contoh past perfect tense dan artinya

Contoh Past Perfect Tense dan Artinya

Agu 20, 2022 | Bahasa Inggris

Past perfect tense adalah sebuah tense yang digunakan untuk menyatakan bahwa sebuah aksi telah selesai pada suatu titik di masa lalu sebelum aksi lainnya terjadi. Aksi yang sudah terjadi ini bisa berlangsung hanya satu kali atau pun berkali-kali di masa lampau. Masih bingung? Yuk perhatikan contoh past perfect tense dan artinya di bawah ini supaya kamu lebih paham.

Past perfect tense merupakan gabungan dari simple past dan past perfect. Salah satu ciri khas dari past perfect tense adalah penggunaan auxiliary verb ‘had’ yang merupakan bentuk lampau have/has. Tidak seperti have/has, penggunaan auxiliary verb ‘had’ dapat digunakan untuk subjek singular maupun plural.

Baca Juga: PAST PERFECT TENSE: PENGERTIAN, RUMUS, DAN CONTOH

Rumus, Kegunaan, Serta Contoh Past perfect tense dan Artinya

Past perfect tense menggunakan had sebagai pengganti have/has. Had dalam kalimat past perfect ini akan diikuti oleh kata kerja bentuk ketiga (verb 3) atau past participle. Sehingga rumus yang digunakan Past perfect tense adalah (+) S + had + past participle (verb 3), (-) S + had + not + past participle (verb 3), dan (?) had + S + past participle.

Tenses menjadi salah satu materi dalam bahasa Inggris yang penting untuk diketahui. ICAN English menjadi salah satu kursus bahasa Inggris yang menyediakan kelas basic English di mana kamu bisa belajar berbagai materi bahasa Inggris dari dasar.

Past perfect tense bisa digunakan untuk membentuk conditional sentence tipe 3 dan reported speech. Selain itu, past perfect tense juga bisa digunakan untuk beberapa hal di bawah ini. Berikut kegunaan serta contoh past perfect tense dan artinya.

1. Menjelaskan Peristiwa yang Telah Terjadi

Fungsi pertama dari past perfect tense adalah untuk menjelaskan suatu kejadian telah terjadi dan selesai di masa lalu sebelum ada peristiwa lain yang mengikuti. Pada kondisi ini, dibutuhkan subordinate conjunction yang menjadi jembatan antara dua peristiwa tersebut. Rumusnya adalah after: simple past tense + after + Past perfect tense.

Before: Past perfect tense + before/by the time/when + simple past tense. Contoh kalimat pada fungsi pertama ini adalah After: I arrived at home at 08.00 PM after I had gone to Bandung (Saya sampai di rumah pada jam delapan malam setelah saya pergi ke Bandung). Before: The house had locked when I arrived here (rumahnya telah terkunci saat saya sampai disini).

2. Menjelaskan Frekuensi Peristiwa yang Telah Terjadi

Past perfect tense juga digunakan untuk menjelaskan seberapa sering sebuah peristiwa telah terjadi sebelumnya. Untuk menjelaskan hal ini, digunakan adverb of frequency dalam rumus kalimatnya. Untuk lebih jelasnya perhatikan rumus yang digunakan berikut.

Past perfect tense + adverb of frequency (twice/three times/everyday etc) + before + simple past tense. Contoh Past perfect tense dan artinya dalam fungsi ini adalah My sister had lost her phone twice before we moved to our new house (kakak saya kehilangan handphonenya dua kali sebelum kita pindah ke rumah baru).

3. Membuat Reported Speech

Reported speech adalah ungkapan yang bertujuan untuk memberitahukan sebuah kabar seseorang kepada orang lain dengan kamu sebagai pembawa berita tersebut. Ciri dari reported speech ini biasanya menggunakan verb said, told, asked, thought, wondered, dan lainnya.

Berikut contoh past perfect tense dan artinya untuk reported speech. My sister told me that our father had gone for work a few moment ago (kakak saya memberitahu bahwa ayah kami telah berangkat bekerja beberapa waktu lalu).

4. Menyatakan Harapan

Past perfect tense ternyata bisa pula digunakan untuk membuat harapan. Kalimat harapan ini dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah unconditional tense. Unconditional tense dalam Past perfect tense ini adalah type 3. Yaitu tipe kalimat yang menunjukan jika harapan yang diinginkan ini seharusnya bisa terjadi di masa lalu. Salah satu ciri unconditional tense adalah penggunaan if.

If + Past perfect tense +would/should/could/might + have + past participle (verb 3). Berikut contoh kalimatnya If Lili had got good score for my exam her mother would given me a gift (Jika Lili mendapat nilai bagus untuk ujian ibunya akan memberikan saya hadiah). Maksudnya adalah karena di masa lampau Lili tidak mendapat nilai bagus jadi ibunya tidak memberikan hadiah.

Baca Juga: CONTOH KALIMAT TANYA PAST PERFECT TENSE

5. Menjelaskan Sebuah Peristiwa Terjadi Sebelum Waktu Tertentu di Masa Lalu

Fungsi lainnya dari past perfect tense adalah menjelaskan sebuah peristiwa yang terjadi sebelum waktu tertentu di masa lalu. Dalam hal ini, kejadian dijelaskan sebelum waktu yang ditentukan.  Untuk memahaminya lebih jelas, kamu perlu mengetahui contoh kalimatnya terlebih dahulu.

Contohnya adalah Indonesia Raya had created before 1945 (Indonesia Raya diciptakan sebelum tahun 1945). Kejadian tersebut menceritakan kemerdekaan Indonesia, dijelaskan sebelum waktu yang ditentukan.

Itulah beberapa fungsi dan contoh past perfect tense dan artinya yang harus kamu ketahui. Past perfect tense ternyata bisa digunakan dalam berbagai kesempatan untuk mengungkap peristiwa masa lalu. Sudahkah kamu paham konsep past perfect tense?

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Bisakah Konversi Skor IELTS ke TOEFL?

Bisakah Konversi Skor IELTS ke TOEFL?

Konversi skor TOEFL ke IELTS memiliki klasifikasi dan tingkatannya masing-masing, mulai dari yang paling dasar hingga paling tinggi. Kedua tes tersebut sebenarnya cukup sulit untuk dibandingkan, karena memiliki keunikannya tersendiri. Selain itu, sistem...

3 Buku Terbaik Untuk Grammar Bahasa Inggris

3 Buku Terbaik Untuk Grammar Bahasa Inggris

Grammar merupakan salah satu aspek terpenting dalam mempelajari bahasa inggris. salah satu metode yang bisa kamu lakukan adalah belajar lewat media buku grammar bahasa Inggris. Metode tersebut bisa kamu pilih karena cenderung fleksibel dan bisa dilakukan dimana...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH