contoh irregular verb bahasa inggris

Contoh Irregular Verb Bahasa Inggris

Contoh irregular verb tentu ada banyak. Terdapat dua macam jenis verb atau kata kerja yang wajib kamu ketahui yaitu regular dan irregular verb. Kata kerja bisa berubah sesuai pola kalimatnya. Apabila kalimat dalam bentuk simple past, maka kamu harus menggunakan verb kedua. Kalimat past participle berbeda lagi, karena verb yang digunakan adalah verb ketiga.

Mempelajari bentuk Simple Past dan past participle regular verbs tidaklah sulit. Hal ini dikarenakan untuk menggunakan hanya perlu penambahan akhiran -ed, sebagaimana kata kerja beraturan “talk” dengan bentuk Simple Past dan bentuk past participle menjadi “talked”. Untuk lebih jelasnya, berikut materi irregular verb yang perlu kamu tahu ketika belajar bahasa Inggris.

Daftar Irregular Verb Dan Maknanya

Ketika mempelajari bahasa Inggris, kamu juga harus mempelajari secara mendalam terutama pada irregular verb dan contoh penggunaannya. Hal ini karena dalam irregular verb mempunyai bentuk berbeda jika dibandingkan dengan regular verb.

Baca Juga:
Perbedaan Verb dan Adverb

Disebut irregular verb sebagaimana kata kerja tersebut tidak mempunyai aturan seperti halnya regular verb verb macam ini tidak memakai aturan akhiran -ed seperti pada regular verb dalam bentuk simple past ataupun dalam bentuk past participle. Kebanyakan bentuk irregular verb bisa berubah dan berbeda dari kata kerja dasarnya atau infinitive.

Berikut merupakan daftar rangkuman irregular verb dan juga artinya mulai dari kata dasar, perubahan bentuk verb kedua atau simple past, perubahan bentuk verb ketiga atau past participle, lengkap dengan artinya:

Kata DasarVerb 1Verb 2Arti
BeWas/wereWas/wereKata penghubung
BeginBeganBegunDimulai
BreakBrokeBrokenRusak
BringBroughtBroughtMembawa
BuildBuiltBuiltMembangun
ChooseChoseChoseMemilih
ComeCameComeDatang
CutCutCutMemotong
DoDidDoneMelakukan Sesuatu
DrawDrewDrawnMenggambar
DriveDroveDrivenMengendarai
EatAteEatenMakan
FeelFeltFeltMerasakan
FindFoundFoundMenemukan
GetGotGotMendapatkan
GiveGaveGivenMemberi
GoWentGonePergi
HaveHadHadMemiliki
HearHeardHeardMendengar
HoldHeldHeldMemegang
KeepKeptKeptMenjaga
KnowKnewKnownMengetahui
LeaveLeftLeftMeninggalkan
LeadLedLedMemimpin
LetLetLetMembiarkan
LieLayLainBerbaring
LoseLostLostHilang
MakeMadeMadeMembuat
MeanMeantMeantArti atau Maksud
MeetMetMetBertemu
PayPaidPaidMembayar
PutPutPutMenaruh
RunRanRunBerlari
SaySaidSaidBerkata
SeeSawSeenMelihat
SendSentSentMengirim
SetSetSetMengatur
SitSatSatDuduk
SpeakSpokeSpokenBerbicara
SpendSpentSpentMenghabiskan
StandStoodStoodBerdiri
TakeTookTakenMengambil
TeachTaughtTaughtMengajar
TellToldToldMengatakan
UnderstandUnderstoodUnderstoodMemahami
WearWoreWornMemakai
WinWonWonMemenangkan
WriteWroteWrittenMenulis

Sekarang, kamu sudah memperoleh penjelasan tentang daftar irregular. Kamu jadi lebih paham tentang bentuk kata dasar, verb kedua, dan verb ketiga beserta artinya.

Baca Juga:
Perbedaan Verb 1 2 3

Cara Belajar Kata Kerja Tidak Beraturan

Agar kamu lebih mudah dalam mempelajari irregular verb, maka kamu harus menghafal dengan cara menulis dan kemudian menempelkannya pada dinding kamar. Supaya cepat hafal, kamu bisa membaca berulang-ulang dan hafalkan.

Selanjutnya, cobalah untuk menggunakan irregular verb di atas dengan menyusunnya dalam bentuk kalimat. Perhatikan penggunaan irregular verb sebagaimana contoh berikut:

  • John wins the English debate competition today – John memenangkan kompetisi debat Bahasa Inggris hari ini.
  • Joanna won the English debate competition last week – Joanna telah memenangkan kompetisi debat Bahasa Inggris minggu kemarin

Seperti yang kamu lihat dari contoh ini, maka diketahui bahwa terdapat perubahan kata kerja, bentuk irregular dari present ke past. Nah, kamu bisa mencoba menggunakan seluruh daftar irregular verb di atas untuk kemudian dirubah dalam bentuk kalimat seperti contoh supaya paham dalam penggunaan kata kerja tidak beraturan Bahasa Inggris.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi