Pengertian Passive Voice dalam Bahasa Inggris

Pengertian Passive Voice dalam Bahasa Inggris

Pengertian passive voice dalam bahasa Inggris secara umum berarti kalimat pasif. Salah satu materi pembelajaran ini mungkin akan sering kamu temui di bangku sekolah menengah. Seperti halnya dalam bahasa Indonesia, dalam bahasa inggris juga terdapat bentuk kalimat pasif, tetapi dengan aturan yang cukup berbeda.

Materi pembelajaran passive voice termasuk kedalam materi pembelajaran grammar dalam bahasa inggris. selain akan berguna untuk berbagai kepentingan akademik, mempelajari passive voice juga akan sangat berguna untuk kehidupan sehari-hari ketika kamu melakukan percakapan sehari-hari. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa melihat informasi di bawah ini!

Pengertian Passive Voice dalam Bahasa Inggris dan Contoh Kalimatnya

Kalimat pasif dalam bahasa inggris merupakan lawan dari kata kalimat aktif. Bentuk kalimat ini berfungsi untuk memberikan variasi struktur ketika membuat kalimat dalam bahasa inggris. pada kalimat ini, objek dalam kalimat diubah fungsinya menjadi subjek. Untuk lebih jelas, kamu bisa lihat pengertian passive voice dalam bahasa Inggris dan contohnya berikut ini!

1. Pengertian Passive Voice

Pengertian passive voice dalam bahasa Inggris yakni kalimat pasif, dimana subjek dalam sebuah kalimat tidak melakukan aksi pada objek. Sebaliknya, subjek dalam kalimat pasif menerima aksi dari objek. Ciri-ciri yang dimiliki kalimat pasif dalam bahasa inggris yaitu, di akhir verb atau kata kerja yang digunakan ditambahkan ed, -d, -en, -n, -t, atau ne.

Untuk lebih memahami konsep penggunaanya, kamu bisa lihat di contoh berikut; some sunflowers are planted by my mom (beberapa bunga matahari ditanam oleh ibu saya). Pada kalimat tersebut objek sunflower beralih fungsi menjadi subjek, begitu pula subjek mom beralih fungsi jadi yang menerima tindakan atau objek.

Baca Juga:
Macam Contoh Passive Form

2. Rumus Passive Voice Untuk Simple Present Tense

Dalam bahasa inggris terdapat berbagai macam grammar yang disesuaikan dengan waktu suatu peristiwa terjadi. Salah satu bentuk grammar tersebut yakni simple present tense atau grammar yang menunjukan waktu saat ini. dalam bentuk kalimat ini juga terdapat bentuk passive voice. Adapun, rumusnya yaitu; subjek + tobe (is/am/are) + past participle (verb 3).

Untuk lebih memahami konsep penggunaannya kamu bisa lihat di contoh berikut; the bird is shot by a hunter (burung tersebut ditembak oleh pemburu). Untuk bentuk kalimat negative, kamu bisa menambahkan kata not setelah tobe, contohnya; the bird is not shout by a hunter (burung tersebut tidak ditembak oleh pemburu).

3. Rumus Passive Voice Untuk Simple Past Tense

Selanjutnya untuk grammar jenis simple past tense yang digunakan untuk menunjukan waktu yang lampau. Adapun, untuk rumus yang digunakannya yaitu; subjek + was/were + past participle (verb 3). Sedangkan, untuk bentuk kalimat pasif simple past tense negative menggunakan rumus berikut; subjek +was/were + not + past participle (verb 3).

Untuk lebih memahami konsep pembentukan kalimatnya, bisa kamu lihat seperti beberapa contoh berikut. Contoh kalimat passive voice simple past bentuk positif; the letter was written by my nephew (surat tersebut ditulis oleh keponakan saya). Kemudian, untuk bentuk negative; those letters were not burnt by me (surat-surat tersebut tidak dibakar oleh saya).

4. Rumus Passive Voice Untuk Simple Future Tense

Bentuk kalimat pasif untuk jenis simple future tense digunakan untuk menunjukan waktu yang akan datang. adapun, rumus pembentukan kalimat pasif untuk jenis tenses ini yaitu; subjek + will be + past participle (verb 3). Sedangkan, untuk bentuk negatif menggunakan rumus; subjek + will + not + be + past participle.

Contoh kalimat pasif simple future tense bentuk positif; the trash will be thrown away by my father (sampah ini akan dibuang oleh ayahku). Kemudian, contoh kalimat pasif untuk bentuk negative; the trash will not be thrown away by my father (sampah ini tidak akan dibuang oleh ayahku).

Baca Juga:
Aturan Penggunaan Passive Voice

5. Rumus Passive Voice Untuk Past Future Tense

Terakhir, untuk bentuk kalimat pasif jenis past future tense atau yang menjelaskan suatu kemungkinan yang direncanakan di masa lalu. Adapun, rumus yang digunakannya yaitu; subjek + would/should + be + past participle (verb 3). Alu, untuk bentuk negative; subjek + would/should + not + past participle (verb 3).

Untuk lebih memahami konsep penggunaanya, bisa kamu lihat di contoh berikut. Contoh kalimat positif; the class would be dismissed by teacher (kelas akan sudah dibubarkan oleh guru). Lalu, contoh kalimat negative; the class would not be dismissed by teacher (kelas tidak akan dibubarkan guru).

Ketika kamu bergabung dalam kursus bahasa Inggris, kamu bisa mempelajari berbagai materi termasuk juga materi ini dengan lebih dalam lagi. ICAN English memiliki tutor profesional serta materi yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Jadi, kamu bisa belajar secara maksimal.

Selain mengetahui pengertian passive voice dalam bahasa Inggris, untuk lebih paham materi tersebut kamu juga harus mengenali konsep pembentukan kalimatnya. Salah satu caranya yakni dengan banyak berlatih.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web