Belajar Ungkapan "Dia" dalam Bahasa Inggris Selain Untuk Orang

Belajar Ungkapan “Dia” dalam Bahasa Inggris Selain Untuk Orang

Tata bahasa Inggris menyatakan bahwa orang-orang disebut sebagai ‘she’ atau ‘he’. Dalam banyak bahasa, seperti Perancis, Jerman, Spanyol, dll., objek memiliki gender. Dengan kata lain, sesuatu disebut sebagai ‘he’ atau ‘she’. Siswa bahasa Inggris perlu mempelajari tentang dia dalam Bahasa Inggris.

Umumnya, She dan He yang maknanya dia, sering digunakan untuk menunjukan subjek orang, seperti contoh berikut:

  • Ratih is a new teacher, and she is from Malang.
  • Joko is our new librarian. He is from Klaten.

Jika kamu sering mendengar she atau he disebut untuk seseorang, namun kata ini juga bisa digunakan untuk kata selain orang.

Penggunaan Dia dalam Kalimat Bahasa Inggris

Tahukah kamu bahwa, kamu bisa menggunakan kata dia (she atau he) dalam kalimat Bahasa Inggris selain untuk orang? She dan he bahkan dapat digunakan untuk merujuk pada kata benda lain, seperti hewan dan negara.

Baca juga:
Penggunaan Ed Dalam Bahasa Inggris

Menggunakan She dan He untuk Hewan

Saat merujuk pada hewan, banyak orang mengalami masalah. Haruskah menyebut hewan dengan ‘she’ atau ‘he’? Saat berbicara tentang binatang dalam bahasa Inggris gunakan ‘it’. Namun, ketika berbicara tentang hewan peliharaan atau hewan peliharaan, biasanya menggunakan ‘he’ atau ’she’.

Sebenarnya, hewan harus selalu menggunakan kata ‘it’. Namun, penutur asli umumnya melupakan aturan tersebut ketika berbicara tentang kucing, anjing, kuda, atau hewan peliharaan lainnya.

My dog is so friendly, she will say hi to anyone.

My cat loves running, and when I take him to the beach, he runs here and there.

Hewan liar biasanya menggunakan ‘it’ ketika dibicarakan secara umum.

Look at the zebra. It’s so beautiful!

That horse looks like it’s very strong.

Penggunaan Antropomorfisme pada Hewan dan Kendaraan

Antropomorfisme  kata benda: Atribusi karakteristik atau perilaku manusia kepada dewa, hewan, atau objek.

Kamu mungkin sering mendengar binatang liar disebut ‘she’ atau he’ dalam film dokumenter. Film dokumenter satwa liar mengajarkan tentang kebiasaan hewan liar dan menggambarkan kehidupan dengan cara yang dapat dipahami manusia. Jenis bahasa ini disebut sebagai ‘antropomorfisme’. Berikut beberapa contohnya:

The bull challenges anyone. He surveys the herd. (bull – male cow)

Antropomorfisme juga digunakan pada beberapa kendaraan seperti mobil dan perahu. Beberapa orang menyebut mobilnya dengan sebutan “she”, sedangkan pelaut biasa menyebut kapal dengan “he”. Penggunaan kata “dia” pada beberapa mobil dan perahu mungkin disebabkan oleh kedekatan manusia dengan benda-benda tersebut.

Banyak orang menghabiskan waktu berjam-jam dengan mobilnya, sementara pelaut menghabiskan sebagian besar hidupnya di atas kapal. Mereka mengembangkan hubungan pribadi dengan objek-objek ini dan memberi mereka ciri-ciri manusia, inilah yang disebut antropomorfisme.

We have had this car for five years. She looks gorgeous all the time!

The ship was released twenty years ago. She was busy around the world.

Baca Juga:
Pembahasan Lengkap Perbedaan She Dan He

Negara

Dalam bahasa Inggris formal, terutama dalam publikasi tertulis yang lebih tua, negara-negara sering disebut dengan kata feminine ’she’. Kebanyakan orang menggunakan ‘it’ di zaman modern. Namun, penggunaan kata ‘she’ masih cukup umum dalam suasana yang lebih formal, akademis, atau terkadang patriotik.

Misalnya, beberapa lagu patriotik di AS mengandung referensi feminin. Penggunaan dia untuk negara adalah hal biasa karena menceritakan negara yang dicintai seseorang.

Ah France! Her lovely culture always calls us back!

This is our new ship, he looks gorgeous!

Belajar Penggunaan Dia dalam Bahasa Inggris

Sekarang, kamu sudah mengetahui apa saja penggunaan dia dalam Bahasa Inggris, baik he dan she, selain dalam wujud orang. Kamu bisa menggunakan keduanya, she dan he, untuk kata ganti hewan peliharaan, kendaraan, hingga negara tertentu. Pemahaman ini juga dapat menjawab rasa penasaran kamu tentang alasan mengapa kendaraan harus menggunakan kata ganti “he”, daripada “it”.

Kamu juga dapat mempelajari hal-hal lainnya yang akan menjawab pertanyaan kamu tentang aturan penggunaan Bahasa Inggris di ICAN English. Kelas-kelas yang kami sediakan dirancang khusus untuk memberikan motivasi dan dukungan bagi semua siswa. Dari kelas beginner hingga kelas advanced bisa belajar di tempat kursus Bahasa Inggris kami!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.