Penggunaan Ed Dalam Bahasa Inggris

Penggunaan Ed Dalam Bahasa Inggris

Bahasa Inggris merupakan bahasa yang sangat mengesankan karena tata bahasa yang rumit. Salah satu konstruksi grammar yang paling sering digunakan adalah penggunaan ed dalam Bahasa Inggris.

Akhiran -ed dibentuk dengan menambahkan imbuhan tersebut pada kata kerja. Bentuk ini digunakan untuk menunjukkan past tense dan past participle dalam kata kerja Bahasa Inggris. 

Memahami penggunaan -ed Bahasa Inggris sangat berguna. Kamu akan dapat menggunakan ekspresi berbagai kejadian yang berlangsung di masa lalu, atau mendeskripsikan hal lain yang sedang berlangsung pada saat itu.

11 Aturan Penggunaan Ed dalam Bahasa Inggris

Berikut adalah beberapa aturan penggunaan ed dalam Bahasa Inggris:

1. Akhiran Konsonan

Jika sebuah kata kerja diakhiri dengan konsonan, maka penambahan imbuhan -ed diberikan pada base verb, seperti contoh berikut: work menjadi worked; help menjadi helped.

Baca juga : Panduan Belajar Akhiran Dalam Bahasa Inggris

2. Akhiran Vowel

Jika sebuah kata kerja berakhiran vowel, maka penambahan -ed hanya berlaku pada bagian verb stem. Bahkan dapat merubah spelling dan pronunciation, seperti contoh berikut: dance menjadi danced.

3. Akhiran -e

Kata kerja dengan akhiran -e, maka akan mendapatkan imbuhan -d untuk bagian base verb, seperti contoh berikut: like menjadi liked.

4. Akhiran -ee

Kata kerja yang berakhiran dengan ee, tambahkan dengan “d” pada bagian verb stem, seperti contoh berikut: agree menjadi agreed.

5. Akhiran “y”

Rubah akhiran “y” menjadi “i”, dan tambahan imbuhan “ed” pada verb stem jika kata kerja berakhiran “y” dan akhiran tersebut diikuti sebuah konsonan, sebagaimana contoh berikut: study menjadi studied.

6. Double Consonants

Jika kata kerja diakhiri dengan bunyi vowel pendek, gandakan huruf konsonan di akhir sebelum menambahkan “ed”, contohnya: stop menjadi stopped. Kiss menjadi kissed.

7. Doubling “l”

Jika kata kerja berakhiran “l” dan diikuti oleh bunyi vowel pendek, gandakan “I” sebelum menambahkan “ed”, seperti contoh: travel menjadi traveled.

8. Akhiran “-ic”

Tambahkan “ked” untuk kata kerja berakhiran -ic, seperti contoh: panic menjadi panicked.

9. Irregular verbs

Irregular verbs memiliki bentuk past tense dan past participles yang tidak diikuti oleh peraturan biasanya, misalnya: go menjadi went; eat menjadi eaten.

10. Invariable verbs

Beberapa kata kerja memiliki bentuk invariable di past tense, seperti contoh: put menjadi put, read menjadi read.

11. Formasi Adjectives menggunakan “ed”

Akhiran “ed” digunakan untuk menciptakan kata sifat dalam Bahasa Inggris. Bentuk ini menggambarkan kondisi atau perasaan yang muncul karena adanya tindakan. Adjective juga sering digunakan untuk memodifikasi kata kerja dalam kalimat, seperti contoh berikut: excite menjadi excited, interest menjadi interested.

Baca Juga:
Belajar Aturan Penambahan s/es
Akhiran ED Dalam Bahasa Inggris

Pentingnya Belajar Grammar Bahasa Inggris 

Akhiran -ed adalah bagian penting dalam Bahasa Inggris grammar yang membantu mengungkapkan past events dan menggambarkan feeling atau kejadian. Pemahaman penggunaan -ed mendukung keterampilan komunikasi dan pembelajaran bahasa.

Belajar grammar akan lebih mudah jika kamu dipandu oleh tutor yang tepat. Pastikan belajar grammar bersama orang yang sudah berpengalaman, agar kamu mendapatkan penjelasan aturan penggunaannya.

Di ICAN English, kamu juga dapat memilih kursus Bahasa Inggris untuk meningkatkan keterampilan grammar, termasuk imbuhan -ed, -ing, -er, dan lainnya. Dengan ikut kegiatan belajar secara intensif di kelas kami, kamu akan lebih mahir menggunakan Bahasa Inggris.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.