contoh penggunaan verb ing

Contoh Penggunaan Verb Ing

Penggunaan verb ing dalam Bahasa Inggris merupakan materi yang paling umum. Bahasa Inggris merupakan bahasa yang paling banyak dipakai di dunia, karena dianggap mudah dipelajari. Kamu bisa belajar dari grammar sampai kosa katanya.

Materi tersebut juga penting untuk kamu pahami, apabila ingin berbicara maupun menulis dalam Bahasa Inggris. Kamu juga bisa menjelaskan tentang tata kerja dalam Bahasa Inggris. Agar kamu tahu lebih banyak tentang verb ing, maka kamu bisa belajar materi dari ICAN English berikut.

Definisi Verb + Ing

Dalam Bahasa Inggris, verb adalah kata kerja. Verb + ing yaitu kata kerja, berfungsi menjelaskan keadaan yang sedang kamu kerjakan, atau dapat kamu sebut dengan present participle. Tidak hanya untuk present participle, tapi kamu juga bisa belajar tentang gerund sebuah kalimat. Keduanya adalah kata kerja, namun ada beberapa perbedaan.

Penggunaan verb ing dalam present participle adalah kata kerja dalam kalimat. Penggunaan kata kerja ing dalam gerund juga bisa merubah kata kerja jadi nomina kalimat. Contoh penggunaan verb ing pada present continuous tense adalah: Have a save flight, we are waiting for your arrival to our country, Indonesia.

Dalam penggunaannya, terdapat rumus continuous tense. Fungsinya adalah kata kerja yang sedang kamu kerjakan saat masa lampau, saat ini, juga saat masa depan. Ada tiga keterangan waktu juga 16 tenses Bahasa Inggris. keterangan waktu masa lalu yaitu past, saat ini yaitu present, dan masa mendatang yaitu future.

Tenses dalam Bahasa Inggris punya rumus masing-masing, semua bergantung tentang keterangan waktu yang kamu gunakan atau jelaskan. Terdapat 6 jenis tenses, termasuk continuous tenses juga tenses menggunakan verb ing. Contoh, kamu dapat menggunakan verb ing pada past continuous tense yaitu: She were waiting for you all day long.

Baca Juga:
Belajar Bahasa Inggris Verb 1 2 3

Contoh Penggunaan Verb Ing

Menggunakan formula verb ing dasar terbilang mudah. Kamu hanya perlu menggabungkan kata kerja dasar atau verb dengan imbuhan-ing. Kamu bisa memperhatikan contoh penggunannya sebagaimana berikut:

1. Drive + drive + ing

Drive dalam bahasa inggris artinya mengemudi, dengan adanya tambahan ing pada akhir verb, menandakan sedang mengemudi.

Contoh kalimatnya adalah berikut:

Anton was driving at 10 P.M.

Anton sedang mengemudi pada pukul 10 malam.

2. Present Participle & Gerund

Present participle juga gerund, dua-duanya adalah kata kerja. Akan tetapi, fungsi serta posisinya tidak sama. Gunakan verb ing pada gerund untuk mengikuti beberapa kata kerja seperti: hate, love, finish, start, keep, keep on, like, dont like, enjoy, maupun lainnya.

Kamu bisa belajar tentang present participle dan gerund pada contoh kalimat berikut:

I like eating super spicy meatball.

Unlike Johny who likes reading a lot, her sister loves watching movie.

Baca Juga:
Tenses yang Menggunakan Verb Ing

3. Verb Tense Ing

Verb tense ing merupakan penggunaan verb ing dalam tenses. Kamu juga mungkin telah mengetahui tentang continuous tense. Tetapi, ada berbbagai contoh kalimat yang menggunakan verb ing pada jenis tenses lainnya sebagaimana berikut:

I was listening on the music when they came – Past continuous tense

You should be learning before the test  – Future Continuous Tense.

Sekarang, kamu sudah tahu banyak hal tentang contoh penggunaan verb ing. Walaupun penggunaannya dalam Bahasa Inggris tampak mudah, tapi kamu harus benar-benar cermat dalam menggunakannya. Mungkin kamu pernah beranggapan menggunakan verb ing hanyalah dengan menambahkan imbuhan tersebut pada akhir kata.

Padahal, terdapat aturan dalam menggunakan verb ing. Apalagi tidak semua verb dapat kamu tambahkan imbuhan tersebbut. Beberapa contoh kata kerja yang tidak bisa kamu tambahkan verb ing adalah: prefer, notice, recognize, achieve, accompany, dan lainnya.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web