Apa itu Regular Verb? Ini Penjelasan dan Contohnya

Apa itu Regular Verb? Ini Penjelasan dan Contohnya

Apa itu regular verb? Nah, jika kamu baru saja mulai belajar bahasa Inggris, memahami penggunaan kata kerja (verb) adalah langkah awal yang penting. Saat kamu mempelajari tenses atau bentuk dasar dari kata kerja dan struktur bahasa, pasti akan sering mendengar istilah Regular Verb dan Irregular Verb. Istilah-istilah ini akan menjadi hal yang akrab dan menjadi dasar dalam memahami lebih dalam tentang bahasa Inggris.

Regular Verb adalah salah satu konsep yang mendasar dan penting untuk dipahami. Namun, apa sebenarnya yang dimaksud dengan Regular Verb? Ayo pahami lebih dalam di sini.

Apa itu Regular Verb?

Regular Verb adalah jenis kata kerja beraturan yang mengikuti aturan pasti dalam pembentukan simple past tense dan past participle dari kata kerja tersebut. Dalam bahasa Inggris, aturan yang pasti dimaksudkan adalah dengan menambahkan akhiran “-ed” atau “-d” ke bentuk dasar kata kerja untuk membentuk bentuk lampau.

Jadi, regular verb merupakan kata kerja yang mengikuti pola yang dapat diprediksi ketika dikonjugasikan dalam bentuk kata yang berbeda. Kata kerja tersebut membentuk past tense dan past participle dengan menambahkan “-ed” pada bentuk dasar kata kerja. Kata kerja beraturan memiliki konjungsi yang konsisten, sehingga lebih mudah dipelajari dan digunakan dalam tata bahasa Inggris.

Penggunaan Regular Verb

Di dalam bahasa Inggris regular verbs akan mengikuti  aturan pola konjungsi yang jelas dalam past tense dan past participle. Berikut ini beberapa penggunaan regular verb dalam kalimat bahasa Inggris.

  • Regular verb di dalam bentuk dasar bisa dikatakan sebagai bentuk infinitive dari verb atau kata kerja tanpa konjungsi, misalnya seperti “wal”, “talk”, dan “play”.
  • Dapat juga digunakan pada past tense, dimana  regular verb membentuk masa lampau dengan menambahkan “-ed” pada bagian belakang kata kerja. Misalnya, “walk” menjadi “walked”
  • Past Participle dalam regular verb juga dibentuk dengan tambahan “-ed” dalam kata kerja. Contoh “talk” menjadi “talked”.

Melalui beberapa penjelasan di atas tentu anda sudah mulai memahami tentang regular verb dan cara menggunakannya.

Baca Juga: Perbedaan Regular Verb dan Irregular Verb

Contoh Penggunaan Regular Verb

Apakah anda sudah mulai memahami sedikit apa itu regular verb? Jika ingin memahami lebih dalam maka Berikut ini beberapa contoh penggunaan dari regular verb yang bisa digunakan dalam kalimat bahasa Inggris.

Penggunaan Kata Walk

Jadi penggunaan “walk” jika digunakan past tense maka menjadi “walked”, begitu juga para past participle. Contohnya, seperti berikut:

  • She walks to school every day. (Dia berjalan ke sekolah setiap hari.)
  • Yesterday, he walked to the park. (Kemarin, dia berjalan ke taman.)
  • They have walked along the beach for hours. (Mereka telah berjalan di sepanjang pantai selama berjam-jam.)Memiliki bentuk dasar “play”, kemudian jika diterapkan pada past tense  akan menjadi “played”, begitu juga pada past participle. Berikut ini contoh beberapa penggunaan kata “play” untuk regular verb:

Penggunaan Kata Play

  • The children play in the garden. (Anak-anak bermain di taman.)
  • Yesterday, they played soccer at the park. (Kemarin, mereka bermain sepak bola di taman.)
  • She has played the piano since she was young. (Dia telah bermain piano sejak dia masih muda.)

Penggunaan Kata Jump

Memiliki bentuk dasar “jump”, kemudian jika diterapkan pada past tense  akan menjadi “jumped”, begitu juga pada past participle. Berikut ini contoh beberapa penggunaan kata “jump” untuk regular verb:

  • The cat jumps onto the table. (Kucing itu melompat ke atas meja.)
  • Last weekend, they jumped into the pool. (Akhir pekan lalu, mereka melompat ke kolam.)
  • He has jumped from the diving board many times. (Dia telah melompat dari papan loncat berkali-kali.)

Regular verb merupakan materi dasar dalam tata bahasa Inggris yang harus dipahami, sebab menguasai konjugasinya sangat penting untuk komunikasi yang efektif baik dalam bahasa Inggris lisan maupun tulisan.

Penutup

Belajar Bahasa Inggris tentu banyak sekali materi yang harus dipahami, salah satunya yaitu apa itu regular verb. Untuk mendapatkan materi bahasa Inggris yang sesuai dengan kemampuan  dan kebutuhan kamu, ada baiknya jika bergabung dengan lembaga kursus bahasa Inggris untuk belajar bersama dengan teman-teman dan didampingi oleh tutor profesional.

ICAN English merupakan salah satu lembaga khusus bahasa Inggris di Indonesia yang sudah tersebar di berbagai macam wilayah. Selain menyediakan tutor profesional, lembaga bahasa Inggris ini juga melengkapi berbagai macam fasilitas terbaik agar proses pembelajaran siswa untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris menjadi lebih mudah.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi