Cara Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris Sesuai Format

Cara Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris Sesuai Format

Cara penulisan tanggal dalam Bahasa Inggris sangat bergantung pada lokasi dan konteks tempat kamu berada. Itulah mengapa, penting untuk memahami berbagai format tanggal yang digunakan di seluruh dunia. Sehingga kamu dapat memahami cara menulisnya dengan benar.

Sebelum mempelajari persyaratan pemformatan tertentu, seperti penggunaan titik atau tanda hubung, kamu harus melihat urutan penulisan tanggal di berbagai negara.

Meskipun beberapa negara mengikuti urutan Hari-Bulan-Tahun, negara lain lebih memilih format Bulan-Hari-Tahun atau Tahun-Bulan-Hari.

Format Penulisan Tanggal di Berbagai Negara

Di Eropa, negara-negara seperti Perancis dan Jerman lebih memilih format penulisan tanggal Hari-Bulan-Tahun. Sedangkan Swedia dan Hongaria lebih memilih urutan Tahun-Bulan-Hari. Dua format tanggal yang paling umum digunakan dalam bahasa Inggris British dan bahasa Inggris Amerika juga wajib kamu pelajari.

Format tanggal Inggris British

Urutan tanggal dalam bahasa Inggris British adalah Hari-Bulan-Tahun. Lebih spesifiknya, bulan biasanya ditulis dengan kata-kata, dan hari serta tahun ditulis dengan angka. Contoh:

  • 6 May 2019
  • 30 August 1999

Tanggal juga dapat direpresentasikan hanya dengan menggunakan angka seperti DD-MM-YYYY, contoh: 8-6-2013.

Baca juga : Cara Penulisan Hari Tanggal Dalam Bahasa Inggris Yang Tepat

Format tanggal bahasa Inggris Amerika

Format tanggal dalam bahasa Inggris Amerika adalah Bulan-Hari-Tahun. Mirip dengan bahasa Inggris British, bulan ditulis dengan kata-kata dan hari serta tahun dengan angka. Berbeda dengan bahasa Inggris British, ada koma yang digunakan sebelum mencantumkan tahun, contoh:

  • August 6, 2019
  • August 16, 2023

Jika hanya menggunakan angka untuk menulis tanggal, maka ditulis sebagai MM-DD-YYYY, contoh: 12-25-1992.

Format tanggal Standardisasi Organisasi Internasional (ISO).

Format tanggal ISO adalah YYYY-MM-DD. Standar internasional ini menganjurkan penulisan tanggal dalam angka, dimulai dengan tahun, lalu bulan, dan kemudian hari. Format ini digunakan secara umum di beberapa negara seperti Jepang, Cina, Korea, dan Iran.

  • 2023-05-15
  • 2019-09-10

Format tanggal bahasa Inggris Australia

Seperti halnya British English, format tanggal di Australia mengikuti urutan Hari-Bulan-Tahun, contoh:

  • 7 August 2020
  • 7-8-2020

Format tanggal Inggris Kanada

The Standard Council of Canada menetapkan bahwa format tanggal resmi di Kanada adalah YYYY-MM-DD. Namun jangan heran jika kamu melihat variasi format tanggal lainnya, karena ada yang menggunakan gaya Amerika (MM-DD-YY) dan British (DD-MM-YYYY), contoh:

  • 2013-09-17
  • 09-17-13
  • 17-09-2013

Baca Juga : Yuk, Belajar Nama Hari dalam Bahasa Inggris Dan Contohnya!

Penulisan tanggal menggunakan angka

Seperti beberapa contoh di atas, kamu juga bisa mencoba cara penulisan tanggal dalam Bahasa Inggris dengan menggunakan angka. Dalam hal ini, bulan ditulis sesuai dengan angka yang tertera pada kalender, dan tidak menggunakan nama lengkap atau singkatannya.

Namun, ada banyak variasi format yang perlu dipertimbangkan saat menulis tanggal dalam angka, sebagaimana berikut:

  • Cara memberi tanda baca pada angka (misalnya, menggunakan titik atau tanda hubung)
  • Menulis tahun menggunakan empat atau dua digit (misalnya, “2019” atau “19”)
  • Menempatkan “0” sebelum satu digit hari dan bulan (misalnya, “08/06” atau “8/6”)

Seperti yang kamu lihat, tidak ada format yang paling benar. Semua itu semua tergantung pada preferensi. Jadi, yang terpenting adalah konsisten dalam seluruh penulisan tanggal.

Pastikan tanggal jelas untuk mencegah salah tafsir. Misalnya, ketika menggunakan angka untuk merujuk pada sesuatu yang terjadi pada “January 8, 1920”, yang terbaik adalah menulis tahun secara lengkap karena “01/08/20” dapat disalahartikan sebagai “January 8, 2020”.

Jika cara penulisan tanggal dalam Bahasa Inggris masih membuat kamu pusing atau tertarik belajar lebih banyak, jangan ragu untuk belajar bersama tutor ICAN English. Tutor bahasa Inggris yang bersemangat akan membagikan pengetahuan lebih banyak.

Kamu bisa mengambil kelas intensif untuk latihan percakapan, tata bahasa, bahasa Inggris untuk bisnis, atau mempersiapkan ujian.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.