kalimat ajakan dalam bahasa inggris

Kalimat Ajakan dalam Bahasa Inggris

Bahasa merupakan sarana untuk berkomunikasi, tentunya komunikasi pun dilakukan oleh manusia secara rutin setiap harinya. Salah satu kalimat yang seringkali disampaikan dalam berkomunikasi adalah kalimat ajakan. Kalimat ajakan dalam bahasa Inggris biasanya disebut dengan invitation.

Kalimat Ajakan dalam Bahasa Inggris: Pengertian dan Contoh

Kalimat ajakan bahasa Indonesia tentunya akan berbeda dengan bahasa Inggris. Mulai dari diksi sampai struktur bahasanya. Oleh sebab itu, untuk mengungkapkan ajakan dalam bahasa Inggris. Maka perlu mengetahui terlebih dahulu pengertian serta contohnya. Agar lebih mudah dalam menggunakan kalimatnya. Simak penjelasan di bawah ini!

Baca Juga:
Contoh dan Penggunaan Kalimat Even Though Bahasa Inggris

Pengertian Kalimat Ajakan atau Giving Invitation

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dalam bahasa Inggris kalimat ajakan adalah invitation atau lebih tepatnya giving invitation. Kalimat ajakan biasanya akan berupa permintaan atau paksaan. Namun, cara menyampaikannya tetap harus sopan. Terlebih pada orang yang lebih tua, seperti orang tua, guru, dan sebagainya.

Untuk menggunakan kalimat ajakan ini, tentunya terdapat beberapa keadaan atau kondisi yang berbeda. Karena kalimat ajakan dapat berupa sebuah undangan (invitation), melakukan sesuatu, dan sebagainya.

Contoh Kalimat Ajakan untuk Undangan (Invitation)

Contoh pertama adalah kalimat ajakan untuk undangan. Dalam contoh kalimat ini, biasanya kalimat ajakan dipakai untuk mengajak seseorang agar melakukan sesuatu. Baik ajakan ke suatu acara, kegiatan, atau sebagainya. Contoh kalimatnya adalah would you visit my house this Sunday (maukah kamu datang ke rumah saya pada hari Minggu ini?)

Kalimat tersebut merupakan contoh ajakan untuk undangan, yaitu mengundang seseorang untuk datang ke suatu tempat. Contoh berikutnya adalah can you make time for watching Harry Potter in Cinema on Wednesday? (dapatkah kamu meluangkan waktu untuk menonton Harry Potter di Bioskop pada hari Rabu?).

Baca Juga:
Contoh Kalimat Modals Bahasa Inggris

Contoh Kalimat Ajakan dalam Bahasa Inggris untuk Melakukan Sesuatu

Contoh berikutnya adalah kalimat ajakan untuk melakukan sesuatu. Dalam mengajak sesuatu, biasanya terdapat dua kondisi. Yaitu kondisi informal dan formal. Untuk kondisi informal, biasanya digunakan untuk keadaan yang santai. Contohnya adalah, do you like going to Hindia concert with me? (maukah kamu pergi ke konser Hindia denganku?)

Sedangkan untuk kondisi formal biasanya digunakan ketika dalam acara atau perbincangan resmi. Contoh kalimatnya adalah, would you like to go to science event with me? (maukah kamu datang ke acara sains bersama saya?).

Penutup

Kalimat ajakan dalam bahasa Inggris menjadi salah satu ungkapan yang wajib diketahui beserta dipahami. Pasalnya, kalimat ajakan menjadi jenis kalimat yang sering diucapkan. Selain itu, harus mampu pula membedakan kondisi formal dan informal dalam mengungkapkan kalimat ini. Untuk anda yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut anda bisa hubungi ICAN English.

Secara umum, kalimat ajakan di semua bahasa biasanya digunakan untuk mengajak seseorang. Ajakan tersebut dapat berupa permohonan atau bahkan paksaan. Dalam percakapan sehari-hari, kalimat ajakan menjadi sebuah kalimat yang paling sering diungkapkan. Kamu bisa bergabung dalam kursus bahasa Inggris untuk mengetahui lebih lanjut seputar materi ini dan materi lainnya dalam bahasa Inggris.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi