macam contoh passive form

Macam Contoh Passive Form

Mengetahui apa saja passive form dalam contoh kalimat bisa membantu agar kamu tahu apa perbedaan antara passive voice atau kalimat pasif dengan kalimat aktif bahasa Inggris. Apa itu passive voice adalah kalimat dimana kamu mengganti posisi objek dengan subjek. Jadi siapapun atau apapun yang merupakan subjek dalam kalimat, maka tidak akan menjadi subjek.

Itulah mengapa dalam kalimat pasif atau passive voice hanya digunakan supaya menekankan kejadian, bukan fokus pada siapa pelaku dari tindakan tersebut. Kalau dalam materi bahasa Indonesia, kalimat pasif digunakan untuk menyatakan kata kerja dengan awalan di- atau ter-. Nah, ketika belajar bahasa Inggris, polanya akan berbeda.

Perubahan Dalam Kalimat Passive Voice

Secara umum, passive voice menggunakan pola kalimat to be + past participle atau verb 3. Sekarang dengan rumus tersebut, kamu bisa melihat passive form dalam contoh kalimat ini:

Baca Juga:
Mengenal Rumus Untuk Passive Voice

The workers have constructed the bride (Active)

The bridge has been constructed by the workers (Passive)

Dalam kalimat pertama, siapa yang menjadi subjek maupun pelaku aktivitas konstruksi atau membangun adalah the workers alias para pekerja. Kemudian, penulis mengganti posisi subjek jadi objek dan posisi objek menjadi subjek.

Hasilnya adalah terdapat perubahan kata kerja, sehingga memperoleh tambahan kata “been” yang merupakan to be sehingga semula kalimatnya adalah have constructed menjadi has been constructed. Objek kalimat juga bisa tidak perlu disebut apabila memang dianggap tidak perlu sebagaimana contoh berikut: 

The bridge has been constructed.

Inilah yang disebut kalimat passive voice karena lebih mengutamakan objek yang mana menjadi subjek dan mengapa tidak perlu disebutkan kata “the workers”? Hal ini karena semua orang juga pasti tahu bahwa siapapun yang membangun pasti adalah pekerja.

Baca Juga:
Aturan Penggunaan Passive Voice

Macam-Macam Bentuk Passive Voice

Karena dalam passive voice selalu ada to be, maka kamu juga wajib tahu bahwa to be sangat bervariasi. Macam-macam to be wajib kamu ketahui sesuai penggunaan tenses untuk membuat kalimat passive voice. Penjelasan ini akan mudah dimengerti apabila kamu melihat pola passive form melalui contoh berikut:

1. John is bitten by a snake

2. Joanna was already left.

3. Sam will be moved in another office.

4.The letter should be sent on time to Joanna.

5. Our most expensive guitar are being sold for the charity.

6. Our product was being launched last night.

7. My favorite phone series will be launched next winter.

8. The pool should be cleaned routinely.

9. Our documents have been submitted.

10. The kids had been directed by the travel guide.

11. The document would not have been reported if they did not duplicate it.

12. Joanna should have been married to Sam

Baca Juga:
Perbedaan Will dan Would

Demikianlah informasi tentang bentuk-bentuk passive voice atau passive form beserta contohnya. Kamu bisa mencoba membuat kalimat sendiri di rumah agar lebih cepat menguasai materi passive voice.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web