Contoh Kalimat Complex Sentence

Contoh Kalimat Complex Sentence

Mei 24, 2022 | Bahasa Inggris

Dalam bahasa Inggris, terdapat kalimat yang disebut dengan kalimat kompleks atau complex sentence. Masih banyak orang yang belum mengetahui contoh kalimat complex sentence. Apabila membaca tulisan berbahasa Inggris yang formal. Maka akan menemukan banyak kalimat kompleks.

Secara umum, complex sentence adalah kalimat yang memiliki independent clause dan dependent clause. Apabila tidak dipahami dengan baik, mungkin akan kesulitan untuk membedakan atau mengklasifikasikan independent clause dan dependent clause.

Baca Juga: CARA MENYUSUN KALIMAT BAHASA INGGRIS

Contoh Kalimat Complex Sentence: Pengertian Kalimat Kompleks

Apabila akan belajar bahasa Inggris, khususnya belajar materi writing. Maka, pemahaman kalimat kompleks pun menjadi penting. Karena dalam kalimat kompleks biasanya akan terdapat struktur yang berbeda dibandingkan kalimat pada umumnya. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa pembahasan terkait kalimat kompleks di bawah ini!

1. Pengertian Complex Sentence

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kalimat kompleks atau complex sentence merupakan kalimat yang terdiri dari independent clause dan dependent clause. Dalam kalimat kompleks, biasanya terdapat satu atau lebih independent clause dan dependent clause. Perlu diketahui bahwa strukturnya tidak selalu didahului oleh independent clause.

Karena dalam beberapa waktu, kalimat kompleks akan didahului oleh dependent clause. Sehingga, tidak ada aturan khusus terkait urutan dari klausa tersebut. Biasanya, beberapa orang akan sulit membedakan antara independent clause dan dependent clause. Karena belum mengetahui ciri-ciri serta perbedaan dari keduanya.

2. Pengertian Independent Clause 

Independent clause biasanya disebut sebagai kalimat yang lengkap. Karena pada independent clause biasanya sudah memiliki kata kerja, subjek, dan objeknya sendiri. Sehingga, independent clause memang dapat berdiri sendiri. Apabila berada dalam kalimat kompleks, independent clause dapat dipisahkan menjadi kalimat tunggal karena sudah lengkap.

Dalam sebuah kalimat kompleks, independent clause menjadi inti dari kalimat. Karena dalam independent clause ini memiliki struktur atau SPOK yang sudah lengkap. Contoh dari independent clause adalah, she eats some food. Dalam kalimat tersebut, terlihat sudah terdapat subjek, kata kerja (verb). Bahkan sudah dilengkapi pula oleh objeknya.

3. Pengertian Dependent Clause

Berbeda dengan independent clause, dependent clause merupakan klausa terikat. Sehingga dapat dikatakan pula bahwa dependent clause merupakan klausa yang tidak dapat berdiri sendiri. Apabila dipisahkan dari kalimat kompleks, maka dependent clause cenderung tidak memiliki arti atau makna. Jika memiliki makna pun, maknanya cenderung akan rancu.

Oleh karena itu, tidak heran apabila kemudian dependent clause disebut sebagai klausa yang tidak dapat berdiri sendiri. Contoh dari kalimat dependent clause adalah, because she feels hungry.

Baca Juga: CONJUNCTION DALAM BAHASA INGGRIS

Contoh Kalimat Complex Sentence

Untuk lebih memahami bagaimana kalimat kompleks, maka sebaiknya mengetahui beberapa contoh dalam penggunaan kalimat tersebut. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa contohnya di bawah ini!

1. Menggunakan Adjective dan Noun Clause

Dependent clause biasanya akan berupa adjective atau noun clause. Contohnya adalah, she likes the book, that she just bought (dia menyukai buku yang baru saja ia beli). Contoh lainnya adalah I forgot where I bring the fictional book (aku lupa kemana aku membawa buku fiksi tersebut).

2. Menggunakan Adverbial Clause

Selain adjective atau noun clause, dependant clause pun dapat berupa adverbial clause. Contoh kalimatnya adalah, she restructurization the organization, because the job description did not work well (dia melakukan restrukturisasi organisasi, karena tugasnya tidak berjalan lancar).

Dalam memahami kalimat kompleks, tentunya perlu diketahui pula contoh kalimat complex sentence. Karena pengertian atau rumusnya saja mungkin tidak akan cukup dipahami. Apabila tidak mengetahui bagaimana contoh penerapannya.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Kursus Bahasa Inggris saat ini bisa kamu temukan dengan sangat mudah. Di berbagai kota bahkan secara online juga membuka kursus Bahasa Inggris bagi siapapun. Akan tetapi, dengan banyaknya tempat kursus Bahasa Inggris kamu juga harus bisa menyeleksi mana yang paling...

Keuntungan Belajar Bahasa Inggris Online untuk Karyawan

Keuntungan Belajar Bahasa Inggris Online untuk Karyawan

Belajar Bahasa Inggris bagi karyawan saat ini menjadi satu hal yang penting. Mengingat saat ini dunia bisnis dan industri semakin berkembang bahkan sudah mulai merambah internasional sehingga kemampuan bahasa Inggris sangat perlu untuk di asah. Bahkan saat ini ada...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH