kalimat negatif dalam bahasa inggris

Kalimat Negatif dalam Bahasa Inggris

Kalimat negatif dalam Bahasa Inggris atau negative sentence merupakan susunan kalimat yang dibuat untuk sesuatu yang tidak sesuai, salah, tidak benar, atau berlawanan. Salah satu tanda dari kalimat negatif yaitu adanya kata not. Selain itu, penggunaan kalimat negatif bisa digunakan pada semua tenses, termasuk present, past, future, hingga past-future.

Ketika mempelajari tentang kalimat negatif dalam Bahasa Inggris, maka tidak lepas dari pembahasan verbal sentences negatif, nominal sentences negatif, modal auxiliaries verbs negatif, contraction atau penyingkatan, serta never dan neither. Supaya lebih jelas, ICAN English akan menjelaskannya dalam pembahasan lengkap berikut.

Jenis-Jenis Negative Sentences dan Contohnya

Berikut adalah macam-macam negative sentences yang dapat kamu pelajari ketika belajar bahasa Inggris, lengkap dengan contoh kalimatnya:

Baca Juga:
Contoh Kalimat Either dan Neither

1. Verbal Sentences + Not

Apa itu verbal sentences? Disebut kalimat verbal apabila kalimat tersebut menggunakan kata kerja atau verb. Jika ingin membuat pola kalimat verbal yang negatif, maka kamu bisa menambahkan do not, does not, dan juga did not sebelum kata kerja.

Berikut adalah contoh menggunakan verbal sentences dengan tambahan not untuk menandakan kalimat negatif:

  • John does not eat
  • John and Tom do not eat
  • John did not eat yesterday

Apabila subjeknya yaitu She, He, It, maka kamu bisa menggunakan Does. Sedangkan jika subjeknya adalah You, I, They, We, atau dua orang bahkan lebih bisa menggunakan kata Do. Sementara untuk kata kerja yang menunjukkan hal lampau, walaupun subjek tunggal atau jamak maka menggunakan Did.

2. Verbal Sentences + Not

Berikutnya, ada kalimat negatif dalam Bahasa Inggris pada bentuk nominal sentences. Kalimat nominal yaitu kalimat tanpa menggunakan kata kerja atau verb. Untuk menggantikan kata kerja, maka dalam kalimat tersebut kamu bisa menggunakan To Be. Sekarang, kamu bisa memperhatikan contoh berikut:

  • John is not hungry
  • I am not hungry
  • Tom and Sam are not hungry
  • Tom and Sam were not hungry yesterday
  • Tom was not hungry

Seperti contoh yang sudah kamu simak, bentuk kalimat nominal negatif ternyata bisa kamu buat secara mudah karena hanya tinggal menambahkan “not” tepat sesudah be.

Baca Juga:
Kalimat Pasif Dalam Bahasa Inggris

3. Model Auxiliaries Verbs + Not

Modal auxiliary verb juga harus kamu perhatikan apabila ingin membuat kalimat negatif dalam bahasa Inggris. Kata kerja bantu dapat kamu gunakan untuk memodifikasi arti kata kerja utama atau justru mempertegasnya. Beberapa contoh kata yang masuk dalam modal verbs yaitu:

Can

Could

Shall

Should

Will

Would

May

Might

Must

Sekarang kamu bisa memperhatikan pola kalimat dalam menggunakan modal auxiliaries untuk kalimat negatif sebagaimana berikut:

John cannot do the task.

Tom most not anything about it.

Tom will not come.

Kalimat negatif menggunakan modal verbs bisa kamu buat dengan menambahkan not tepat sesudah modal verb sebagaimana contoh di atas.

Baca Juga:
Contoh Kalimat Perintah Dalam Bahasa Inggris

Belajar Kalimat Negatif Dalam Contraction

Contraction atau penyingkatan kalimat negatif dalam bahasa Inggris biasanya dibutuhkan untuk speaking atau untuk menulis hal-hal yang tidak formal. Berikut adalah daftar contraction atau singkatan kata negatif yang wajib kamu pelajari:

Do Not = Don’t

Does Not = Doesn’t

Did Not = Didn’t

Is Not = Isn’t

Are Not = Aren’t

Were Not = Weren’t

Was Not = Wasn’t

Cannot = Can’t

Could Not = Couldn’t

Shall Not = Shan’t

Should Not = Shouldn’t

Will Not = Won’t

Would Not = Wouldn’t

Must Not = Mustn’t

Dengan informasi lengkap tentang seperti apa kalimat negatif dalam bahasa Inggris kamu bisa mencoba berbagai macam jenis kalimat baik untuk percakapan sehari-hari atau untuk menulis sebuah jurnal bahasa Inggris.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web