persiapan tes ielts

Persiapan Tes IELTS yang Penting Dilakukan

Mei 25, 2022 | IELTS

Persiapan tes IELTS dapat kamu lakukan dengan mengikuti kelas persiapan IELTS pada Lembaga Kursus Bahasa Inggris. Persiapan sangat penting agar kamu fasih berbahasa Inggris beberapa bulan sebelum mengikuti ujian.

Selain itu kamu juga bisa melakukan berbagai macam kegiatan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris di rumah secara otodidak. Kamu dapat latihan membaca, menulis, dan juga berbicara dalam kehidupan sehari-hari menggunakan bahasa Inggris.

Baca Juga: KETAHUI SEPUTAR PENILAIAN IELTS LISTENING

Apa Saja Persiapan Menghadapi IELTS

Selain membaca ulang seluruh peraturan maupun contoh soal pembahasan IELTS, ada beberapa hal yang wajib kamu persiapkan sebelum menghadapi ujian tersebut sebagaimana berikut:

1. Persiapan Listening

Pastikan kondisi headphone berfungsi, dan apabila tidak segera angkat tangan. Kamu juga harus memanfaatkan waktu dengan cara mempersiapkan diri membaca pertanyaan sebelum panitia memutar rekaman.

2. Persiapan Ujian Reading

Sebelum menjawab pertanyaan, sebaiknya periksa seluruh detil grafik, gambar, maupun angka pada pertanyaan. Fokus mendengarkan isi rekaman dan jawab pertanyaannya daripada hanya sekedar memahami apa maksud dari rekaman tersebut. Hal ini sangat penting karena rekaman diputar satu kali.

Jangan pernah membuang waktu untuk menyalin jawaban pada kertas soal. Hal ini karena terdapat batasan waktu dan tidak ada tambahan waktu apabila kamu ingin menyalin jawaban pada lembar yang telah disediakan.

3. Persiapan Ujian Writing

Pada ujian IELTS ini, kamu membutuhkan kemampuan analisis secara hati-hati terhadap seluruh tugas yang diberikan dan berikan jawaban yang tepat. Atur waktu dengan cerdas yaitu 20 menit untuk mengerjakan tugas pertama, dan 40 menit untuk mengerjakan tugas kedua.

Alokasikan waktu lebih banyak pada tugas kedua karena memang pada bagian tersebut cenderung lebih panjang dan bernilai lebih tinggi. Untuk penulisannya, sebaiknya menggunakan kalimat aktif, dan hindari penggunaan kalimat pasif. Sebelum mengumpulkan jawaban, baca ulang terlebih dahulu dan melakukan revisi.

4. Persiapan Ujian Speaking

Kamu dapat meminta penguji untuk mengulangi pertanyaan dan jawab seluruh pertanyaan dengan percaya diri tanpa harus menunggu lama. Ketika menghadapi ujian speaking, maka kamu harus fokus dalam menggunakan kosakata, menggunakan tenses, menggunakan grammar, serta Susunan kalimat yang tepat.

ICAN English menyediakan program belajar Bahasa Inggris supaya kamu lebih siap menghadapi tes IELTS. Program pembelajaran ini sangat penting dan cukup membantu apabila kamu benar-benar serius ingin mendapatkan skor sesuai target dan memperoleh sertifikat yang dapat memenuhi syarat pendaftaran kuliah ke luar negeri atau bekerja pada perusahaan multinasional.


Baca Juga: PERSIAPAN UNTUK IELTS ONLINE

Langkah Menyelesaikan Ujian IELTS

Kamu mungkin merasa bahwa tes IELTS sangat menantang sehingga memerlukan waktu berbulan-bulan untuk melakukan persiapan tes IELTS. Agar memperoleh skor tinggi sesuai target, kamu wajib mempersiapkan diri menghadapi tes yang berdurasi selama 3 jam tersebut. Kursus persiapan IELTS menjadi penting ketika kamu mengharapkan nilai maksimal dalam tes ini.

Saat listening, buatlah catatan pada bagian kertas ujian saat rekaman diputar. Tulis kata berdasarkan jumlah kata yang diisyaratkan, lakukan revisi dan koreksi kesalahan pada bagian ejaan maupun tata bahasa sebelum mengumpulkannya. Gunakan huruf besar untuk seluruh jawaban. Saat reading, jangan membuang-buang waktu karena tidak memahami sebuah pertanyaan. Lewati terlebih dahulu dan dahulukan pertanyaan yang mudah. Kamu bisa mengerjakan soal-soal sulit nanti.

Bacalah pertanyaan secara seksama dan fokus agar dapat menemukan jawaban pada paragraf yang diberikan. Usahakan menjawab dengan kalimat singkat, padat, jelas, menggunakan grammar yang tepat. Periksa dan koreksi sebelum mengumpulkan jawaban dan dan tulis jawaban menggunakan huruf besar.

Saat ujian writing, tugas pertama harus kamu buat dengan rentang lebih dari 150 kata, sedangkan pada tugas kedua bisa kamu buat dengan rentang lebih dari 250 kata. Selama mengerjakan IELTS writing, hindari mengulang ide, kata, maupun frasa. Tambahkan kesimpulan pada tugas kedua, dan buat jawaban yang relevan serta ringkas. Hindari membuat tulisan paragraf ataupun kalimat terlalu panjang.

Apa yang harus kamu lakukan saat menghadapi ujian speaking dalam tes IELTS adalah dengan berbicara secara jelas yaitu perlahan tetapi lancar. Cobalah untuk mendengarkan pertanyaan secara seksama terlebih dahulu sebelum menjawab pertanyaan tersebut secara langsung. Kamu juga bisa menambahkan berbagai informasi ketika menjawab pertanyaan, dan memastikan seluruh jawaban tetap relevan.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Pilihan Kursus IELTS di Bekasi

Pilihan Kursus IELTS di Bekasi

IELTS merupakan tes ujian berbasis bahasa Inggris untuk mendapatkan sertifikasi yang diakui secara global. Pasalnya, ujian ini memiliki tingkatan yang jauh lebih rumit dibandingkan dengan tes lainnya. Sehingga diperlukan belajar yang ekstra seperti kursus. Salah...

Cara Belajar IELTS dalam 3 Bulan

Cara Belajar IELTS dalam 3 Bulan

Cara belajar IELTS dalam 3 bulan bisa kamu lakukan dengan berbagai cara, seperti latihan percakapan, menulis, dan mendengarkan berbagai kosa kata dalam berbagai aksen bahasa Inggris. Terdapat pula berbagai metode yang bisa kamu lakukan dalam mempelajari IELTS dalam...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH