Kata Ganti Objek dalam Bahasa Inggris

Kata Ganti Objek dalam Bahasa Inggris

Agu 16, 2022 | Bahasa Inggris

Kata ganti objek dalam bahasa inggris atau biasa disebut sebagai object pronoun merupakan kata ganti kepemilikan baik orang maupun benda. Seperti namanya, kata ganti ini memiliki peran sebagai sebuah objek dalam kalimat. Karena memiliki fungsi yang akan sangat berbeda dibandingkan dengan kata awalnya, maka sangat penting untuk memahami konsepnya.

Kata ganti objek akan sering kamu jumpai di bangku sekolah menengah. Hal tersebut dikarenakan kata ganti ini cukup sering digunakan dalam kehidupan atau percakapan sehari-hari. Sehingga, selain berfungsi secara akademi, juga akan sangat membantu kamu ketika hendak berkomunikasi dengan bahasa inggris.

Baca Juga: KATA GANTI KEPUNYAAN DALAM BAHASA INGGRIS

Macam-Macam Kata Ganti Objek Dalam Bahasa Inggris dan Contoh Kalimatnya

Dalam kalimat bahasa inggris, kamu pasti selalu menggunakan subjek untuk membicarakan terkait orang, hewan, atau benda. Subjek merupakan pelaku yang sedang menerima atau melakukan sesuatu. Sedangkan objek, merupakan orang atau benda yang sedang menerima sesuatu tindakan tersebut. Berikut merupakan macam-macam kata ganti objek dalam bahasa Inggris,

1. Kata Ganti Objek I = Me

Kata ganti objek dalam bahasa Inggris pertama adalah subjek I. Umumnya, kata ganti I digunakan sebagai subjek. Sebaiknya, memang digunakan untuk subjek saja. Karena akan terdengar kurang tepat jika digunakan sebagai objek. Misalnya pada kalimat she pointing at I. Secara gramatikal, kalimat tersebut mengalami kekeliruan pada penempatan kata ganti objek.

Meskipun maknanya mungkin dapat dipahami, tetapi gramatikalnya tetap salah. Oleh sebab itu, pronoun I jika dalam objek akan menjadi me. Sehingga, kalimat di atas seharusnya menjadi she pointing at me (dia menunjuk saya). Contoh kalimat lainnya adalah I think she getting mad at me (saya rasa, dia marah kepada saya) dan he already left me (dia meninggalkan saya).

2. Kata Ganti Objek untuk You

Untuk pronoun you, tidak perlu ada yang diganti. Dalam subjek, biasanya ditulis dengan you. Jika ditempatkan sebagai objek, maka akan tetap you. Contohnya adalah I never getting mad at you (saya tidak akan marah kepadamu), she can beat you (dia dapat menghajar kamu), dan he loves you (dia mencintaimu).

3. Kata Ganti Objek We = Us

Kata ganti objek dalam bahasa Inggris berikutnya adalah untuk pronoun we. We biasanya digunakan sebagai subjek dan ditempatkan di awal kalimat. Secara makna, we artinya adalah ‘kita’. Namun, jika akan menggunakan kata we sebagai objek. Maka, tidak menggunakan we. Namun, perlu diganti menjadi us jika digunakan sebagai objek dan berada di akhir kalimat.

Dalam kalimat the lecture disappointed with we. Secara makna, pronoun tersebut mungkin akan dimengerti. Namun, dinyatakan salah dalam gramatikal. Sehingga, dapat diganti menjadi the lecture disappointed with us (dosen kecewa kepada kami). Contoh lainnya adalah he cannot continue the game without us (dia tidak dapat melanjutkan permainannya tanpa kami).

4. Kata Ganti Objek They = Them

Selanjutnya adalah untuk kata they yang artinya ‘mereka’. Dalam kalimat, penggunaan kata they biasanya untuk subjek dan ditempatkan di awal kalimat. Namun, hal ini tidak berlaku jika akan menggunakan kata ‘mereka’ sebagai objek. Apabila akan menjadikannya sebagai objek dan meletakkan di akhir kalimat, maka dapat mengganti they menjadi them (mereka).

Misalnya dalam kalimat I give my books to they. Dalam kalimat tersebut, kata they kurang tepat digunakan. Karena merupakan objek. Sehingga, dapat diganti menjadi I give my books to them (saya memberikan buku kepada mereka). Contoh lainnya adalah my teacher really believe in them (guru saya benar-benar percaya kepada mereka) dan I hate them (saya benci mereka).

5. Kata Ganti Objek She = Her dan He = Him

Selanjutnya adalah kata ganti objek dalam bahasa Inggris untuk she (dia perempuan). She biasanya digunakan untuk subjek. Apabila bermaksud menempatkan sebagai objek, maka tidak dapat menggunakan she. Namun, kamu dapat menggantinya dengan her. Maknanya sama, hanya saja fungsinya berbeda. Karena untuk objek sebaiknya menggunakan pronoun her.

Sedangkan untuk he (dia laki-laki). Apabila digunakan dalam objek, maka harus diganti menjadi him. Contoh kalimat untuk she adalah, I give this apple to her (saya memberikan apel ini untuknya. Sedangkan contoh menggunakan him adalah, the teacher pointing at him (guru menunjuknya).

Baca Juga: MENGENAL PERBEDAAN YOUR AND YOURS

6. Kata Ganti Benda Tunggal = It dan Benda Jamak = Them

Terakhir adalah untuk noun selain manusia, dapat berupa hewan, benda, dan sebagainya. Jika bentuknya tunggal, maka menjadi it. Contohnya adalah she gives food to it (the cat). Jika jamak, menjadi them. Contohnya she bring them (the books).

Dengan mengetahui berbagai bentuk kata ganti objek dalam bahasa Inggris akan sangat membantu kamu dalam mempraktekan bahasa inggris baik secara lisan maupun tulisan. Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris adalah dengan bergabung dalam kursus bahasa Inggris yang terpercaya, salah satunya ICAN English. Kami memiliki tutor berpengalaman dan profesional agar proses belajar kamu lebih maksimal.

Mempelajari kata ganti ini cukup mudah, terlebih lagi jika sambil mempraktekannya di kehidupan sehari-hari. Sehingga, untuk lebih menguasainya jangan lupa untuk sering berlatih.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Bisakah Konversi Skor IELTS ke TOEFL?

Bisakah Konversi Skor IELTS ke TOEFL?

Konversi skor TOEFL ke IELTS memiliki klasifikasi dan tingkatannya masing-masing, mulai dari yang paling dasar hingga paling tinggi. Kedua tes tersebut sebenarnya cukup sulit untuk dibandingkan, karena memiliki keunikannya tersendiri. Selain itu, sistem...

3 Buku Terbaik Untuk Grammar Bahasa Inggris

3 Buku Terbaik Untuk Grammar Bahasa Inggris

Grammar merupakan salah satu aspek terpenting dalam mempelajari bahasa inggris. salah satu metode yang bisa kamu lakukan adalah belajar lewat media buku grammar bahasa Inggris. Metode tersebut bisa kamu pilih karena cenderung fleksibel dan bisa dilakukan dimana...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH