Phrasal verb dan artinya

Contoh Phrasal Verb dan Artinya

Jan 27, 2022 | Bahasa Inggris

Contoh phrasal verb merupakan materi Bahasa Inggris yang wajib kamu pelajari, khususnya jika kamu harus mengambil tes IELTS atau TOEFL. Kamu wajib menguasai kata yang satu ini dan terjemahannya.

Jika melihat Cambridge Dictionary, phrasal verb merupakan frasa bersifat verb. Bentuknya yaitu frasa, sehingga kata ini bisa dilengkapi dengan adverb dan preposition, tidak cuma verb saja. Kata ini juga bisa kamu susun dengan dua atau tiga sekaligus, sesuai kebutuhan frasa.

Verb yang digunakan pada phrasal verb bisa mengalami perubahan makna. Contohnya, look for adalah phrasal verb yang bermakna mencari. Padahal, frasa tersebut dari kata look yaitu melihat, dan for berarti untuk. Sehingga, kata ini pasti punya makna berbeda dengan kata dasarnya.

Baca Juga: PERBEDAAN KALIMAT VERBAL DAN NOMINAL

Phrasal Verb dan Artinya

Dalam Bahasa Inggris, terdapat dua cara untuk mengetahui arti kata ini, yaitu literal ataupun idiomatic meaning. Literal meaning maksudnya punya arti yang benar-benar jelas. Sementara itu, idiomatic meaning maksudnya adalah arti berbeda dengan asal kata.

1. Literal Meaning

Literal meaning tidak terdapat perubahan makna besar. Contoh menggunakan literal meaning yaitu come across, pay for, write down, look up, walk through, dan sebagaimanya. Berikut adalah contoh literal meaning:

  • Look up at the roof and see the lizards
  • I write down all the notes on my book.
  • I have cleaned our house, so please take off your sandal before you in.
  • We come across the country to meet you.

Kata yang bercetak tebal merupakan contoh prhasal verb, berikut adalah artinya:

Pay for – membayar

Look up – Lihatlah

Write down – Menulis

Take off – Lepaskan

Come across – Datang dari

2. Idiomatic Meaning

Contoh phrasal verb idiomatic meaning mengalami perubahan sangat besar. Beberapa contohnya, yaitu: look for, figure out, dress up, drop out, count on, dan lainnya. Berikut adalah contoh kalimat yang perlu kamu tahu:

  • Joanna, please help me to look for my wallet!
  • I need to figure out the problem before the end of this year
  • We are counting on you!
  • I dropped out of the university two years ago

Kata yang bercetak tebal merupakan phrasal verb dan berikut adalah artinya:

Look for – Mencari

Figure out – Mencari tahu

Counting on – Mengandalkan

Dropped out – Keluar

Baca Juga: MENGENAL PENGGUNAAN VERB 3 DAN CONTOHNYA

Tips Menggunakan Phrasal Verb Dalam Kalimat

Setelah mempelajari tentang contoh phrasal verb dan artinya, kamu mungkin merasa ini adalah materi yang sulit. Padahal, kata ini dapat kamu gunakan lebihh mudah jika dibandingkan dengan verb asli sinonimnya. Kata yang satu ini justru versi termudah suatu verb. Itulah mengapa banyak orang menggunakannya dalam konteks informal.

Fungsi pertama untuk kata ganti dari verb aslinya. Namun, ada beberapa kata yang tidak cocok kamu gunakan dalam conversation informal seperti fasten, search, interrupt, discard, dan lainnya. Untuk itu, kamu bisa menggantinya dengan look for, do up, do away with, ataupun break in.

Berbeda dengan penggunaan verb yang kaku, kamu bisa mamakai kata ini dengan cara dipisah atau digabung. Ketika menggunakan kata ini, kamu harus menambahkan noun atau pronoun setelah verb utama.

Walaupun kamu ingin meletakkan kata ini dengan cara dipisah, kamu tidak boleh sembarangan meletakkan noun atau pronoun pada tengah-tengah phrasal verb. Akan tetapi, tidak boleh meletakkan noun phrase di tengah phrasal verb karena bisa mengurangi tingkat keterbacaan kalimat.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

5 Layanan Terjemahan Bahasa Inggris Terbaik, Mengartikan Jadi Mudah

5 Layanan Terjemahan Bahasa Inggris Terbaik, Mengartikan Jadi Mudah

Saat ini, kamu tidak perlu harus membawa kamus kemanapun pergi jika ingin mengartikan bahasa inggris. Adanya teknologi memudahkan siapapun yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa inggris dengan cara memanfaatkan berbagai situs atau layanan terjemahan. Hanya dengan...

3 Game Online Seru untuk Belajar Bahasa Inggris

3 Game Online Seru untuk Belajar Bahasa Inggris

Memainkan game seru untuk belajar bahasa inggris adalah sarana belajar sambil bermain yang kekinian, praktis, dan menyenangkan. Main game sambil belajar juga merupakan cara terbaik menikmati me time tetapi sambil mendapatkan materi pembelajaran baru. Sehingga,...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH