contoh ielts reading text

Contoh IELTS Reading Text

IELTS reading text merupakan bagian tes untuk menguji kemampuan membaca dan digunakan sebagai syarat kuliah ke luar negeri. Dalam reading text IELTS, terdapat 40 pertanyaan termasuk dengan adanya tiga teks panjang, jenis teks berbeda.

Misalnya, ada soal reading dengan jenis descriptive text, factual text, diskursif, dan juga teks analitikal dari buku, majalah, jurnal, dan koran. Agar lebih mudah dipahami, ICAN English akan menjelaskan lebih lanjut tentang IELTS reading text pada artikel ini.

5 Jenis Soal Reading IELTS

Pada soal-soal IELTS, selalu melibatkan kemampuan mencari informasi. Pertanyaan-pertanyaan yang ada akan memerintah agar kamu mencari informasi secara spesifik atau melengkapi dan memilih jawaban yang tepat. Kamu harus mampu menyerap informasi terutama kata kunci seperti tempat, topik, angka, tanggal, dan semuanya dapat kamu tingkatkan melalui latihan.

Baca Juga:
Contoh Descriptive Text dalam Bahasa Inggris

Ada beberapa jenis soal reading section dalam IELTS, sebagaimana berikut:

1. Multiple Choice Questions

Kamu harus memilih jawaban tepat dari empat pilihan dari A, B, C, atau D. Pada jenis soal tersebut, ada kalanya kamu harus pilih dua jawaban dari lima pilihan dari A sampai E, atau tiga jawaban dari tujuh pilihan dari A hingga G.

2. Identifying Information

Dalam jenis soal ini, kamu akan mendapatkan beberapa pernyatan dan diminta gar dapat menentukan kalimat tersebut benar (TRUE) atau salah (FALSE), atau pernyataan tidak tertulis dalam teks (NOT GIVEN).

3. Matching Headings

Pada jenis pertanyaan tersebut, kamu harus menganalisis dan menemukan ide pokok paling cocok sesuai isi paragraf dan juga soal tersedia sesuai urutan paragraf pada teks. Itulah mengapa, peserta wajib menemukan ide utama atau heading pada tiap paragraf sesuai pilihan tersedia.

4. Sentence Completion

Kamu harus melengkapi kalimat dengan informasi yang didapatkan dari teks. Peserta harus cermat dan berhati-hati ketika mengisi jawaban karena perintah yang diberikan pada jenis soal serupa bisa berbeda.

5. Summary, Note, Table, Flow-chart Completion

Pada contoh soal IELTS reading, kamu harus melengkapi berbagai bagian kosong pada paragraf kesimpulan, tabel, catatan, ataupun diagram sesuai informasi pada teks.

Gambaran contoh soal IELTS reading tersebut tidak cukup untuk membuat kamu jadi lebih paham dan siap menjawab seluruh soal reading. Kamu perlu mempersiapkan diri secara matang, dengan latihan intensif di rumah. Atau, kamu juga bisa ikut kursus Bahasa inggris dan mengambil kelas persiapan IELTS di ICAN English.

Baca Juga:
Persiapan Tes IELTS Yang Penting Dilakukan

Perbedaan Reading Section IELTS Academic dan General Test

IELTS reading text pada jenis Academic menguji kemampuan menganalisis, kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan membaca dengan bacaan pada tingkat universitas. Tes academic digunakan untuk menguji kemampuan bahasa Inggris pada level universitas di negara-negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa ibu.

Tujuan reading section pada IELTS Academic adalah menilai apakah kamu bisa mengutarakan ide secara efektif atau tidak. Sedangkan versi reading section pada IELTS general test yaitu untuk para pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan atau ingin melamar kerja, atau berpartisipasi pada sebuah program latihan yang sudah dirancang khusus.

Berbeda dengan reading section IELTS academic yang menguji kemampuan berpikir pada level universitas, pada reading IELTS general test adalah untuk beradaptasi dan berkomunikasi pada lingkungan baru dimana lingkungan tersebut mayoritas menggunakan bahasa Inggris. Itulah mengapa, materi-materi dalam IELTS general test reading section berhubungan dengan materi bacaan sehari-hari seperti iklan, koran, majalah, buku panduan, dan lainnya.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web