Ringkasan Materi Simple Present Tense

Ringkasan Materi Simple Present Tense

Dalam Bahasa Inggris terdapat 16 tenses yang bisa digunakan untuk mengungkapkan ekspresi sesuai dengan waktu kejadian. Salah satunya adalah simple present tense. Simple present tense adalah sebuah kalimat yang menyatakan peristiwa saat ini. Masih bingung? Yuk, ikuti ringkasan materi simple present tense di bawah ini.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya. Simple present tense adalah pola kalimat yang digunakan untuk mengekspresikan sebuah peristiwa di masa ini. Dengan kata lain, sesuatu yang sedang dilakukan dapat kamu jelaskan menggunakan pola kalimat simple present tense. Selain itu simple present tense juga biasanya digunakan untuk mengungkapkan sebuah fakta dan kebiasaan.

Ringkasan Materi Simple Present Tense yang Wajib Kamu Ketahui

Simple present tense adalah salah satu dari 16 tense yang ada dalam bahasa inggris. Banyak hal yang perlu diketahui untuk menggunakan tense ini. Tenses memang menjadi salah satu materi bahasa Inggris yang harus dipelajari secara lengkap. Kamu bisa bergabung dalam kursus bahasa Inggris untuk bisa belajar bahasa Inggris dari dasar hingga tingkatan lanjutan.

Berikut ringkasan materi simple present tense yang harus kamu ketahui agar dapat digunakan secara tepat.

1. Jenis Simple Present Tense

Simple present tense dapat digunakan dalam dua jenis kalimat yaitu kalimat berbentuk verbal dan nominal. Disebut verbal simple present tense bila kalimat tersebut mengandung kata kerja di dalamnya. Dalam hal ini, berarti kata kerja yang digunakan adalah kata kerja pertama atau verb 1 seperti read, write, cook, go, sleep, dan lain sebagainya.

Sedangkan nominal simple present tense adalah kebalikannya, kalimat nominal tidak mengandung kata kerja di dalamnya. Jadi digunakan to be (auxiliary verb) sebagai pengganti kata kerja. Karena yang dibahas adalah simple present tense maka to be yang digunakan adalah am, are, dan is.

Baca Juga:
Catatan Tentang Simple Present Tense

2. Rumus Dasar Simple Present Tense

Kalimat simple present tense dapat diterapkan dalam tiga bentuk, yaitu pada positive/affirmative tense, negative tense, dan questions/interrogative tense. Selain itu, jenis kalimat seperti verbal simple present tense dan nominal simple present tense berpengaruh terhadap kata yang digunakan. Perhatikan tabel berikut untuk mengetahui pola dari setiap kalimat simple present tense.

Jenis KalimatPositive/affirmative tenseNegative tenseInterrogative tense
Verbal simple present tensesubject + verb 1(s/es) + complement.subject + don’t + verb 1(s/es) + complementDo/does + subject + verb 1(s/es) +  complement
Nominal simple present tensesubject + auxiliary verb (to be) + complementsubject + auxiliary verb (to be) + not + complementauxiliary verb (to be) + subject + complement?

Complement yang digunakan dalam kalimat simple present tense dapat berupa noun (kata benda), adjective (kata sifat), atau adverb (kata keterangan). Penggunaan complement ini disesuaikan dengan subjek dan jenis kalimat yang digunakan. Untuk lebih jelas, perhatikan ringkasan materi simple present tense tentang complement pada tabel berikut

SubjekVerb (dalam kalimat verbal)Auxiliary verb/to be (dalam kalimat nominal)Complement (dalam kalimat verbal)Complement (dalam kalimat nominal)
IVerb 1amNoun, adjectiveNoun
You, we, they, plural subjectVerb 1areNoun, adjectiveAdjective
He, she, it, singular subjectVerb 1 + s/esisadverbAdverb

3. Ringkasan Materi Simple Present Tense: Contoh Kalimat

Untuk verbal simple present tense adalah (+) I study math for prepare the exam, (-) I don’t study math for exam , dan (?) Do you study math for exam? Untuk nominal simple present tense (+) I am student at Jakarta International High School, (-) He is diligent student because he always get high score in exam, dan (?) are they students from Jakarta International High School?

4. Adverbs of Time Dalam Simple Present Tense

Contoh adverbs of time yang biasanya digunakan adalah usually, always, seldom/rarely, often, sometimes, never, hardly never, every week/month, every day, every time, once a month, dan lainnya. Penggunaan setiap keterangan waktu ini dapat disesuaikan dengan kondisi yang terjadi. Sehingga dapat memberikan keterangan lebih jelas kepada lawan bicara.

Baca Juga:
Rumus Kalimat Tanya Simple Present Tense

5. Kegunaan atau Fungsi dari Simple Present Tense

Simple present tense memiliki beberapa fungsi yang berguna untuk menjelaskan berbagai hal. Pertama simple present tense dapat digunakan untuk mengungkapkan fakta yang tidak dapat dibantah, contohnya Jakarta is capital city of Indonesia. Kegunaan selanjutnya adalah untuk menunjukan kebiasaan, contohnya I read the book every night.

Kegunaan ketiga simple present tense adalah untuk mengekspresikan perasaan. Contohnya I am happy because my mom give me extra money. Selanjutnya simple present tense dapat digunakan untuk membicarakan acara dalam waktu deta, contohnya my school starts at 07.30 a.m. Kegunaan terakhir adalah untuk memberikan perintah atau instruksi, contohnya put the book to the bag.

Itulah ringkasan materi simple present tense yang wajib kamu tahu. Setelah mengetahui semua hal tentang simple present tense ini. Cobalah berlatih untuk menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari agar bahasa Inggrismu menjadi lebih baik.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web