Ciri ciri passive voice

Ciri Ciri Passive Voice

Feb 17, 2022 | Bahasa Inggris

Ciri ciri passive voice adalah bentuk kalimatnya membuat subjek tampak tidak melakukan tindakan tapi justru memperoleh tindakan. Passive voice adalah lawan dari active voice atau kalimat aktif.

Tidak hanya dalam pelajaran bahasa Inggris, materi kalimat aktif dan kalimat pasif juga pasti telah kamu pelajari dalam materi pembelajaran bahasa Indonesia. Supaya kamu paham secara detil lebih dari sekedar memahami ciri-ciri passive voice, kamu bisa belajar materi tersebut ketika bergabung dengan kursus bahasa Inggris.

Baca Juga: CONTOH KALIMAT PASSIVE VOICE

Apa Saja Ciri-Ciri Kalimat Pasif?

Passive voice berbeda dengan active voice sebagaimana kamu bisa langsung melihat perbedaannya dalam tabel berikut:

Active VoicePassive Voice
Joanna saves a dog on the road (Joanna menyelamatkan seekor anjing di jalanan)A dog is saved by Joanna on the road. A dog is saved by her on the road. (Seekor anjing yang ada di jalanan diselamatkan oleh Joanna/ Seekor anjing yang berada di jalan diselamatkan olehnya)

Berikutnya, terdapat beberapa ciri ciri passive voice yang membuatnya sangat khas dan bisa membantu kamu untuk membedakannya dengan jenis kalimat lain, sebagaimana berikut:

1. Passive voice dalam bahasa Inggris selalu menggunakan to be dan juga verb 3

2. Pada kalimat pasif atau passive voice biasanya terdapat kata by, artinya adalah “oleh”, berperan untuk menjelaskan siapa pelaku atau subjeknya.

3. Dalam passive voice juga terdapat objek kalimat

4. Jenis kata kerja atau verb dalam passive voice adalah transitive verb. Apa itu transitive verb adalah kata kerja yang perlu objek seperti contoh: love, change, make, pull, bring, buy.

Apabila sebuah kalimat yang mempunyai transitive verb tetapi tidak diikuti oleh objek, maka akan membuat kalimatnya jadi tidak lengkap atau incomplete sentence sebagaimana contoh berikut:

Transitive Verb dengan Object – Joanna brings coffee.

Transitive Verb tanpa Object – Joanna brings. (Dalam kalimat ini, pola kalimat frasa tidak lengkap karena tidak bisa dipahami, Apa yang dibawa oleh Joanna?

Baca Juga: MACAM CONTOH PASSIVE FORM

Waktu Menggunakan Passive Voice

Sekarang kamu sudah mengetahui apa saja ciri ciri passive voice. Berikutnya, kamu juga harus tahu kapan kamu bisa menggunakan passive voice. Ada beberapa situasi dimana kamu bisa menggunakan passive voice yaitu:

1. Kalau pelaku atau subjek tidak diketahui, contoh kalimat: The bedroom is cleaned every day.

2. Saat fokus utama adalah aksi, tidak pelaku. Berikut contoh kalimatnya:  the letter was sent at 8 a.m. by my daughter.

Berikut adalah beberapa contoh penggunaan passive voice dalam bahasa Inggris:

1. Our dogs were saved by the passengers.

2. A new handphone was bought by my sister.

3. The piano will be played.

4. The door is being fixed by Michael.

5. The doctor were being called.

6. The vitamins would be consumed by Joanna.

7. Your project would be being explained by you.

9. The documents have been sent by Amanda.

10. The thieves had been reported by me.

Demikianlah informasi lengkap tentang apa saja ciri ciri passive voice, kapan kamu harus menggunakannya dan seperti apa contoh kalimat yang menggunakan passive voice. Dengan mengetahui ciri-ciri dari kalimat tersebut maka kamu bisa mengenali atau mengidentifikasi pola kalimat dalam bentuk passive voice.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Kursus Bahasa Inggris saat ini bisa kamu temukan dengan sangat mudah. Di berbagai kota bahkan secara online juga membuka kursus Bahasa Inggris bagi siapapun. Akan tetapi, dengan banyaknya tempat kursus Bahasa Inggris kamu juga harus bisa menyeleksi mana yang paling...

Keuntungan Belajar Bahasa Inggris Online untuk Karyawan

Keuntungan Belajar Bahasa Inggris Online untuk Karyawan

Belajar Bahasa Inggris bagi karyawan saat ini menjadi satu hal yang penting. Mengingat saat ini dunia bisnis dan industri semakin berkembang bahkan sudah mulai merambah internasional sehingga kemampuan bahasa Inggris sangat perlu untuk di asah. Bahkan saat ini ada...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH