penggunaan going to dalam bahasa inggris

Penggunaan Going To dalam Bahasa Inggris

Penggunaan going to dalam bahasa inggris selalu menggunakan bentuk present future tense. Arti going to sama seperti arti will, yaitu akan.

Be termasuk dalam auxiliary verb atau kata bantu. Pada simple future, penggunaan be pada bentuk present yaitu is, am, are, mengikuti subjeknya. Subjek I digunakan dengan am, sedangkan subjek She, he, dan it berpasangan dengan Is. Terakhir, terdapat they, we, dan you yang berpasangan dengan are.

Penjelasan Lengkap Tentang Going To

Sampai saat ini, masih banyak pelajar yang sulit menggunakan pola kalimat be going to. Tidak sedikit yang beranggapan jika penggunaan going to dalam Bahasa Inggris sama seperti present tense continuous.

Baca Juga:
Skill Bahasa Inggris Ini Harus Kamu Kuasai

Memang, keduanya mempunyai pola sedikit mirip satu sama lain. Hanya saja, dalam penggunaan be going to terdapat tambahan verb 1, sementara continuous mempunyai verb-ing. Agar lebih jelas belajar tentang going to, kamu bisa menyimak dua contoh berikut terlebih dahulu:

Kalimat continuous: I am going to Joannas house.

Kalimat be going to: I am going to study Linguistic there.

Pada kalimat continuous di atas, artinya adalah aku sedang pergi ke rumah Joanna. Seseorang yang mengatakan hal tersebut menunjukkan bahwa ia sedang berencana ke rumah Joanna.

Sementara pada contoh kalimat be going to di atas, artinya yaitu aku akan mempelajari Linguistik disana. Keduanya sama-sama menggunakan kata am going to namun pada kalimat be going to, terdapat penambahan verb 1 yaitu study.

Dapat disimpulkan jika be going to dapat diikuti verb 1 pada kalimat verbal dan be pada kalimat nominal atau non-verbal.

Kamu juga bisa menggunakan going to dengan cara disingkat, sehingga menjadi gonna. Akan tetapi, gunakan gonna hanya dalam kondisi non formal ketika berbicara, sebagaimana contoh berikut:

  • I am going to learn Linguistic Im gonna learn Linguistic
  • She is going to paint her house Shes gonna paint her house.

Baca Juga:
Trik Agar Pintar Bahasa Inggris, Lebih Efektif!

Aturan Penggunaan Be Going To

Be going to merupakan ungkapan yang bermakna akan, digunakan dalam kalimat Bahasa inggris apabila kamu ingin menyatakan perkiraan atau prediksi atau memprediksi sesuatu, sebagaimana contoh berikut:

  • We think it is going to be a great party.

Atau, kamu bisa menggunakannya ketika kamu sedang melakukan sesuatu yang telah kamu rencanakan sebelumnya sebagaimana berikut:

  • I am going to visit Magelang right now.

Itulah penjelasan lengkap tentang penggunaan going to dalam Bahasa Inggris. Dengan penjelasan ini, jika kamu masih kebingungan dan merasa butuh bantuan tutor profesional, kamu bisa bergabung di kelas bahasa Inggris di ICAN English.

Proses belajar Bahasa inggris tidaklah mudah, sehingga bantuan tutor profesional akan mempermudah dan membantu menjawab seluruh kesulitan dalam belajar Bahasa Inggris.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi