contoh descriptive text dalam bahasa inggris

Contoh Descriptive Text dalam Bahasa Inggris

Jenis teks dalam bahasa Inggris sangat beraneka ragam. Secara umum, jenis teks dalam bahasa Inggris terdiri dari 13 jenis. Salah satu jenis teks yang banyak digunakan dan banyak ditemukan adalah descriptive text. Descriptive text dalam bahasa Inggris biasanya digunakan untuk menjelaskan atau mendeskripsikan sesuatu.

Descriptive text atau teks deskriptif adalah teks yang memberikan informasi terkait suatu hal dan menggambarkan sesuatu tersebut. Teks deskriptif pun seringkali mengungkapkan fakta-fakta. Seperti pada namanya yaitu deskriptif, segala hal dalam teks ini akan benar-benar dideskripsikan secara lengkap dan utuh.

Generic Structure Descriptive Text dalam Bahasa Inggris

Dalam menyusun teks dalam bahasa Inggris, biasanya akan terdapat pula struktur dari teks tersebut. Hal itu berfungsi agar teks mampu diidentifikasi secara jelas. Sehingga, tujuannya pun akan lebih mudah tersampaikan. Karena tentunya setiap teks memiliki tujuan yang berbeda. Oleh sebab itu, inilah struktur atau generic structure yang ada pada teks deskriptif!

Baca Juga:
Contoh Teks Descriptive dalam Bahasa Inggris

Identification (Identifikasi)

Generic structure yang pertama adalah identifikasi atau dalam bahasa Inggris dinamakan identification. Pada struktur pertama ini, biasanya akan berisi terkait penggambaran umum terhadap suatu objek yang tengah dibahas. Misalnya, ketika sedang membahas kota Bandung. Maka di bagian ini akan dijelaskan gambaran umum terkait kota Bandung.

Tujuan dari identification adalah untuk memperkenalkan objek yang akan dibahas kepada para pembaca. Tentunya para pembaca pun perlu mengetahui terlebih dahulu objek atau topik apa yang akan dibahas. Agar para pembaca mampu mengikuti atau memahami teksnya sampai selesai. Hal tersebut nantinya membuat pembaca mampu menangkap pesan dari teks tersebut.

Description (Deskripsi)

Struktur kedua sekaligus yang terakhir adalah description atau deskripsi. Bagian ini merupakan lanjutan dari identification. Apabila di identification hanya dijelaskan gambaran umumnya saja. Maka di bagian ini akan dijelaskan atau dideskripsikan secara detail terkait topik yang sedang dibahas dalam teksnya. Semua bagian yang dideskripsikan harus benar-benar jelas.

Misalnya, ketika di identification hanya membicarakan gambaran umum Kota Bandung. Maka di bagian description ini perlu dijelaskan secara detail mengenai ciri-ciri, fakta, suasana, dan hal lainnya terkait Kota Bandung. Dengan begitu, para pembaca akan semakin memahami hal yang tengah dibahas dalam teks tersebut.

Baca Juga:
Mengenal Dependent Clause Dalam Bahasa Inggris

3 Contoh Descriptive Text dalam Bahasa Inggris

Untuk lebih memahami teks deskriptif, maka diperlukan untuk melihat contohnya terlebih dahulu. Ketika belajar bahasa Inggris, materi ini perlu kamu pelajari dengan maksimal karena sangat berguna. Hal tersebut bertujuan agar kamu lebih mampu membuat teks deskriptif dengan baik dan benar. Simak beberapa contohnya di bawah ini!

1. Descriptive Text Tema Makanan

Pineapple is a typical Subang food that tastes sweet. In Subang, pineapple plants or gardens are very common. Pineapple is a fruit that can be processed into various other foods. Starting from lunkhead, chips, chili sauce, and the like. Currently, pineapple is easy to find in various regions. Because pineapple is one of the most popular and favorite fruits for humans.

Nanas adalah makanan khas Subang yang rasanya manis. Di Subang, tanaman atau kebun nanas banyak dijumpai. Nanas merupakan buah yang dapat diolah menjadi berbagai makanan lainnya. Mulai dari dodol, keripik, sambal, dan semacamnya. Saat ini, nanas mudah ditemukan di berbagai daerah. Karena nanas menjadi buah yang paling banyak disukai manusia.

2. Descriptive Text Tema Tokoh

Jerome Polin is one of the young Indonesians who studied abroad, namely Japan. Currently, Jerome Polin has completed his studies in Japan as a bachelor of mathematics. Jerome Polin became one of the figures who idolized many people. This is because Jerome Polin is a young man who has many talents and achievements.

Jerome Polin adalah salah satu pemuda Indonesia yang berkuliah di luar negeri, yaitu Jepang. Saat ini Jerome Polin sudah menyelesaikan studinya di Jepang sebagai sarjana matematika. Jerome Polin menjadi salah satu tokoh yang diidolakan banyak orang. Hal tersebut disebabkan karena Jerome Polin merupakan pemuda yang memiliki banyak bakat dan berprestasi.

Baca Juga:
Materi Dalam Pelajaran Basic Bahasa Inggris

3. Descriptive Text Tema Benda

Cell phones are one of the most important things for humans. This is because currently almost all activities are carried out through cell phones. So, almost all humans already have a cell phone. Many cell phones have also been sold at low prices.

Hp menjadi salah satu benda yang paling dibutuhkan oleh manusia. Hal tersebut disebabkan saat ini hampir semua kegiatan dilakukan melalui Hp. Sehingga, hampir semua manusia sudah memiliki hp. Hp pun telah banyak yang dijual dengan harga murah.

Descriptive text dalam bahasa Inggris menjadi salah satu materi yang cukup penting ketika belajar bahasa Inggris. Pasalnya, teks memiliki banyak jenis dan setiap jenisnya memiliki tujuan berbeda. Oleh sebab itu, haruslah mampu mengidentifikasi suatu teks agar mengetahui tujuan dari teks tersebut. Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi ICAN English.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi