Panduan Belajar Conditional Sentence Type 2

Panduan Belajar Conditional Sentence Type 2

Conditional Sentence type 2, sering disebut sebagai kalimat bersyarat kedua. Struktur gramatikal ini digunakan untuk membicarakan situasi yang tidak nyata, hipotesis di masa kini atau masa depan. Kalimat conditional jenis ini dibangun dengan menggunakan pola tertentu.

Kalimat kondisional kedua berguna untuk mengungkapkan hasil yang sama sekali tidak realistis atau kemungkinan besar tidak akan terjadi di masa mendatang. Pernyataan kalimat kondisional kedua membahas faktor-faktor yang diketahui atau situasi hipotesis dan konsekuensinya.

Pembahasan Conditional Sentence Type 2

Berikut adalah panduan lengkap tentang conditional sentence type 2:

Struktur Kalimat Conditional Sentence Kedua

Jenis kalimat kondisional ini dibangun dengan menggunakan pola tertentu:

If + past simple tense (conditional clause), would + base form of the verb (main clause).

Kondisi kedua biasanya digunakan untuk menyatakan situasi yang tidak mungkin terjadi, bertentangan dengan fakta, atau murni hipotetis. Hal ini menyiratkan suatu kondisi yang tidak benar pada saat ini atau masa depan tetapi menyajikan hasil hipotesis jika kondisi tersebut terpenuhi.

Penggunaan kata “would” dalam klausa utama menandakan sifat hipotesis atau khayalan dari situasi tersebut. Berikut adalah contoh kalimat conditional tipe 2:

If I won the lottery, I would travel around the world.

(Kondisi “memenangkan lotere” tidak mungkin atau tidak nyata di masa sekarang, dan hasilnya adalah tindakan hipotesis dari perjalanan.)

Aturan Penggunaan Conditional Sentence Tipe 2

Jadi, cara yang benar untuk menyusun kalimat kondisional kedua adalah dengan menggunakan simple past tense di klausa if dan kata kerja bantu modal (misalnya, could, should, might, would) di klausa utama (yang menyatakan kalimat yang tidak realistis atau hasil yang tidak mungkin terjadi). 

Saat menerapkan kondisi kedua, gunakan simple past tense di klausa if. Gunakan kata kerja bantu modal dalam klausa utama ketika menggunakan kondisi kedua untuk menyatakan kemungkinan bahwa hasil tersebut akan benar-benar terjadi.

Pentingnya Belajar Conditional Sentence Type 2 

Dengan mempelajari Conditional Sentence Type 2, kamu dapat memperoleh banyak kemudahan. Jenis kalimat ini memungkinkan kamu mengartikulasikan situasi tidak nyata. Hal ini berguna ketika membahas kemungkinan-kemungkinan yang mungkin tidak benar di masa kini atau masa depan.

Memahami dan menggunakan jenis kalimat ini juga akan meningkatkan kemampuan mengekspresikan ide-ide lebih kompleks.  Sehingga, kamu bisa mendiskusikan skenario imajiner dan menjadikan keterampilan komunikasi lebih bernuansa.

Memasukkan kalimat kondisional tipe 2 dalam tulisan juga menambah kedalaman komposisi. Hal ini memungkinkan kamu untuk membuat narasi yang menarik, mengeksplorasi hasil alternatif, dan menyampaikan ide lebih luas.

Menguasai kalimat ini memerlukan pemahaman yang kuat tentang past simple tense dan penggunaan kata kerja modal seperti “would”. Pengetahuan tersebut berkontribusi pada kemahiran tata bahasa secara keseluruhan, memperkuat pemahaman kamu tentang bentuk kata kerja dan struktur kalimat.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web