perubahan kata kerja future tense

Perubahan Kata Kerja Future Tense

Kata kerja future tense merupakan salah satu bagian dari materi bahasa Inggris yang wajib kamu kuasai guna menyatakan hal-hal yang terkait di masa depan atau disebut dengan simple future tense. Selain itu terdapat pula past future tense yang harus kamu kuasai termasuk perubahan kata kerjanya untuk menunjukkan berbagai hal yang terjadi di masa dulu tetapi kaitanya dengan keadaan di masa depan.

Agar kamu tidak merasa bingung karena memang terdapat simple future tense dan past future tense, maka kamu bisa menyimak seluruh pembahasan lengkap dari ICAN English. Kamu juga bisa mengikuti program belajar bahasa Inggris supaya lebih bisa jago grammar dengan menghubungi ICAN.

Pembahasan Lengkap Simple Future Tense

Simple future tense merupakan perubahan kata kerja untuk mengungkapkan adanya keadaan di masa depan dan simple future tense menyatakan apa yang belum terjadi serta apa hal yang bisa terjadi kemudian. Fungsinya yaitu supaya kamu bisa berbicara tentang kondisi yang bisa mulai atau selesai di masa depan. Berikut adalah contoh dalam menggunakan simple future tense:

  • Joanna will teach our English class – Joanna mengajar kelas bahasa Inggris kita
  • Joanna is going to teach our English class – Joanna akan mengajar kelas bahasa Inggris kita.

Baca Juga:
Penggunaan Kata Bantu Dalam Bahasa Inggris

Jadi dalam fungsi simple future tense bisa menggunakan will atau going to. Untuk pembuatan kalimat negatifnya tinggal menambahkan “not” setelah penggunaan will atau to be sebagaimana contoh berikut:

  • Joanna will not teach our English class.
  • Joanna is not going to teach our English class.

Sedangkan untuk contoh simple future menggunakan introgatif yaitu:

  • Will Joanna teach our English class?
  • Is Joanna going to teach our English class?

Apabila kamu menggunakan simple future, maka perubahan kata kerja tidak perlu tambahan -s/-es pada kata kerja dasar.

Baca Juga:
Keterangan Waktu Untuk Simple Future Tense
Rumus Kalimat Future Tense dan Aturan Penggunaannya

Pembahasan Penggunaan Past Future

Tidak hanya simple future yang harus kamu tahu, tapi materi kata kerja future tense juga masih berhubungan dengan past future. Pola kalimat past future membicarakan tentang gagasan maupun keadaan masa depan menggunakan sudut pandang masa lalu. Jadi, di dalam menggunakan kalimat past future, hanya untuk tindakan yang dapat direncanakan, diharapkan, dijanjikan, atau harus dilakukan di masa depan tetapi sudah berlalu, walaupun itu bukan ide yang benar.

Dalam penggunaan past future, terdapat dua bentuk berbeda yaitu menggunakan would/should, atau was going to. Supaya tidak bingung kamu bisa melihat contoh kata kerja future tense dalam bentuk past:

  • Joanna should tell her family last week – Joanna seharusnya memberitahu keluarganya minggu lalu (Tapi tidak terjadi)
  • Joanna was going to tell her family – Joanna (pada saat itu) sedang ingin memberitahu keluarganya (Tapi karena suatu hal, tidak terjadi)
  • If they were rich, they would build houses to the poor – Kalau saja mereka kaya, mereka akan membangun rumah-rumah bagi masyarakat yang miskin.
  • Tom would be a president if he had the opportunity – Tom akan menjadi seorang Presiden jika dia mempunyai kesempatan.

Selain itu past future tense juga dapat digunakan untuk kalimat tidak langsung atau disebut dengan indirect speech dengan menggunakan kata would untuk menunjukkan waktu lampau, sebagaimana contoh berikut:

  • John said he would come to Joanna’s house – John berkata kalau dia akan datang ke rumah Joanna.

Biasanya dalam menggunakan kalimat past future tense bisa dilengkapi dengan adanya time signal seperti: the next day, the day before, the week before, last year, yesterday, dan lainnya. Sekarang kamu jadi lebih tahu tentang bagaimana cara menggunakan kata kerja future tense dan seperti apa perubahan kata kerjanya. Salah satu cara terbaik agar kamu bisa mudah memahami future tense adalah dengan latihan membuat kalimat sendiri di rumah.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.