contoh dan penggunaan kalimat even though bahasa inggris

Contoh dan Penggunaan Kalimat Even Though Bahasa Inggris

Mempelajari bahasa inggris merupakan suatu keharusan, karena bahasa ini bersifat universal. Dalam mempelajari bahasa ini, kamu juga harus paham terkait kata dan penggunaanya. Salah satu kata yang sering muncul dalam kalimat atau percakapan bahasa inggris yaitu, even though. Lantas tahukah kamu apa makna dari kata tersebut? Dan bagaimana contoh kalimat even though ?

Mempelajari makna kata daam bahasa inggris akan membuat kamu lebih paham terkait konteks dari kata tersebut. Dengan begitu, selain dapat mengetahui kamu juga bisa paham mengenai makna yang disampaikan.

Penggunaan Serta Contoh Kalimat Even Though

Kata-kata dalam bahasa inggris selalu memiliki arti dan makna yang berbeda-beda sesuai dengan konteks dari topik yang diangkatnya begitu juga untuk kata even though. Menyikapi hal tersebut, maka sangat penting untuk kamu menggali makna dari suatu kata dalam bahasa inggris. Materi ini menjadi salah satu yang penting untuk dipelajari, terumata ketika kamu sedang belajar bahasa Inggris. Berikut merupakan penjelasan serta contoh kalimat even though dalam bahasa inggris.

Baca Juga:
Kalimat Ajakan dalam Bahasa Inggris

Makna Kata even though

Kata even though jika diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia, maka dapat bermakna sebagai; meskipun, kalupun, walaupun, sekalipun. Kata even though digunakan untuk menjelaskan suatu keadaan bahwa, meskipun A, tetap saja dapat melakukan B. kata even though ini memiliki makna yang serupa dengan kata although dan though, tetapi dengan sifat yang lebih tegas.

Layaknya kata although, kata even though juga merupakan sebuah conjunction atau kata sambung yang menghubungkan dua klausa yang berbeda. Perbedaan tersebut memiliki sifat yang kontradiktif atau berkebalikan satu sama lain. Dalam penggunaanya, biasanya diletakan tanda baca koma untuk memisahkan dua klausa. Kata ini bisa disimpan di awal maupun tengah kalimat.

Untuk lebih memahami makna kata even though, berikut merupakan contoh kalimat even though. Even though its pouring, she still going to the school (meskipun hujan lebat, dia tetap pergi ke sekolah). Dalam contoh tersebut, kata even though disimpan di awal kalimat.

Berikutnya, agar kamu lebih paham mengenai cara penggunaanya berikut ini contoh kalimat even though yang berada di tengah kalimat. He still enjoy the meals, even though he does not like the vegetables (dia tetap menikmati makanannya, meskipun dia tidak menyukai sayurnya).

Baca Juga:
Contoh Kalimat Interjection

Menghubungkan Dua Hal Yang Bertentangan

Setelah mengetahui terkait makna dari kata even though serta berbagai contoh kalimatnya, selanjutnya mengenai penggunaan kata even though. Kata even though dalam bahasa inggris dapat menghubungkan dua hal yang berbeda atau bertentangan dalam suatu kalimat. Adapun, kalimat tersebut terdiri atas dua klausa yang berbeda.

Agar lebih paham mengenai penggunaanya, berikut merupakan contoh penggunaan kata even though untuk menghubungkan dua hal bertentangan. Even though it was hard for me, but I still do my best to get the best result (meskipun ini berat untuk saya, tetapi saya tetap melakukan yang terbaik untuk hasil yang maksimal)

Memberikan Penekanan Yang Lebih Kuat

Penggunaan kata even though yang berikutnya yakni, untuk memberikan penekanan yang lebih kuat mengenai suatu hal yang bertentangan. Kata even though dalam bahasa inggris bisa digunakan ketika kamu ingin memberikan gambaran mengenai hal yang sangat bertolak belakang. Sehingga, membutuhkan penekanan yang lebih kuat sebagi gambarannya.

Agar lebih paham mengenai maksud dari penekanan yang lebih kuat, berikut ini merupakan contoh yang bisa kamu simak. Even though she did not finish her study in college, he became the head of big company in this city (meskipun dia tidak menyelesaikan studinya di bangku kuliah, dia bisa jadi pemimpin di perusahaan besar di kota ini).

Contoh lain dari penggunaan kata even though untuk menunjukan penekanan yang lebih kuat, bisa kamu lihat di kalimat berikut ini. I will always there for you, even though you never want to see me again (aku akan selalu ada untuk kamu, meskipun kamu tidak inginmelihat aku lagi).

Baca Juga:
Kalimat Ajakan dalam Bahasa Inggris

Menunjukan Sesuatu Tanpa Menyangkal Hal Yang Lain

Kata even though juga bisa digunakan untuk menunjukan suatu hal dalam sebuah kalimat, tapi tidak menyangkal kebenaran lainnya. pada penggunaan ini seolah menunjukan bahwa suatu hal tertentu tidak membuat hal lainnya salah. Contohnya bisa kamu lihat pada kalimat berikut. Even though she was fail, but she never give up (meskipun dia gagal, tapi dia tidak pernah menyerah).

Kesimpulan

Kamu tentu sering mendapati kata even though dalam berbagai kontek bahasa inggris, baik dalam bentuk lisan maupun tulisan. Pembahasan serta contoh kalimat even though di atas bisa kamu jadikan sebagai gambaran mengenai makna yang terkandung dalam kata tersebut. Sehingga, kamu jadi lebih paham terkait konsep penggunaannya tingkatkan bahasa inggris dengan les di ICAN English.

Even though digunakan untuk mengungkapkan suatu fakta, sesuatu yang nyata atau benar.
‘Even though’ mendahului pernyataan fakta. Artinya kata ini lebih tegas atau lebih kuat daripada ‘though’ atau ‘although’.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi