tiga cara simple belajar bahasa inggris

Tiga Cara Simple Belajar Bahasa Inggris

Ketika belajar bahasa Inggris, penting untuk menemukan cara belajar terbaik agar kamu tetap termotivasi untuk meningkatkan kemampuan berbahasa kamu. Mungkin ada beberapa materi yang sulit, namun kamu bisa memilih cara simple belajar bahasa Inggris, agar proses belajar tidak terkesan rumit.

Agar kamu tetap memiliki semangat ketika belajar, pastikan kamu memahami apa saja cara belajar sederhana yang bisa kamu lakukan di rumah. Hal ini berguna agar kamu bisa mencapai level bahasa Inggris yang kamu inginkan.

3 Cara Sederhana Belajar Bahasa Inggris

Selain bergabung dalam kursus bahasa Inggris, kamu tetap bisa belajar bahasa Inggris dengan cara yang sederhana. Dengan ini, kamu bisa belajar tanpa perlu merasa terbebani dengan prosesnya yang mungkin dianggap rumit bagi sebagian orang.

Berikut, beberapa cara simple belajar bahasa Inggris yang bisa kamu lakukan:

1. Gunakan Musik

Lagu favorit kamu tidak hanya akan membangunkan pikiran dan membuat kamu dalam suasana hati yang positif untuk belajar, namun liriknya bisa membantu kamu mengembangkan keterampilan. Penelitian menunjukkan bagaimana musik dapat membantu pelajar bahasa kedua dengan memperoleh grammar dan kosa kata, serta meningkatkan ejaan.

Selain itu, lagu juga selalu mengandung banyak kosakata, frasa dan ekspresi yang berguna. Umumnya, audiens yang dituju adalah penutur asli sehingga lagu-lagu terbaru menyertakan bahasa sehari-hari yang up-to-date dan bahasa yang santai.

Baca Juga:
Ragam Masalah dalam Belajar Bahasa Inggris dan Solusinya

2. Gunakan Permainan Papan

Scrabble adalah permainan papan klasik di mana pemain menggunakan kotak berhuruf acak untuk membuat kata-kata dalam mode teka-teki silang. Ini adalah cara yang fantastis untuk memperkuat kosakata bahasa Inggris kamu. Bermain Scrabble membuat kamu dapat benar-benar berpikir dalam bahasa Inggris, terutama ketika kamu  mencoba menemukan kata-kata yang berbeda dalam rangkaian huruf.

Kamu bisa mengajak teman-teman untuk memainkan permainan ini. Scrabble juga tersedia secara online di Facebook, di mana permainan ini disebut sebagai Words With Friends.

3. Belajar di Tempat yang Baru

Duduk di tempat yang sama, di ruangan yang sama, setiap kali belajar bisa membuat kamu bosan. Jika kamu se;alu belajar di rumah, cobalah pergi ke perpustakaan atau kedai kopi. Perubahan pemandangan akan meningkatkan antusiasme kamu, serta perubahan lokasi terbukti meningkatkan daya ingat.

Otak kamu akan membuat hubungan antara apa yang dipelajari dan di mana kamu berada. Ketika kamu belajar di tempat yang berbeda, kamu akan memaksa otak untuk membuat koneksi baru dengan apa yang kamu pelajari. Semakin banyak koneksi yang dibuat otak, semakin besar kemungkinan kamu mengingat apa yang dipelajari.

Baca Juga:
Website Terbaik Belajar Bahasa Inggris

Video Menarik untuk Belajar Bahasa Inggris

Cara simple belajar bahasa Inggris selanjutnya yang bisa kamu terapkan adalah menonton berbagai video. YouTube tidak hanya memiliki video hiburan yang lucu, tetapi juga ada beberapa sumber yang bagus untuk belajar bahasa Inggris. Beberapa channel Youtube yang bisa kamu tonton adalah VOA Learning English, JenniferESL, BBC Learning English, dan masih banyak lagi.

Apa pun preferensi kamu, banyak acara televisi yang bisa kamu tonton. Untuk acara-acara yang ringan, beberapa acara yang menarik adalah Ugly Betty, Friends, Gossip Girl, dan masih banyak lagi.

Banyak juga video-video singkat yang bisa kamu tonton untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Misalnya, jika kamu suka memasak, kamu bisa menonton channel Food Network dan semacamnya. Ini akan membuat kamu lebih tertarik untuk mempelajari satu hal, daripada melakukan proses belajar yang monoton.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi