pola kalimat past perfect tense

Pola Kalimat Past Perfect Tense

Mempelajari tenses dalam bahasa Inggris adalah bagian penting. Tenses ini digunakan untuk menunjukkan waktu dari sebuah peristiwa. Dengan menguasai tenses akan memudahkan kamu untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Pola kalimat past perfect tense menjadi salah satu tense yang harus kamu pelajari.

Di dalam tenses ada rumus yang digunakan untuk menunjukkan kalimat masa lampau. Translate dalam bahasa Inggris yang membahas masa lalu  tidak hanya satu. Biasanya kita mengenal past tense untuk membahas situasi yang sudah terjadi. Tetapi, kamu juga bisa menggunakan past perfect tense. 

Apa Itu Past Perfect Tense?

Past perfect tense merupakan bentuk kata kerja yang akan digunakan untuk menyatakan suatu peristiwa atau kejadian setelah selesai pada titik di masa lalu sebelum kejadian lain terjadi. Kejadian di masa lampau tersebut dapat terulang satu kali atau beberapa kali. Salah satu ciri khas dari past perfect tense adalah penggunaan kata had sebelum kata kerja.

Tidak hanya itu, tetapi past perfect tense juga dapat digunakan untuk membentuk conditional sentence tipe tiga dan reported speech.

Baca Juga:
Belajar Past Participle Secara Lengkap di Sini!

Rumus yang Digunakan

Jika ingin membuat sebuah kalimat past perfect tense, maka kamu harus mengetahui rumusnya terlebih dahulu. Pola kalimat past perfect tense dibentuk dengan adanya had. Jadi kata tersebut digunakan untuk singular maupun plural subject.

Nah, sedangkan past participle dibentuk dengan tambahan -ed, -en, -d, -t, dan lain sebagainya. Pada base form berupa irregular verb dengan bentuk participle yang tidak konsisten.

Dalam past perfect tense, berikut rumus yang digunakan

  • Untuk Kalimat Positif (S + Had + past participle (V-3))
  • Kalimat negatif (S + Had + Not + past participle (V-3))
  • Kalimat tanya (Had + S + Past Participle (V-3))

Dengan menguasai rumus tersebut kamu bisa membuat kalimat past perfect tense. Bergabung dalam kursus bahasa Inggris akan memudahkan kamu untuk mempelajari tenses yang satu ini.

Baca Juga:
Contoh Kata Kerja untuk Present Tense

Fungsi Past Perfect Tense 

Past perfect tense memiliki beberapa fungsi yang digunakan untuk menunjukkan momen masa lalu, seperti berikut fungsi yang dimiliki.

  • Dapat menjelaskan momen yang sudah selesai. Tense ini ini dapat berfungsi untuk mengekspresikan di Aksi atau kejadian di masa lampau yang sudah selesai terjadi, sebelum moment lampau lainnya terjadi. Apabila kamu ingin membicarakan kondisi tersebut, bisa menyisipkan subordinate conjunction. 
  • Digunakan untuk menunjukkan intensitas dari sebuah kejadian. Keterangan waktu yang sering digunakan dalam Kejadian ini adalah frasa adverbial of frequency.
  • Dapat digunakan untuk reported speech. Secara sederhana kalimat ini akan disampaikan dari orang lain. Verb yang bisa digunakan adalah Said, Told, asked, dan lain sebagainya. 
  • Digunakan untuk membuat harapan. Jad past perfect tense ini dapat digunakan untuk membahasa masa lalu dengan angan-angan atau harapan loh. Rumus yang digunakan adalah (If + past perfect tense + would + have + past participle)

Jadi fungsi past perfect tense ini cukup banyak untuk digunakan sebagai kalimat dengan rumusnya. Apabila membutuhkan bimbingan untuk bisa menguasai pola kalimat past perfect tense dengan baik, kamu bisa bergabung dengan ICAN English, merupakan kursus bahasa Inggris berkualitas bagus dengan metode pembelajaran yang menyenangkan. Tertarik untuk bergabung?

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi