contoh kalimat subjunctive

Contoh Kalimat Subjunctive

Pernahkah kamu mendengar istilah dan contoh kalimat subjunctive pada bahasa Inggris? Menurut Grammarly, subjunctive dapat kamu gunakan untuk semua kata selagi bentuk orang ketiga, dengan tambahan akhiran “s”.

Apa yang Dimaksud dengan Kalimat Subjunctive

Subjunctive sendiri adalah bentuk pengandaian, menggunakan wish, would rather, dan as if atau as though. Selanjutnya, subjunctive juga salah satu dari tiga jenis verb dalam bahasa Inggris.

Ada dua jenis bentuk kata kerja subjunctive. Kata kerja dalam present subjunctive mengambil bentuk infinitive (misalnya “be”), sedangkan kata kerja dalam past subjunctive identik dengan bentuk simple pastnya (misalnya “ran”).

Baca Juga:
Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Penggunaan Kalimat Subjunctive

Bentuk verb dalam kalimat subjunctive bekerja sebagai cara mengungkapkan keinginan, niat, atau lainnya yang belum pasti terjadi. Ada beberapa fungsi kalimat subjunctive sebagaimana berikut:

  • Mengungkapkan requirement yaitu kebutuhan atau suggestion yaitu saran.
  • Mengungkapkan urgency atau kepentingan.
  • Mengungkapkan keadaan yang tidak sama dari pengandaian.

Kata kerja tersebut bisa dalam bentuk present dan juga past subjunctive dengan aturan penggunaan yang tentu saja berbeda. Subjunctive adalah satu dari tiga verb mood, ada yang indicative dan ada juga yang imperative.

Dalam modern English, bentuk verb ini hanya ada pada bagian dependent clause. Jadi, untuk penggunaannya jangan sampai diletakkan di main clause. Subjunctive juga ada yang berbentuk past dan future. Supaya tahu lebih banyak, kamu juga bisa pelajari tentang macam-macam subjunctive sebagaimana berikut:

Subjunctive Wish

Subjunctive wish berfungsi ketika kamu ingin mengungkapkan keinginan. Jadi, gunakan subjunctive wish kapan saja ingin berandai-andai tentang hal yang belum atau sudah terjadi.

Subjunctive As If/ As Though

As if dan as though merupakan subjunctive berbentuk lampau atau disebut juga sebagai past subjunctive. Hal ini karena kejadiannya sudah lewat atau sudah terjadi.

Baca Juga:
Kalimat Asking For Attention

Would Rather

Would rather merupakan salah satu dari bagian past subjunctive, subjek pada kalimat tersebut tidak sama dengan subjek yang mengikuti verb. Gunakan would rather ketika ingin bicara bahwa kamu ingin orang lain supaya melakukan sesuatu.

Suggestion

Pada penggunaan present subjenctive, ada dependent clause yang menggunakan beberapa verb seperti: ask, demand, command, propose, regret, dan lainnya ketika ingni mengungkapkan saran dan kebutuhan. Tidak hanya saran dan kebutuhan, akan tetapi kalimat suggestion bisa kamu gunakan untuk mengungkapkan kepentingan maupun urgensi dengan penggunaan salah satu dari kata berikut: important, essential, desirable, crucial, imperative, urgent, vital, dan necessary.

Baca Juga:
Contoh Kalimat Procedure Text

4 Contoh Penggunaan Kalimat Subjunctive Dalam Bahasa Inggris

Supaya lebih paham tentang penggunaannya, berikut adalah contoh kalimat subjunctive dalam Bahasa Inggris:

1. Subjunctive Wish

  • I wish Joanna would stop talk something horrible – Aku berharap Joanna bisa berhenti berbicara apapun yang mengerikan.
  • I wish John were here to repair this machine – Saya harap John ada disini untuk memperbaiki mesin ini.
  • We all wish that Joanna were able to win this competition – Kita semua berharap Joanna bisa memenangkan kompetisi ini.

2. Subjunctive As If/ As Though

  • Amanda acts as if she were a queen – Amanda bertingkah seakan-akan ia adalah seorang ratu.
  • Joanna talks as though she knew everything – Joanna berbicara seolah-olah ia tahu segalanya.

3. Subjunctive Would Rather

  • John would rather (that) you visit another time – John lebih suka kamu berkunjung di lain waktu
  • Joanna would rather that he was not so happy – Joanna lebih suka jika ia tidak terlalu bahagia

4. Suggestion

  • We recommend that you take an English class – Kami merekomendasikan agar kamu mengambil kelas Bahasa Inggris.
  • The teacher suggested us to study harder – Guru menyarankan agar kita belajar lebih keras lagi.

Itulah pembahasan lengkap tentang contoh kalimat subjunction. Untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, kamu juga bisa bergabung bersama ICAN English dan belajar online dimana saja.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web