contoh kalimat tanya past perfect tense

Contoh Kalimat Tanya Past Perfect Tense

Pernahkah kamu melihat contoh kalimat tanya past perfect tense dan berhasil bikin kamu merasa bingung dengan tenses ini? Apalagi dalam Bahasa Inggris, ada begitu banyak jenis tenses, mulai dari simple present tenses, sampai past tenses.

Sebelum membahas contoh kalimatnya, alangkah lebih baik jika kamu pelajari dahulu definisi dari past perfect tense. Fungsi tenses ini adalah menggambarkan peristiwa di masa lalu tetapi sudah dikerjakan, dan kegiatan tersebut merupakan kegiatan pertama, sebelum ada kegiatan lainnya.

Baca juga:
Panduan Lengkap Belajar Rumus Past Perfect Progressive

Pola Kalimat Past Perfect Tense

Supaya lebih mudah, kamu bisa membayangkan ketika kamu sedang asik main, kemudian ibu memanggil supaya kamu menyelesaikan tugas sekolah, lalu kamu menjawab bahwa kamu sudah menyelesaikannya. Jika disimpulkan dari jawaban tersebut adalah Kamu sudah mengerjakan PR sebelum asik bermain. Inilah yang disebut dengan past perfect tense.

Jika diterjemahkan dalam Bahasa Inggris, maka berikut adalah tiga pola kalimat perfect tense, yaitu:

Kalimat positif I had finished my homework

Kalimat negatif I had not finished my homework

Sedangkan jika ditulis dalam contoh kalimat tanya past perfect tense, menggunakan pola berikut: Had I finished my homework?

Dalam kalimat past perfect tense, terdapat keterangan waktu seperti after, when, dan before. Kemudian, jika ingin menggambarkan kejadian atau peristiwa di masa lampau, tense tersebut bisa kamu gunakan sebagai reported speech, didahului kata kerja seperti thought, asked, atau said. Supaya susunannya lebih lengkap, kamu bisa mempelajari lebih jauh pada bagian berikutnya, yaitu membuat contoh past perfect tense.

Baca Juga:
Contoh Kalimat Present Progressive Tense

Contoh Past Perfect Tense

Ketika belajar bahasa Inggris, materi tenses ini akan selalu kamu temukan. Berikut adalah contoh kalimat tanya past perfect tense, lengkap dengan contoh kalimat positif dan negatifnya:

  • I had finished my homework before I play Saya sudah mengerjakan pekerjaan rumah saya sebelum bermain
  • I had not finished my homework before I play Saya belum selesai mengerjakan pekerjaan rumah saya sebelum bermain.
  • Had I finished my homework before I play? Sudahkah saya mengerjakan pekerjaan rumah sebelum bermain?

Contoh kalimat past perfect tense juga bisa kamu gunakan untuk bertanya dalam peristiwa sehari-hari. Misalnya, kamu ingin bertanya apakah ibu sudah pergi ke pasar sebelum kamu pulang. Berikut adalah pola kalimatnya secara lengkap, mulai dari bentuk kalimat positif, negatif, hingga kalimat tanya:

  • My mother had gone to the market before I came.
  • My mother had not gone to the market before I came
  • Had my mother gone to the market before I came?

Skenario contoh berikutnya adalah kamu menyelesaikan tugas saat teman datang berkunjung. Untuk membuat kalimat tersebut, kamu bisa melihat contoh berikut:

  • I had finished my assignment when my friend visited me.
  • I had not finnished my assignment when my friend visited me.
  • Had I finished my assignment when my friend visited me?

Baca Juga:
Pola Kalimat Past Perfect Tense

Itulah pembahasan lengkap tentang contoh kalimat tanya past perfect tense, bahkan lengkap dengan contoh kalimat dalam bentuk negatif dan positifnya. Supaya kamu bisa lebih paham lagi belajar tentang past perfect tense, sebaiknya cobalah membuat 10 kalimat tanya dalam bentuk past perfect tense yang bisa kamu gunakan dalam kegiatan sehari-hari.

Kalau kamu sudah benar-benar paham dengan fungsi dan penggunaan pertanyaan past perfect tense, maka kamu bisa langsung latihan, menggunakan pertanyaan tersebut bersama keluarga, teman di sekolah, atau teman di kantor. Nantinya kamu akan mendapatkan banyak manfaat dari ICAN English ini untuk bisa masuk kuliah di luar negeri.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi