contoh penggunaan who whom whose dalam bahasa inggris

Contoh Penggunaan Who Whom Whose dalam Bahasa Inggris

Bagi para pemula, penggunaan kata bahasa Inggris memang sering membuat bingung. Penggunaan kata dalam bahasa Inggris sering memiliki cara yang berbeda sekalipun artinya tetap sama. Salah satu contoh yang banyak digunakan dan masih banyak yang tidak memahami adalah who, whom, dan whose. 

Tidak sedikit para pemula bingung menggunakan tiga kata tersebut. Tapi sangat penting untuk memahami penggunaan dengan tepat, sebab hal tersebut bisa mempengaruhi kemampuan kamu dalam menggunakan bahasa Inggris. 

Cara Menggunakan Who, Whom, dan Whose

Tidak perlu khawatir jika kamu masih belum memahami kata penggunaan who, whom, dan whose, sebab kami akan memberikan penjelasan yang mudah dipahami seperti berikut. 

Penggunaan Who

Pertama kita akan belajar untuk menggunakan kata who  dalam bahasa Inggris yang memiliki tujuan untuk menggantikan subjek orang dan tidak dilakukan pada benda. Jadi bisa diartikan bahwa who  memiliki arti “yang”  dan fungsinya untuk menjalankan maupun menunjuk subjek dari kalimat. Contohnya seperti berikut ya;

  • Do you know the people who live on Tugu Pahlawan Street? (Apakah kamu tahu orang yang tinggal di  Jalan Tugu Pahlawan?)
  • I talk to the man who was sitting next to me. ( Aku bicara kepada laki-laki yang tadi duduk di  di sampingku)

Digunakan untuk menggantikan subjek orang, ternyata kata who  juga dapat digunakan untuk menjelaskan kepemilikan dari objek. Biasanya untuk penggunaan ini setelah kata who  akan ditambahkan has atau is ya. Who yang menjelaskan kepemilikan biasanya akan disingkat menjadi who’s, seperti berikut contohnya;

  • Who is responsible for this?
  • My mother is the woman who is standing over there.
  • Tika does not know who has stolen her phone 
  • Saba Is a Girl Who has blonde hair 

Dengan beberapa contoh di atas diharapkan kamu sudah memahami penggunaan kata who  dalam bahasa Inggris yang digunakan menggantikan subjek atau menjelaskan kepemilikan objek.

Baca Juga:
Perbedaan Penggunaan Was dan Were

Penggunaan Whom

Setelah memahami penggunaan kata who dalam bahasa Inggris, kamu juga harus paham kata whom ya. Jadi kata ini  untuk object pronoun dan merujuk pada siapa yang akan menjadi objek dalam aktivitas ataupun kegiatan tertentu. 

Penggunaan whom  biasanya memiliki kedudukan yang sama seperti penggunaan kata me, you, us, him, dan lain sebagainya. Jadi jika ada yang bertanya seperti kalimat “with whom was Tika talking to?”  maka jawabannya bisa berupa it was me, it was him, it was Ryan, dan lain sebagainya. Misalnya contoh penggunaan seperti berikut;

  • It was Joni whom Sarah had gone with 
  • The people whom we visited gave us tea and a light snack
  • Joe is the gay whom Sabrina really likes

Dengan beberapa contoh penggunaan kata whom diatas  kamu bisa mempelajari penggunaannya yang tepat dalam aktivitas sehari-hari ya.

Baca Juga:
Kalimat Sapaan dalam Bahasa Inggris

Penggunaan Whose

Selanjutnya ada kata whose  tetapi tidak bisa diartikan begitu saja tanpa membahas kalimat yang ada dalam isinya. Jadi secara sederhana, whose  ini merupakan pronoun yang akan digunakan untuk menanyakan atau menyatakan sebuah kepemilikan.

Misalnya saja ada yang bertanya “whose shoes are these?”,  maka  orang tersebut sedang menanyakan kepemilikan dari sepatu yang telah ditunjuk. Jawabannya  yang bisa digunakan untuk pertanyaan tersebut misalnya seperti “they are mine” atau “those are Jack’s”. Jadi seseorang bisa menggunakan kata tersebut jika ingin tahu siapakah pemilik dari benda yang ditanyakan.

Misalnya contohnya seperti berikut;

  • Whose coat are you wearing?
  • Whose shoes is lost?
  • Whose bicycle is that?

Kata whose kata tidak hanya bisa digunakan dalam awal kalimat, tetapi bisa diletakkan pada tengah kalimat. Hal tersebut tidak akan merubah arti, peletakan whose  pada tengah kalimat juga memiliki fungsi untuk menjelaskan kepemilikan seseorang,  seperti berikut;

  • Diana is the girl whose hair is blonde
  • Mariana is the person whose shoes is lost.

Baca Juga:
Kata Ganti Milik Bahasa Inggris

Jadi dengan contoh tersebut kamu sudah bisa memahami penggunaan kata whose  yang memang ditujukan untuk menanyakan kepemilikan dari sebuah barang.

Penggunaan kata who, whom, dan whose  memiliki arti kata yang berbeda-beda sehingga kamu harus memahami sebelum menggunakannya. Kata who dapat digunakan menggantikan subjek orang, whom digunakan untuk siapa yang menjadi objek di aktivitas tertentu, dan whose digunakan untuk menanyakan kepemilikan.

Penutup

Agar lebih mudah untuk mempelajari berbagai macam materi dalam bahasa Inggris, baik untuk menggunakan kalimat maupun kata yang tepat maka kamu bisa bergabung dengan kursus bahasa Inggris profesional seperti ICAN English. Melalui kursus bahasa Inggris terbaik materi bisa disampaikan dengan mudah sehingga cepat memahami dan meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris kamu.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi