kalimat ajakan dalam bahasa inggris

Kalimat Ajakan dalam Bahasa Inggris

Bahasa merupakan sarana untuk berkomunikasi, tentunya komunikasi pun dilakukan oleh manusia secara rutin setiap harinya. Salah satu kalimat yang seringkali disampaikan dalam berkomunikasi adalah kalimat ajakan. Kalimat ajakan dalam bahasa Inggris biasanya disebut dengan invitation.

Secara umum, kalimat ajakan di semua bahasa biasanya digunakan untuk mengajak seseorang. Ajakan tersebut dapat berupa permohonan atau bahkan paksaan. Dalam percakapan sehari-hari, kalimat ajakan menjadi sebuah kalimat yang paling sering diungkapkan. Kamu bisa bergabung dalam kursus bahasa Inggris untuk mengetahui lebih lanjut seputar materi ini dan materi lainnya dalam bahasa Inggris.

Kalimat Ajakan dalam Bahasa Inggris: Pengertian dan Contoh

Kalimat ajakan bahasa Indonesia tentunya akan berbeda dengan bahasa Inggris. Mulai dari diksi sampai struktur bahasanya. Oleh sebab itu, untuk mengungkapkan ajakan dalam bahasa Inggris. Maka perlu mengetahui terlebih dahulu pengertian serta contohnya. Agar lebih mudah dalam menggunakan kalimatnya. Simak penjelasan di bawah ini!

Pengertian Kalimat Ajakan atau Giving Invitation

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dalam bahasa Inggris kalimat ajakan adalah invitation atau lebih tepatnya giving invitation. Kalimat ajakan biasanya akan berupa permintaan atau paksaan. Namun, cara menyampaikannya tetap harus sopan. Terlebih pada orang yang lebih tua, seperti orang tua, guru, dan sebagainya.

Untuk menggunakan kalimat ajakan ini, tentunya terdapat beberapa keadaan atau kondisi yang berbeda. Karena kalimat ajakan dapat berupa sebuah undangan (invitation), melakukan sesuatu, dan sebagainya.

Baca Juga: Contoh dan Penggunaan Kalimat Even Though Bahasa Inggris

Contoh Kalimat Ajakan untuk Undangan (Invitation)

Contoh pertama adalah kalimat ajakan untuk undangan. Dalam contoh kalimat ini, biasanya kalimat ajakan dipakai untuk mengajak seseorang agar melakukan sesuatu. Baik ajakan ke suatu acara, kegiatan, atau sebagainya. Contoh kalimatnya adalah would you visit my house this Sunday (maukah kamu datang ke rumah saya pada hari Minggu ini?)

Kalimat tersebut merupakan contoh ajakan untuk undangan, yaitu mengundang seseorang untuk datang ke suatu tempat. Contoh berikutnya adalah can you make time for watching Harry Potter in Cinema on Wednesday? (dapatkah kamu meluangkan waktu untuk menonton Harry Potter di Bioskop pada hari Rabu?).

Baca Juga: Contoh Kalimat Modals Bahasa Inggris

Contoh Kalimat Ajakan dalam Bahasa Inggris untuk Melakukan Sesuatu

Contoh berikutnya adalah kalimat ajakan untuk melakukan sesuatu. Dalam mengajak sesuatu, biasanya terdapat dua kondisi. Yaitu kondisi informal dan formal. Untuk kondisi informal, biasanya digunakan untuk keadaan yang santai. Contohnya adalah, do you like going to Hindia concert with me? (maukah kamu pergi ke konser Hindia denganku?)

Sedangkan untuk kondisi formal biasanya digunakan ketika dalam acara atau perbincangan resmi. Contoh kalimatnya adalah, would you like to go to science event with me? (maukah kamu datang ke acara sains bersama saya?).

Kalimat ajakan dalam bahasa Inggris menjadi salah satu ungkapan yang wajib diketahui beserta dipahami. Pasalnya, kalimat ajakan menjadi jenis kalimat yang sering diucapkan. Selain itu, harus mampu pula membedakan kondisi formal dan informal dalam mengungkapkan kalimat ini. Untuk anda yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut anda bisa hubungi ICAN English.

Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web
Website