contoh dialog formal invitation

Contoh Dialog Formal Invitation

Contoh dialog formal invitation bisa kamu gunakan untuk mempelajari bagaimana cara mengajak seseorang secara formal dalam Bahasa Inggris. Terkadang, kamu harus menghadapi situasi agar bisa datang ke sebuah acara, seperti merayakan ulang tahun perusahaan, rapat, makan malam, atau lainnya.

Ketika kamu ingin mengundang tamu, maka harus mengundangnya dengan menggunakan bahasa baik secara lisan, baik untuk percakapan langsung atau dengan mengundangnya melalui telepon. Kamu bisa mempelajari materi dialog formal invitation bersama ICAN English.

Pentingnya Formal Invitation dalam Bahasa Inggris

Dalam kehidupan sehari-hari biasanya dipenuhi dengan berbagai peristiwa tertentu. Ini bisa saja berupa pernikahan, perayaan hari jadi, acara olahraga, pesta ulang tahun dan banyak lagi. Kamu mungkin menerima undangan ke semua acara ini atau justru mengirimkannya ke semua orang terdekat.

Formal invitation diperlukan jika kamu akan menyelenggarakan acara-acara tertentu, seperti misalnya acara pernikahan atau juga ulang tahun.

Formal invitation biasanya ditulis kepada tamu sehingga harus berisi informasi yang tepat tentang tempat, tanggal, dan lainnya tentang acara tersebut. Beberapa aturan yang harus kamu perhatikan adalah:

  • Tujuan undangan juga harus jelas
  • Nama penerima harus disebutkan
  • Tanggal dan waktu acara harus ditulis dengan huruf, tidak menggunakan singkatan
  • Nama tempat dan alamat lengkap harus jelas
  • Detail relevan lainnya harus ditambahkan

Baca Juga:
Contoh Dialog Reservation Singkat

Contoh Formal Invitation dan Pembahasannya

Mengundang seseorang adalah bagian menyenangkan, karena kamu bisa menggunakan Bahasa Inggris, dengan menggunakan frasa would like sebagai kalimat formal, sedangkan bentuk yang lebih casual yaitu can you.

Bentuk-bentuk ajakan tersebut harus sesuai dengan situasi sosial juga siapa tamu yang kamu undang. Berikut adalah contoh invitation formal lengkap dengan pembahasannya:

Joanna: Hello, Amanda. How are you doing?

Amanda: I’m doing well. How are you, Joanna?

Joanna: Great! By the way, my sister and I are going to the concert tonight. Could you and your sister please join us?

Amanda: I appreciate the invite, but I am sorry that we have other plans tonight. Maybe, in another time.

Joanna: It’s okay Amanda. We can make a new plan next time.

Sekarang, waktunya melakukan review vocabulary dalam dialog tersebut.

How are you doing? Dapat kamu gunakan sebagai bentuk pertanyaan yang lebih panjang dari “How are you?”

“I am doing well”, maknanya adalah bahasa lebih formal dari sekedar berkata “I’m good.” dan untuk menjawab pertanyaan “How are you?” atau “How are you doing?”.

“By the way”, frasa ini digunakan untuk memperkenalkan subjek dengan topik yang akan didiskusikan.

“I appreciate the invite, but” Ini adalah kata yang sopan untuk menolak sebuah ajakan. Biasanya, orang-orang menambahkan alasan untuk mengatakan tidak. Contohnya, we have other plans tonight menunjukkan bahwa mereka sudah mempunyai rencana malam ini. Atau, contoh lain menolak invitation yaitu dengan mengatakan: “I appreciate the invite, but I am afraid I can’t.”

Baca Juga:
Dialog Speaking Bahasa Inggris Sehari hari

Maybe another time, kalimat ini digunakan setelah menolak sebuah ajakan, dan frasa tersebut digunakan untuk memberikan saran agar melakukannya di lain hari.

Sam: Would you like to come to my new restaurant for the grand opening?

Amanda: Sure, Id like to! So, what time is the event?

Sam: Its about seven p.m.

Amanda: Okay, see you tomorrow!

Dari contoh dialog formal invitation di atas juga menceritakan tentang dua orang, yaitu Sam dan Amanda. Sam ingin mengundang Amanda agar hadir ke restoran barunya untuk acara Grand Opening. Dari jawaban formal invitation ini, Amanda tidak keberatan untuk menghadiri acara tersebut.

Baca Juga:
Contoh Dialog Bahasa Inggris

Ekspresi Untuk Menolak Formal Invitations

Ada beberapa contoh cara menolak formal invitation sebagaimana berikut:

  • Thank you for inviting me. I would love to come, but I am sorry I cant.
  • I wish I could but it is not possible for me to attend.
  • I am already busy that time.
  • Oh, I am going to miss all the fun!
  • Sorry, I have other plans, but definitely go next time!
  • I have something else going on that time, sorry!
  • I am really busy that I am impossible to go. How about next time?

Itulah informasi lengkap tentang materi contoh dialog invitation formal, dan bagaimana kamu bisa menjawab invitation formal tersebut secara halus dan sopan ketika ingin menolaknya.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web