belajar countable and uncountable noun dalam bahasa inggris

Belajar Countable and Uncountable Noun dalam Bahasa Inggris

Jika kamu bisa menghitung jumlah apel dalam satu keranjang, apakah kamu bisa menghitung nasi dalam satu piring? Itulah mengapa, dalam Bahasa Inggris terdapat materi countable and uncountable noun. Apel dalam Bahasa Inggris termasuk dalam kategori benda yang dapat dihitung jumlahnya, atau countable noun. Berbeda dengan bulir beras yang tidak bisa dihitung jumlahnya atau disebut uncountable noun.

Materi pembelajaran ini termasuk dalam salah satu pembahasan Bahasa Inggris kelas tujuh. Agar kamu lebih jelas, simak beberapa penjelasan serta contoh countable and uncountable noun berikut.

5 Penjelasan Countable Noun

Jika kamu dapat menghitung jumlah satuan suatu benda secara langsung, maka itu disebut sebagai countable noun. Contohnya, one apple, two apples, dan lainnya. Countable noun  juga ditandai dengan adanya tambahan artikel “a” atau “an”, seperti contoh an egg, an umbrella, a chair, a bag, a bottle, dan lainnya.

Countable noun juga mempunyai bentuk jamak yang masih bisa dihitung walaupun jumlahnya banyak, seperti contoh:

  • Box – boxes (kotak)
  • Dog – dogs (anjing)
  • Man – men (orang)
  • Coin – coins (koin)
  • Glass – glasses (gelas)
  • Baby – babies (bayi)

Bagaimana cara menggunakan countable noun dalam kalimat? Berikut adalah penjelasan lengkap dengan contohnya:

1. One, Two, Three…

Dalam penggunaan countable noun, disertai dengan angka (one, two, three…) seperti contoh berikut: Budi wants to buy three apples.

Apple atau apel adalah noun yang bisa dihitung jumlahnya.

2. Many

Selain nominal angka, jika ingin menyatakan atau bertanya berapa jumlah benda yang termasuk dalam kategori countable nouns, kamu bisa menggunakan “many”, berikut contohnya: How many books does Mr. Ghani have?

Pada contoh di atas, penggunaan many digunakan setelah countable nouns yaitu books. Books adalah countable noun karena memang jumlahnya dapat dihitung.

3. Number Of…

Kamu juga bisa menyatakan kalimat dengan countable noun ketika menambahkan kata number, seperti berikut: Our company has a large number of workers this year.

4. Few

Bagaimana jika kamu ingin menyatakan bahwa “kamu hanya mempunyai sedikit teman di Bali”? Kata apa yang paling tepat untuk menunjukkan makna “sedikit” pada kalimat countable noun? Untuk menyatakannya, kamu harus menggunakan kata few, bukan little seperti contoh berikut: I only have few friends in Bali.

5. A/An, Any dan How Many

Ketika ingin membuat kalimat tanya menggunakan countable nouns, kamu bisa menggunakan kata a/an, any, dan how many, seperti contoh berikut:

  • Is there any email for me?
  • Are there any books?
  • How many shoes do you have?

Baca Juga: Kata Sisipan dalam Bahasa Inggris

6 Penjelasan Uncountable Noun

Uncountable noun atau kata benda yang tidak bisa dihitung jumlahnya disebut juga sebagai mass nouns. Jenis kata benda ini menunjukkan sifat benda yang mempunyai satu bentuk, seperti contoh air atau water. Kamu tidak bisa menyebutkan one water, two waters, three waters…Sehingga, kamu harus menggunakan sisipan seperti some water, a glass of water, atau a tank of water.

Selain water, ada juga noun lainnya yang termasuk dalam kategori uncountable noun seperti: love, cheese, tea, music, air, coffee, money, rice dan lainnya. Beberapa kata benda yang masuk dalam kategori uncountable noun mempunyai ide abstrak, seperti: sadness, love, hate, knowledge, fun,dan lainnya. Berikut adalah beberapa penjelasan uncountable noun dan contohnya:

1. Much

Salah satu perbedaan countable and uncountable noun adalah ketika ingin menyatakan sesuatu yang sangat banyak. Countable noun diletakkan setelah kata many seperti many books. Pada uncountable noun, bukan many yang gunakan, tetapi much, seperti contoh berikut:

Julia does not have much food in her backpack.

2. Amount

Jika dalam countable noun, kamu bisa menggunakan kata “Number” ketika ingin menyatakan makna “sejumlah”, pada uncountable noun kamu dapat menggunakan kata “amount”, seperti contoh berikut:

Our company has a large amounts of money to start a new business.

3. Little

Pada uncountable noun, gunakan little ketika ingin menyatakan hal yang sedikit jumlahnya.Misalnya, kamu membutuhkan bantuan kecil orang lain karena kesulitan menyelesaikan suatu masalah walaupun kamu sudah berusaha mencobanya. Maka, kamu bisa menyatakannya seperti contoh kalimat berikut:

I  need your little help right now, please.

4. Less

Less dan fewer mempunyai makna yang sama, artinya adalah “lebih sedikit”. Tetapi, less hanya boleh dipasangkan dengan uncountable noun, seperti contoh berikut:

Budi spends less time playing football lately.

5. Some and Any

Kedua kata ini mempunyai makna sama, yaitu “beberapa”. Kamu bisa menggunakan some dan any ketika ingin menyebutkan kata benda yang mempunyai jumlah tidak tentu, seperti contoh berikut:

Joanna has some questions.

6. Any dan How Much

Ketika ingin membuat kalimat tanya menggunakan uncountable nouns, kamu bisa menyatakannya dengan “any” atau “how much”, sebagaimana contoh berikut:

  • Is there any food?
  • How much avocado juice is here?

Contoh lainnya ketika ingin menggunakan uncountable nouns adalah: a bowl of rice, some milk, atau any food. Lots of atau a lot of dapat digunakan dalam kalimat countable noun and uncountable noun seperti contoh berikut:

There are lots of oranges on this basketOranges adalah countable noun.
We can see a lot of snow here!Snow adalah uncountable noun

Penggunaan kata “a lot” umumnya digunakan dalam kalimat positif, bukan menggunakan “many” atau “much”. Dalam bentuk kalimat negatif, kamu bisa menggunakan “not many” dengan countable noun dan “not much” dengan uncountable nouns seperti contoh berikut:

There are  a lot of mangos, but there aren’t many carrotsMangos dan carrots adalah countable nouns.
There’s lots of water but there isn’t much food.Water dan food adalah uncountable nouns.

Jadi, apakah kamu sudah bisa membedakan countable dan uncountable noun pada kalimat dan aturan menggunakannya? Gunakan countable noun jika kamu ingin menyebutkan benda yang bisa dinyatakan dalam angka, mempunyai bentuk tunggal dan jamak, mempunyai angka atau artikel, serta diawali dengan kata seperti many, few, several, atau lainnya.

Kapan harus menggunakan uncountable nouns? Gunakan kata benda tersebut apabila kamu tidak bisa langsung menyatakannya dalam angka, tidak punya bentuk jamak, dan sering diawali oleh kata much, a lot, dan some.

Ingin belajar lebih mudah? Yuk, gabung di kelas General English di ICAN English. Kamu bisa belajar lebih banyak materi penting yang akan meningkatkan kemampuan berbahasa inggris baik untuk kebutuhan akademik ataupun berkarir. Tutor profesional akan membuat suasana belajar jadi lebih seru! Btw, banyak program tersedia untuk level beginner hingga level advanced, loh!

Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web
Website