contoh kalimat simple past future tense

Contoh Kalimat Simple Past Future Tense

Dalam kalimat past tense, terdapat beberapa jenis lainnya. Jenis yang paling banyak diketahui adalah simple past tense. Yaitu pola past tense yang paling sederhana. Namun, terdapat jenis lainnya seperti simple past future tense. Pola dan contoh kalimat simple past future tense memang lebih kompleks dibandingkan pada pola simple past tense.

Secara umum, simple past future tense sama seperti past tense yang lainnya. Yaitu digunakan untuk menjelaskan atau mengungkapkan kejadian dan peristiwa di masa lampau. Namun, di pola tersebut terdapat pola future. Sehingga, rumus dan pola kalimatnya memang akan menyatukan konteks waktu future serta past.

Penjelasan Simple Past Future Tense

Tenses dalam bahasa Inggris memang cukup bervariasi. Bagi kamu yang tengah belajar grammar bahasa Inggris, cobalah untuk mempelajari semua tenses secara bertahap. Karena pemahaman tenses cukup krusial untuk grammar di tingkat lanjut. Inilah beberapa hal yang perlu diketahui ketika kamu belajar bahasa Inggris, terkait simple past future tense!

Baca Juga:
Penggunaan Going To dalam Bahasa Inggris

Pengertian Simple Past Future Tense

Simple past future tense merupakan bentuk kalimat yang menjelaskan terkait masa depan, tetapi dari perspektif masa lalu. Atau dapat dikatakan pula, simple past future tense ini menjelaskan peristiwa dan kejadian di masa lalu. Namun, telah membuat prediksi atau janji untuk masa depan ketika berada di masa lalu tersebut.

Sederhananya, simple past future tense merupakan bentuk kalimat pengandaian. Itulah mengapa tenses jenis ini sering pula disebut sebagai future in the past. Karena memang membuat sebuah pengandaian atau harapan untuk masa depan dan dilakukan di masa lampau. Ciri khas dari tenses ini adalah penggunaan kata would.

Rumus Simple Past Future Tense

Secara umum, rumus simple past future tense memiliki dua tipe. Tipe pertama adalah tipe masa lampau yang dibentuk dari shall atau will (modal auxiliary). Sehingga, bentuk simple past future tense akan menjadi should atau would. Tipe kedua adalah tipe masa lampau yang diikuti oleh to be (is, am, are) yang kemudian berubah menjadi was, were.

Rumus dari tipe pertama atau modal auxiliary adalah subject (I, you, they, we, she, he, it) + would + bare infinitive. Sedangkan untuk rumus tipe kedua adalah subject (I, you, they, we, she, he, it) + was/were + going to + bare infinitive + pelengkap (complement). Dalam kalimat negatif, ditambahkan kata not setelah would dan was/were.

Baca Juga:
Perubahan Kata Kerja Future Tense

Fungsi dan Contoh Kalimat

Bukan hanya sebagai pengandaian, simple past future tense memiliki fungsi lainnya. Setiap fungsi, memiliki contoh kalimat simple past future tense yang berbeda. Karena disesuaikan dengan konteksnya. Untuk lebih jelasnya, simak penjabarannya di bawah ini!

Prediksi

Fungsi pertama adalah untuk menyatakan sebuah prediksi atau perkiraan yang dilakukan di masa lampau untuk masa depan. Contoh kalimatnya adalah, my mom had a feeling that the weather would be rainy (ibu saya memiliki perasaan bahwa cuaca akan hujan).

Contoh lainnya misalnya adalah, I thought that the IJH team were going to win the competition (aku pikir tim IJH akan memenangkan kompetisi). Untuk kalimat negatifnya adalah, I thought that the IJH team were going not to win the competition (aku pikir tim IJH tidak akan memenangkan kompetisi).

Kesukarelaan

Fungsi berikutnya adalah menunjukkan aksi yang dilakukan secara sukarela. Misalnya adalah I knew she would prepare the stuff for camping (aku tahu dia akan mempersiapkan peralatan untuk berkemah). Contoh lainnya misalnya, I would bring the bag for him (aku akan membawakan tas ini untuknya).

Untuk kalimat negatifnya adalah, I would not bring the bag for him (aku tidak akan membawakan tas ini untuknya). Sedangkan untuk kalimat interogatifnya adalah, would I bring the bag for him? (akankah aku membawakan buku ini untuknya?).

Tenses dalam bahasa Inggris dapat dikatakan cukup rumit, misalnya simple past future tense. Oleh karena itu, diperlukan pemahaman terkait rumus dan dan contoh kalimat simple past future tense. Agar lebih mudah untuk meningkatkan skill bahasa Inggris lainnya, seperti reading dan writing.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi