contoh kata kerja untuk present tense

Contoh Kata Kerja untuk Present Tense

Contoh kata kerja untuk present tense adalah salah satu materi dasar yang harus kamu pelajari sebagai pemula. Materi ini memang sudah dibahas saat kamu duduk di bangku SMP ataupun SMA. Bagi anak kuliahan yang mengambil program studi Bahasa Inggris juga pasti akan memperoleh materi ini.

Sebagai materi dasar, belajar kata kerja present tense tidak boleh diremehkan begitu saja. Kamu harus mampu menguasai Simple Present Tense supaya dapat meningkatkan kemampuan penggunaan Bahasa Inggris sebagai alat komunikasi. Mengapa belajar simple present tense sangat penting? Karena kamu akan menemui tenses tersebut dalam dialog sehari-hari.

Kata Kerja Pada Present Tense Lengkap Dengan Artinya

Jika kamu ingin membuat contoh kata kerja untuk present tense, maka kamu harus menggunakan verb 1 atau disebut dengan present verb. Seperti yang kamu ketahui, terdapat tiga jenis verb dalam Bahasa Inggris, yaitu verb 1, verb 2, juga verb 3. Seluruh verb tersebut dikelompokkan berdasarkan penggunaan tenses.

Jadi, belajar Bahasa Inggris memang harus banyak belajar materi. Kalau kamu bingung harus mulai dari mana, kamu bisa menguasai Bahasa Inggris lebih cepat dan mudah dengan bantuan ICAN English. Menyediakan materi belajar lengkap, kamu juga bisa belajar bersama para tutor profesional.

Baca Juga:
Contoh Percakapan Simple Present Tense

Contoh kata kerja untuk present tense yaitu verb 1, sedsangkan untuk past verb yaitu verb 2 untuk simple past. Sedangkan penggunaan verb 3 yaitu untuk perfect tense. Jadi, pada pembahasann present tense, maka kamu fokus saja dengan verb 1.

Cara belajar membuat kalimat simple present tense adalah dengan menggunakan dua kelompok subject yaitu they, we, you, dan I, juga She, he, it. Berikut adalah contoh kata kerja pada penggunaan simple present tense dan artinya:

Kata KerjaArti Kata
They, We, You, IShe, He, It
BelieveBelievesPercaya
BuyBuysMembeli
CallCallsMemanggil
CatchCatchesMenangkap
CleanCleansMembersihkan
ComeComesDatang
DoDoesMengerjakan
DrinkDrinksMeminum
DreamDreamsBermimpi
EatEatsMemakan
EnjoyEnjoysMenikmati
FeedFeedsMemberi makan
FinishFinishesMenyelesaikan

Itulah contoh kata kerja present tense, semuanya menggunakan verb 1. Kamu bisa menggunakan kata kerja di atas untuk belajar membuat pola kalimat present tense sebagai bahan latihan di rumah.

Baca Juga:
Kalimat Aktif dan Pasif Simple Present Tense

Cara Menggunakan Kata Kerja

Agar kamu bisa menyusun kata-kata menjadi pola simple present tense, maka kamu harus belajar banyak tentang kata, frase, klausa, juga kalimat. Kata kerja dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris itu tidak jauh beda. Hanya saja, dalam Bahasa Inggris terdapat aturan penggunaan kata kerja.

Perbedaan bahasa indonesia dan bahasa inggris dari segi penggunaan kata kerja bisa dilihat pada contoh berikut. Misal, Ketika kamu menggunakan kata kerja Minum, maka kata kerja tersebut tidak akan berubah walaupun subjeknya berbeda.

  • Saya minum.
  • Dia minum.
  • Mereka minum.
  • Tom minum.

Namun, hal tersebut, tidak terjadi dalam penggunaan kata kerja Bahasa Inggris, terutama pada simple present tense. Dalam bahasa inggris, minum artinya Drink, yang kata kerjanya bisa berubah mengikuti subject, sebagaimana berikut:

  • I drink.
  • She drinks
  • They drink
  • He drinks
  • Tom drinks

Dalam Bahasa inggris, terdapat penambahan s/es sebagai akhiran kata kerja simple present tense jika subjeknya adalah she, it, dan he. Sedangkan untuk subjek I, they, you, we, maka tidak perlu ada tambahan s/-es di belakang verb.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web