa asing, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan. Tips pertama yang cukup efektif adalah menciptakan tujuan. Ketahui level mana yang ingin kamu capai, agar kamu bisa mengetahui kapan kamu bisa mulai belajar.

Tips kedua adalah dengan menemukan kursus bahasa Inggris yang tepat. Temukan tipe pengajar yang tepat sesuai kebutuhan kamu dan metode belajar yang sesuai dengan tipe kamu. Setelah menemukan yang tepat, kamu bisa belajar bahasa Inggris dengan lebih menyenangkan.

Tak berhenti sampai di situ, kamu juga harus membaca banyak sumber bahasa Inggris. Tak selalu buku pelajaran, kamu bisa membaca novel bahasa Inggris atau cerita-cerita pendek yang ada di internet.

Terkadang kalimat pendek dan sederhana akan membuat kamu lebih nyaman dan akan membantu menungkan apa yang kamu pikirkan ke dalam kata-kata.

Hal Penting Ketika Membuat Kalimat Bahasa Inggris

Setelah mengetahui beberapa cara menyusun kalimat bahasa Inggris, selanjutnya kamu perlu mengetahui beberapa hal ini. Pertama, kamu perlu mempelajari berbagai frasa/ struktur menggunakan hati. Sehingga, kamu tidak usah terlalu pusing memikirkan susunan struktur yang tepat, dan pilihan beberapa kalimat yang kerap digunakan dengan tepat.

Selanjutnya, untuk lebih memperlancar kemampuan bahasa inggris, kamu bisa belajar dengan banyak membaca buku berbahasa inggris. hal tersebut akan cukup efektif untuk memperkaya penguasaan kosa kata serta kemampuan penyusunan kalimat berdasarkan struktur yang tepat.

Terakhir, jika kamu merasa ragu dengan kalimat yang ditulis. Sebaiknya, berkonsultasi dengan guru terkait bagaimana penyusunan yang tepat, atau kamu juga bisa menggunakan berbagai aplikasi yang dapat ditemukan di internet.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Kursus Bahasa Inggris saat ini bisa kamu temukan dengan sangat mudah. Di berbagai kota bahkan secara online juga membuka kursus Bahasa Inggris bagi siapapun. Akan tetapi, dengan banyaknya tempat kursus Bahasa Inggris kamu juga harus bisa menyeleksi mana yang paling...

Keuntungan Belajar Bahasa Inggris Online untuk Karyawan

Keuntungan Belajar Bahasa Inggris Online untuk Karyawan

Belajar Bahasa Inggris bagi karyawan saat ini menjadi satu hal yang penting. Mengingat saat ini dunia bisnis dan industri semakin berkembang bahkan sudah mulai merambah internasional sehingga kemampuan bahasa Inggris sangat perlu untuk di asah. Bahkan saat ini ada...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH