kata ganti objek dalam bahasa inggris

Kata Ganti Objek dalam Bahasa Inggris

Kata ganti objek dalam bahasa inggris atau biasa disebut sebagai object pronoun merupakan kata ganti kepemilikan baik orang maupun benda. Seperti namanya, kata ganti ini memiliki peran sebagai sebuah objek dalam kalimat. Karena memiliki fungsi yang akan sangat berbeda dibandingkan dengan kata awalnya, maka sangat penting untuk memahami konsepnya.

Kata ganti objek akan sering kamu jumpai di bangku sekolah menengah. Hal tersebut dikarenakan kata ganti ini cukup sering digunakan dalam kehidupan atau percakapan sehari-hari. Sehingga, selain berfungsi secara akademi, juga akan sangat membantu kamu ketika hendak berkomunikasi dengan bahasa inggris.

6 Macam Kata Ganti Objek Bahasa Inggris

Tonton lebih lanjut di Youtube Arnel’s Everyday English!

Dalam kalimat bahasa inggris, kamu pasti selalu menggunakan subjek untuk membicarakan terkait orang, hewan, atau benda. Subjek merupakan pelaku yang sedang menerima atau melakukan sesuatu. Sedangkan objek, merupakan orang atau benda yang sedang menerima sesuatu tindakan tersebut. Berikut merupakan macam-macam kata ganti objek dalam bahasa Inggris,

1. Kata Ganti Objek I = Me

Kata ganti objek dalam bahasa Inggris pertama adalah subjek I. Umumnya, kata ganti I digunakan sebagai subjek. Sebaiknya, memang digunakan untuk subjek saja. Karena akan terdengar kurang tepat jika digunakan sebagai objek. Misalnya pada kalimat she pointing at I. Secara gramatikal, kalimat tersebut mengalami kekeliruan pada penempatan kata ganti objek.

Meskipun maknanya mungkin dapat dipahami, tetapi gramatikalnya tetap salah. Oleh sebab itu, pronoun I jika dalam objek akan menjadi me. Sehingga, kalimat di atas seharusnya menjadi she pointing at me (dia menunjuk saya). Contoh kalimat lainnya adalah I think she getting mad at me (saya rasa, dia marah kepada saya) dan he already left me (dia meninggalkan saya).

2. Kata Ganti Objek untuk You

Untuk pronoun you, tidak perlu ada yang diganti. Dalam subjek, biasanya ditulis dengan you. Jika ditempatkan sebagai objek, maka akan tetap you. Contohnya adalah I never getting mad at you (saya tidak akan marah kepadamu), she can beat you (dia dapat menghajar kamu), dan he loves you (dia mencintaimu).

Baca Juga:
Kata Unik dalam Bahasa Inggris

3. Kata Ganti Objek We = Us

Kata ganti objek dalam bahasa Inggris berikutnya adalah untuk pronoun we. We biasanya digunakan sebagai subjek dan ditempatkan di awal kalimat. Secara makna, we artinya adalah kita. Namun, jika akan menggunakan kata we sebagai objek. Maka, tidak menggunakan we. Namun, perlu diganti menjadi us jika digunakan sebagai objek dan berada di akhir kalimat.

Dalam kalimat the lecture disappointed with we. Secara makna, pronoun tersebut mungkin akan dimengerti. Namun, dinyatakan salah dalam gramatikal. Sehingga, dapat diganti menjadi the lecture disappointed with us (dosen kecewa kepada kami). Contoh lainnya adalah he cannot continue the game without us (dia tidak dapat melanjutkan permainannya tanpa kami).

4. Kata Ganti Objek They = Them

Selanjutnya adalah untuk kata they yang artinya mereka. Dalam kalimat, penggunaan kata they biasanya untuk subjek dan ditempatkan di awal kalimat. Namun, hal ini tidak berlaku jika akan menggunakan kata mereka sebagai objek. Apabila akan menjadikannya sebagai objek dan meletakkan di akhir kalimat, maka dapat mengganti they menjadi them (mereka).

Misalnya dalam kalimat I give my books to they. Dalam kalimat tersebut, kata they kurang tepat digunakan. Karena merupakan objek. Sehingga, dapat diganti menjadi I give my books to them (saya memberikan buku kepada mereka). Contoh lainnya adalah my teacher really believe in them (guru saya benar-benar percaya kepada mereka) dan I hate them (saya benci mereka).

5. Kata Ganti Objek She = Her dan He = Him

Selanjutnya adalah kata ganti objek dalam bahasa Inggris untuk she (dia perempuan). She biasanya digunakan untuk subjek. Apabila bermaksud menempatkan sebagai objek, maka tidak dapat menggunakan she. Namun, kamu dapat menggantinya dengan her. Maknanya sama, hanya saja fungsinya berbeda. Karena untuk objek sebaiknya menggunakan pronoun her.

Sedangkan untuk he (dia laki-laki). Apabila digunakan dalam objek, maka harus diganti menjadi him. Contoh kalimat untuk she adalah, I give this apple to her (saya memberikan apel ini untuknya. Sedangkan contoh menggunakan him adalah, the teacher pointing at him (guru menunjuknya).

Baca Juga:
Kata Ganti Kepemilikan Dalam Bahasa Inggris

6. Kata Ganti Benda Tunggal = It dan Benda Jamak = Them

Terakhir adalah untuk noun selain manusia, dapat berupa hewan, benda, dan sebagainya. Jika bentuknya tunggal, maka menjadi it. Contohnya adalah she gives food to it (the cat). Jika jamak, menjadi them. Contohnya she bring them (the books).

Dengan mengetahui berbagai bentuk kata ganti objek dalam bahasa Inggris akan sangat membantu kamu dalam mempraktekan bahasa inggris baik secara lisan maupun tulisan. Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris adalah dengan bergabung dalam kursus bahasa Inggris yang terpercaya, salah satunya ICAN English. Kami memiliki tutor berpengalaman dan profesional agar proses belajar kamu lebih maksimal.

Mempelajari kata ganti ini cukup mudah, terlebih lagi jika sambil mempraktekannya di kehidupan sehari-hari. Sehingga, untuk lebih menguasainya jangan lupa untuk sering berlatih.

Penutup

Sama seperti kata ganti subjek, kata ganti objek bisa berbentuk tunggal atau jamak, maskulin, feminin, atau netral gender. Kata ganti subjek maskulin atau feminin digunakan setiap kali jenis kelamin diketahui. Ketika mengacu pada cuaca, suhu, waktu, benda mati atau anak atau hewan yang jenis kelaminnya tidak ditentukan, bentuk netral “itu” dapat digunakan.

Untuk menemukan objek sebuah kalimat, temukan kata benda dan kata kerja dan pisahkan secara mental dari kata-kata lain yang terdapat dalam kalimat tersebut. Subjek dan objek kalimat akan berupa kata benda atau kata ganti. Subjek akan menjadi orang yang melakukan tindakan yang dijelaskan oleh kata kerja. Objeknya adalah kata benda atau kata ganti yang menerima tindakan. Sederhananya, jika objeknya bukan kata benda, melainkan kata ganti objek.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.