contoh kalimat wish

Contoh Kalimat Wish

Contoh kalimat wish sering kamu temukan untuk menyatakan harapan. Wish terdengar mempunyai makna yang hampir sama seperti hope, akan tetapi masih ada beberapa perbedaan.

Wish mempunyai kedudukan yang sama seperti halnya kata hope dalam kata bahasa Inggris. Keduanya, bisa berbentuk kata kerja atau verb, juga bisa menjadi kata benda atau noun. Jadi, bisa berbeda apabila posisinya sebagai verb atau sebagai noun.

Penggunaan Wish Dalam Bahasa Inggris

Supaya lebih jelas, kali ini ICAN English akan membagikan informasi lengkap tentang penggunaan kalimat wish dan apa saja contoh kalimat wish yang wajib kamu tahu.

Wish dalam bahasa Inggris dapat kamu gunakan untuk mengungkapkan atau menyatakan harapan yang tidak mudah atau terasa mustahil untuk bisa terjadi. Wish dapat kamu gunakan juga untuk mengungkapkan ekspresi pengandaian, keinginan secara sopan, dan mengucapkan doa. Itulah mengapa kata wish sering diucapkan pada acara pernikahan, acara sakral, acara ulang tahun, atau acara lainnya.

Baca Juga:
Contoh Kalimat Tanya Will

Contoh, kamu ingin membeli rumah tapi saat ini kamu belum punya tabungan sama sekali, maka kalimat yang tepat adalah menggunakan wish, sebagaimana berikut:

I wish I can buy a house.

Walaupun contoh kalimat wish hanya untuk doa atau harapan yang rasanya sangat sulit terkabul, tapi kemungkinan dapat terwujud apabila ada campur tangan Tuhan, sebagaimana contoh kalimat berikut:

  • I wish Mr. President were here = Aku berharap Tuan Presiden ada disini (Kenyataannya tidak ada, atau bahkan terdengar tidak mungkin karena merupakan publik figur).
  • I wish I could speak English = Aku berharap kamu bisa berbicara Bahasa Inggris. (Kenyataannya tidak punya kemampuan berbahasa Inggris).
  • I wish that I had a luxury car = Saya berharap saya mempunyai sebuah mobil mewah (Kenyataannya tidak punya)

Wish Dalam Bentuk Past dan Past Perfect

Contoh kalimat wish berikutnya yaitu dalam bentuk lampau, tetapi bukan berbicara hal-hal yang terjadi di masa lalu. Past tense wish digunakan ketika pembicaraan saat ini tidak sama dengan situasi yang diharapkan, sebagaimana contoh berikut:

  • Joanna wishes she could move to Bandung = Joanna berharap dia bisa pindah ke Bandung (Kenyataannya Joanna tidak bisa pindah ke Bandung, tapi tetap ingin pindah ke kota tersebut).
  • My daddy wish he had three day off this week = Ayahku berharap bisa memperoleh waktu tiga hari libur di minggu ini (Kenyataannya waktu libur tidak sesuai harapan, mungkin liburnya hanya satu atau dua kali dalam seminggu saja).

Baca Juga:
Contoh Kalimat Prohibition

Bentuk kalimat wish juga banyak sekali, selain berbentuk past tense bisa juga berbentuk past perfect. Past perfect tersebut dapat kamu gunakan untuk menyatakan penyesalan yang sudah terjadi di masa lampau. Berikut adalah contoh kalimat wish menggunakan bentuk past perfect:

  • They wish they had come earlier= Mereka berharap datang lebih awal (Sekarang mereka menyesal karena sudah terlambat datangnya).
  • They wish they had followed my advice =Mereka berharap mengikuti nasehatku (Sekarang mereka menyesal karena sudah mengabaikan nasehatku)

Itulah informasi lengkap tentang aturan dalam menggunakan kalimat wish dan contoh kalimatnya. Dengan demikian, kamu bisa latihan sendiri di rumah, mempelajari tentang penggunaan wish dan menerapkannya untuk latihan berbicara setiap hari.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web