conjunction dalam bahasa inggris

Conjunction dalam Bahasa Inggris

Conjunction dalam bahasa indonesia sama seperti kata penghubung. Conjunction adalah parts of speech yang berfungsi penting karena menjadi penghubung unit-unit setara. Gunakan kata penghubung antara kata dan kata, frasa dan frasa, klausa dan klausa, atau kalimat dan kalimat.

Kata penghubung atau conjunction berguna ketika kamu ingin menghubungi berbagai unit bahasa setara. Agar lebih paham, kamu bisa mempelajari seluruh materi ini secara lengkap termasuk dengan contoh kalimat conjunction.

Jenis dan Contoh Conjunction Bahasa Inggris

Ada beberapa jenis conjunction dalam bahasa inggris yang perlu kamu tahu. Materi ini tidak bisa dipisahkan ketika kita ingin belajar bahasa inggris. Hal ini dikarenakan conjunction sudah menjadi salah satu materi penting yang perlu kamu pelajari.

Compound Conjunctions

Compound conjunction, menghubungkan semua hal setara, yaitu subject hanya dengan subject, verb hanya dengan verb, object hanya dengan object, adjective dengan adjective, dan seterusnya.

Ada coordinate conjunction, dengan singkatan “FANBOYS” (For, And, Nor, But, Or, Yet, So), dengan cara meletakkan “FANBOYS” hanya pada bagian tengah kalimat atau di antara dua kalimat. Jadi, kamu tidak boleh meletakkan “FANBOYS” pada awal kalimat.

Contoh kalimat yang benar adalah Bambang hid behind his father, for he was afraid of the dark sedangkan contoh kalimat yang salah adalah For he was afraid of the dark, Bambang hid behind his father. Akan tetapi, kamu bisa meletakkan conjunction dengan menggantikannya pada awal kalimat, dengan contoh berikut:

Because he was afraid of the dark, Bambang hid behind his father. (Karena takut akan gelap, Bambang bersembunyi dibalik badan ayahnya)

Conjunction (for, yet, so) dapat kamu hubungkan kalimat dan koma untuk mengawali sedangkan and digunakan untuk menghubungkan dua kalimat, dengan tanda baca berikut:

  • It was dark outside, and the rain was so heavy

Pada dasarnya, kamu bisa menggunakan conjunction dengan awalan koma saat menghubungkan dua kalimat.

  • It was dark outsidea and the rain was so heavy

Apabila kalimat yang ingin kamu hubungkan adalah dua kalimat, maka kamu bisa menghilangkan koma.

  • It was dark outside. And the rain was so heavy.

Jika ingin menulis konteks informal, conjunction dalam Bahasa Inggris (And) bisa digunakan sebagai awalan kalimat baru.

Baca Juga:
Kata Penghubung dalam Bahasa Inggris

Correlative Conjunction

Perhatikan pola correlative conjunction berikut:

  • Both and
  • Not onlybut also
  • Either or
  • Neither nor

Correlative conjunction berisi konjungsi-konjungsi berpasangan. Subjek yang belakang menentukan penggunaan plural dan singular. Kamu bisa memperhatikan penggunaan correlative conjunction dari contoh kalimat berikut:

  • Both the child and the parents were safe in this accident.
  • Not only John, butt also Sam is studying at this university.
  • Either Mr. Black or Ms. Joanna is going to interview the students today.
  • Neither my brother nor my sister has seen Kawah Ijen Banyuwangi

Complex Conjunctions

Complex conjunction, kata sambung yang berfungsi untuk menghubungkan main clause dan subordinate clause. Dua jenis klausa tersebut membentuk kalimat. Contoh kalimat yang menggunakan complex conjunction adalah berikut:

  • He was calling someone when I came home.
  • We stayed all night long until we finished the project.
  • He went out because he could not find anyone at home.

Anggota complex conjunction yaitu konjungsi selain compound conjunction. Contoh complex conjunction yaitu: when, while, which, where, when, what, that, after, till, before, until, although, if, because, dan lainnya.

Baca Juga:
Contoh Kalimat Complex Sentence

Contoh Singkat Materi Conjunction Bahasa Inggris

Conjunction atau kata penghubung merupakan kata yang dapat kamu gunakan untuk menghubungkan semua unit bahasa setara. Kamu bisa memperhatikan beberapa contoh kalimat berikut agar lebih paham tentang conjuction dalam bahasa inggris:

  • Amanda and Ben are on the same plane
  • Is that your son or your brother?
  • Sam is rich but he is arrogant
  • We went to the library after the rain stopped.

Dari semua contoh kalimat di atas, ada beberapa contoh kata penghubung atau conjunction dalam Bahasa Inggris yaitu: and, or, after, dan but.

And dapat kamu gunakan untuk menghubungkan antara subjek dengan subjek, or untuk menghubungkan frasa dan frasa, after untuk menghubungkan klausa dan klausa maupun main clause dan sub clause, ataupun but untuk menghubungkan kalimat dengan kalimat.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi