Kata sisipan dalam bahasa Inggris

Kata Sisipan dalam Bahasa Inggris

Jan 19, 2022 | Bahasa Inggris

Kata sisipan dalam Bahasa Inggris atau infix merupakan bagian dari Affix. Affix adalah elemen kata dengan penambahan awalan atau prefix, akhiran atau suffix, dan juga infix atau sisipan dalam kata dasar untuk pembentukan kata baru.

Syarat menggunakan kata sisipan atau infix adalah menambahkannya pada bagian tengah sebuah kata sehingga bisa memperoleh makna kata baru. Infix bisa berupa kata atau bisa juga kelompok kata. Agar lebih jelas, kamu bisa mempelajari semua tentang kata sisipan dari materi di bawah ini.

Baca Juga: SPOK DALAM BAHASA INGGRIS

Penggunaan Infix

Kata sisipan dalam Bahasa Inggris atau infix yaitu imbuhan (affix) disisipkan pada bagian tengah kata, fungsinya memodifikasi makna kata. Berbeda dengan suffix atau prefix, bahasa inggris jarang menggunakan infix. Banyak ahli menyebutkan Bahasa Inggris justru tidak mempunyai infix.

Tambahan infix dalam Bahasa Inggris biasanya untuk noun, ditambahkan “s” untuk merubah sifatnya agar bermakna plural atau jamak. Berikut adalah contoh kata sisipan dalam Bahasa Inggris:

Passerby (orang lewat – singular)

Passersby (orang lewat – plural)

Sekarang, kamu bisa memperhatikan contoh berikut:

The police looks at all the passersby.

Handful – Segenggam

Handsful – Segenggam penuh

We found handsful of coin from this cupboard.

Cupful – Secangkir

Cupsful – Secangkir penuh

Joanna asks me cupsful of tea

Tujuan penggunaan infix sebagai kata sisipan dalam Bahasa Inggris adalah:

  • Digunakan untuk situasi non formal atau informal
  • Kata sisipan infix sebelum suku kata menerima lebih banyak tekanan. Serta tidak bisa dimasukkan pada tempat lain dalam kata.

Dalam Bahasa Inggris formal, tipe utama infix dalam kata adalah dengan plural yang tidak biasa. Tujuannya juga untuk membuat kata plural dalam Bahasa Inggris lebih mudah dengan meletakkan huruf “s” pada bagian akhir. Bagaimanapun, terdapat beberapa kata dengan tambahan “s” berada pada bagian tengah kata.

Baca Juga: TIPS BELAJAR KOSAKATA BAHASA INGGRIS

Perbedaan Infix, Prefix, dan Suffix

Sekarang, kamu sudah tahu kata sisipan dalam Bahasa Inggris atau infix. Dengan tambahan –s pada kalimat seperti passers-by, cupsful, sons-in-law, dan mothers-in-law.

Berbeda dengan infix, prefix merupakan awalan, bisa berbentuk kata ataupun kelompok kata pada awal kata dan mampu membentuk kata maupun arti baru. Contoh prefix adalah anti-, auto-, de-, dis-, down-, extra-, dan lainnya. Misalnya dari kata war, menjadi anti-war, racist, menjadi anti-racist, dan lainnya.

Berikutnya, terdapat suffix yaitu akhiran, bisa berupa kata maupun kelompok kata pada akhir kata untuk membentuk kata dan arti baru. Apabila ada kata yang ditambahkan suffix, maka kata tersebut mempunyai kelas kata berbeda.

Contoh kata beauty, bisa ditambah dengan akhiran –ful, sehingga akan menjadi beautiful. Contoh lainnya yaitu heavy ditambah dengan akhiran –ness, maka akan menjadi heaviness.

Itulah informasi lengkap tentang kata sisipan dalam bahasa inggris atau yang disebut dengan infix. Dengan informasi ini, kamu jadi tahu bahwa infix, prefix, dan suffix tidak sama, namun ketiganya merupakan bagian dari affix.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Belajar Bahasa Inggris yang bagus adalah dengan menyematkan tingkatan sesuai dengan kemampuan. Tingkatan yang paling mahir dikenal dengan tingkat Expert. Tentu saja untuk bisa sampai ke level tersebut kamu perlu belajar dengan extra giat dan teratur supaya bisa sampai...

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Kursus Bahasa Inggris saat ini bisa kamu temukan dengan sangat mudah. Di berbagai kota bahkan secara online juga membuka kursus Bahasa Inggris bagi siapapun. Akan tetapi, dengan banyaknya tempat kursus Bahasa Inggris kamu juga harus bisa menyeleksi mana yang paling...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH