contoh kalimat present progressive tense

Contoh Kalimat Present Progressive Tense

Contoh kalimat present progressive tense adalah bagian dari apa yang akan kamu pelajari ketika memutuskan mendalami ilmu Bahasa Inggris. Mayoritas tenses pada Bahasa Inggris dipengaruhi oleh waktu, yaitu waktu saat masa lalu, masa depan, dan juga masa sekarang.

Pada pembahasan kali ini, ICAN English akan menjelaskan tentang present progressive tense, atau disebut dengan present continuous tense. Tidak hanya contoh kalimatnya saja, tapi kamu juga akan mempelajari tentang fungsi dan penggunaannya.

Penggunaan Present Progressive Tense

Present progressive tense sendiri adalah kata kerja yang dapat kamu gunakan untuk mengungkapkan aksi yang bisa berlangsung saat ini (present) atau di masa mendatang (future). Tense ini bisa kamu gunakan untuk present atau future, bahkan seringkali dilengkapi dengan adverbial of time supaya lebih jelas.

Baca Juga:
Penggunaan Going To dalam Bahasa Inggris

Adverb of time adalah kata keterangan untuk menyatakan waktu sebuah peristiwa atau kejadian. When adalah kata tanya yang juga bisa digunakan untuk menunjukkan adverb of time. Ciri khas present progressive atau present continuous yaitu adanya imbuhan ing pada kata kerja. Sedangkan fungsi dari present progressive tense adalah berikut:

  • Apabila kamu ingin menyatakan sebuah tindakan atau kegiatan yang sedang kamu lakukan di masa sekarang.
  • Apabila kamu ingin menyatakan kegiatan jangka panjang, seperti aktivitas rutin yang berlangsung saat sekarang, seperti minggu ini, bulan ini, atau tahun ini.
  • Apabila kamu ingin menceritakan rencana yang sudah pasti, dengan format atau rumus be + going to dalam kalimat.
  • Apabila kamu mengeluh karena kesal saat memberi tahu teman.

Selain semua hal di atas, kamu juga bisa menggunakan present continuous tense untuk menceritakan keadaan yang sedang atau sering terjadi.

Baca Juga:
Contoh Kalimat Progressive Tense Bahasa Inggris

Rumus Present Progressive Tense and Contoh Kalimat

Present continuous tense dapat kamu bentuk menggunakan auxiliary verb be yaitu is/am/are karena bentuk present tense atau waktu sekarang dan bentuk present participle atau (-ing).

Is dapat kamu gunakan untuk subject dalam bentuk singular noun ataupun third person singular pronoun, termasuk: she, he, it. Gunakan are untuk bentuk plural noun seperti: John and Sam, Boys, men, we, they, you, sedangkan am pada I.

Secara umum, tense ini adalah aksi dynamic atau action verb, jadi bukan stative verb. Mengapa demikian? Karena pada umumnya, dynamic verb mempunyai bentuk continuous. Supaya lebih mudah, berikut adalah contoh kalimat present progressive tense:

Kalimat positif S + be (am/is/are) + present participle (-ing), seperti contoh berikut:

The teachers are teaching – Guru-guru itu sedang mengajar

John is smiling – John sedang tersenyum

Kalimat negatif, S + be (is/am/are) + not + present participle (-ing). Untuk memandakan kalimat negatif maka memang harus ditambahkan dengan kata not sebelum verb, sebagaimana contoh berikut:

John is not smiling – John tidak sedang tersenyum.

Kalimat interogatif menggunakan rumus be (is/am/are)+S+Present participle (-ing)+?, sebagaimana contoh berikut:

Is John smiling? – Apakah John sedang tersenyum?

Jika kamu memperhatikan contoh kalimat present progressive tense secara seksama, maka kamu pasti sudah tahu bahwa present progressive tense sudah sering kamu gunakan ketika bercakap atau menulis. Kamu bisa kenalan dengan lebih banyak materi Bahasa Inggris lainnya dengan belajar bersama ICAN English. Dengan bimbingan dari tutor berpengalaman, maka pengalaman dan kegiatan belajar Bahasa Inggris kamu akan terasa lebih menyenangkan!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi