Contoh Kalimat Progressive Tense Bahasa Inggris

Contoh Kalimat Progressive Tense Bahasa Inggris

Saat mempelajari bahasa Inggris, kamu akan menemukan struktur yang disebut tenses. Secara umum, terdapat 16 tenses dalam struktur gramatikal bahasa Inggris. Salah satunya adalah continuous tense. Tenses tersebut dikenal pula dengan sebutan progressive tense. Selain itu, kamu perlu pula mengetahui contoh kalimat progressive tense dalam bahasa Inggris.

Dalam bahasa Inggris, tenses merupakan gramatikal yang wajib hadir di setiap kalimat. Tenses memiliki berbagai jenis karena dipengaruhi oleh keterangan waktu. Keterangan waktu dalam bahasa Inggris pun menjadi sangat penting. Karena itulah yang nantinya akan mengubah struktur atau pola kalimat. Sehingga, wajib untuk dipelajari dalam materi bahasa Inggris.

4 Contoh Kalimat Progressive Tense (Present dan Past)

Present progressive tense merupakan struktur yang digunakan untuk mengungkapkan peristiwa tengah berlangsung di masa sekarang atau sebuah rencana di masa mendatang. Sedangkan past progressive tense adalah struktur yang mengungkapkan peristiwa sedang berlangsung di keadaan tertentu pada masa lampau. Simak beberapa contohnya di bawah ini!

Baca Juga:
Kalimat Negatif dalam Bahasa Inggris

1. Contoh Present Progressive Tense (Positif)

Untuk kalimat present progressive tense positif, rumusnya adalah subjek + to be + present participle (-ing). Karena merupakan progressive atau continuous, maka kata kerjanya ditambahkan imbuhan -ing. Sedangkan untuk to be, dapat menggunakan is, am, atau are. Karena memang mengungkapkan peristiwa di masa sekarang.

Contoh kalimatnya adalah my dad is driving (ayahku sedang menyetir), she is dancing in the room (dia sedang menari di ruangan tersebut), we are winning the competition (kita memenangkan kompetisi ini), I am crying because of him (aku sedang menangis karena dia), dan he is helping the old lady (dia sedang membantu wanita tua itu).

2. Contoh Present Progressive Tense (Negatif)

Contoh kalimat progressive tense berikutnya adalah untuk kalimat negatif pada jenis present. Untuk kalimat negatif, polanya mirip dengan positif. Hanya saja, perlu ada penambahan kata not sebelum verb. Polanya adalah subjek + to be + not + present participle (-ing). Karena kalimat ini menyatakan sesuatu yang berarti “tidak.

Contoh kalimatnya adalah my dad is not driving (ayahku tidak sedang menyetir), she is not dancing (dia tidak sedang menarik), we are not winning the competition (kita tidak memenangkan kompetisi ini), I am not crying because of him (aku tidak sedang menangis karena dia), dan he is not helping the old lady (dia tidak sedang membantu wanita tua itu).

3. Contoh Past Progressive Tense (Positif)

Selain present, terdapat pula kalimat jenis past untuk progressive tenses. Berbeda dengan present, to be yang digunakan adalah was atau were. Sehingga untuk pola kalimat positifnya menjadi subjek + was/were + present participle (-ing) + objek. Selain itu, perlu dicantumkan objek pula.

Contoh kalimatnya adalah Nina was washing the car when you come (Nina sedang mencuci mobil ketika kamu datang) dan we were playing when our mom arrived (kita sedang bermain ketika ibu sampai).

Baca Juga:
Penggunaan To Be Dalam Present Continuous Tense

4. Contoh Past Progressive Tense (Negatif)

Untuk kalimat negatif, polanya mirip dengan positif. Hanya perlu ditambahkan not sebelum verb-ing atau present participle. Contoh kalimatnya adalah she was not playing when you arrived (dia tidak sedang bermain ketika kamu sampai).

Kesimpulan

Mengetahui dan memahami tenses memang penting untuk dilakukan. Misalnya adalah untuk pengertian serta contoh kalimat progressive tense. Untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu baik dalam level dasar maupun menengah, kamu bisa bergabung dalam kursus bahasa Inggris di ICAN English. Kami memiliki tutor berpengalaman yang bisa membantu proses belajar kamu menjadi lebih maksimal.

Dengan mengetahui keseluruhan pola dan contoh kalimat tenses dalam bahasa Inggris. Maka, kemampuan bahasa Inggris kamu akan semakin baik.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi