contoh kalimat pengandaian bahasa inggris

Contoh Kalimat Pengandaian Bahasa Inggris

Contoh kalimat pengandaian Bahasa Inggris atau conditional sentence merupakan kalimat guna mengandaikan sebuah hal yang belum tentu terjadi, tidak terjadi, atau bahkan sudah terjadi. Conditional sentence dibagi dalam dua bagian, yaitu independent clause atau klausa bebas, dengan induk kalimat dan klausa if sebagai anak kalimat dengan makna pengandaian.

Klausa bebas merupakan klausa independen, sifatnya berdiri sendiri karena sudah mempunyai arti lengkap. Berbeda dengan klausa if, atau dependent clause yang sifatnya tidak dapat berdiri sendiri, karena memang artinya sendiri tidak lengkap. Apabila kamu masih bingung, ICAN English akan membahasnya dalam materi berikut.

3 Jenis Kalimat Pengandaian

Untuk mengetahui contoh kalimat pengandaian Bahasa Inggris, maka harus mengetahui terlebih dahulu apa saja jenis kalimat pengandaian. Terdapat tiga jenis yang harus kamu ketahui, sebagaimana berikut:

Baca Juga:
Contoh Kalimat Interjection

1. Pengandaian Tipe I

Kalimat pengandaian tipe 1 mengungkapkan pengandaian yang bisa saja terjadi. Pola kalimatnya adalah klausa if pada waktu sekarang menggunakan tenses simple present, present continuous, dan juga present perfect. Sedangkan klausa bebas adalah simple present atau juga simple future.

2. Pengandaian Tipe II

Kalimat pengandaian tipe II menyebutkan pengandaian tidak mungkin terjadi karena berlawanan dengan kenyataan saat ini. Tipe kalimat pengandaian tersebut mempunyai pola klausa if di masa lampau dalam bentuk tenses simple past ataupun past continuous, serta klausa bebas yang menyebutkan could atau would.

3. Pengandaian Tipe III

Kalimat pengandaian tipe III tidak mungkin terjadi. Hal ini karena waktu sudah berlalu, sehingga terdengar penyesalan. Pola kalimat pengandaian tersebut adalah klausa if pada tenses past perfect tense dan juga klausa bebas yang menggunakan would+have+verb 3.

Baca Juga:
Contoh Kalimat Instruction Bahasa Inggris

Contoh Kalimat Pengandaian Tipe I, II, dan III

Sekarang, kamu sudah paham tentang apa saja jenis-jenis kalimat pengandaian. Hal ini perlu dipahami terutama jika kamu sedang belajar bahasa Inggris. Supaya lebih mudah mempelajarinya, maka kamu bisa melihat semua contoh kalimat pengandaian Bahasa Inggris berikut:

  • If we are ready, we can start the meeting – Kalau kita siap, kita bisa memulai pertemuannya.

Ini adalah contoh kalimat pengandaian tipe I. Pada contoh tersebut, klausa if menggunakan pola simple present, sedangkan klausa bebas menggunakan simple present. Sekarang, kamu bisa memperhatikan contoh berikut:

  • If Joanna is sleeping right now, she wont finish her homework. – Kalau Joanna sedang tidur sekarang, dia tidak akan menyelesaikan tugas rumahnya.

Kalimat di atas juga merupakan contoh pengandaian tipe I. Pada contoh tersebut, klausa if yang digunakan merupakan present continuoous, sedangkan klausa bebas yaitu simple future.

Untuk contoh kalimat pengandaian tipe II, kamu bisa melihat contoh berikut:

  • If I were you, I would stop listening to them – Kalau aku jadi kamu, aku akan berhenti mendengarkan mereka.
  • If your machine was working, we could repair our bed frame right now – Kalau saja mesin kamu bisa bekerja normal, pasti kita bisa memperbaiki kerangka tempat tidur kita sekarang.

Sedangkan untuk contoh kalimat pengandaian Bahasa Inggris tipe III, bisa menggunakan contoh berikut:

  • If you had left home earlier, you would have arrived on time. – Kalau saja kamu meninggalkan rumah lebih awal, maka kamu pasti bisa datang tepat waktu.
  • If Joanna had finished her high school, she would have gotten a better job. – Kalau saja Joanna tamat SMA, pasti dia akan memperoleh pekerjaan yang lebih baik.

Baca Juga:
Macam Tenses Lampau dalam Bahasa Inggris

Demikian materi lengkap tentang contoh kalimat pengandaian Bahasa Inggris. Dengan penjelasan ini, kamu bisa latihan membuat kalimat sendiri untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web