duolingo english test, seperti apa?

Duolingo English Test, Seperti Apa?

Jenis tes untuk proficiency semakin banyak disediakan. Tes yang paling umum adalah TOEFL dan IELTS. Selain kedua jenis tes tersebut, sekarang sudah ada DET atau Duolingo English Test. Istilah Duolingo mungkin sudah banyak diketahui. Terutama bagi orang-orang yang sedang belajar bahasa Inggris. Duolingo menjadi aplikasi belajar bahasa Inggris terpopuler.

Saat ini, Duolingo memiliki tes untuk proficiency bahasa Inggris. Tes yang diberikan oleh DET ini tidak jauh berbeda dengan IELTS dan TOEFL. Namun, tentunya, terdapat beberapa perbedaan. Walau begitu, sertifikasi dari tes Duolingo ternyata bisa dipakai sebagai dokumen persyaratan kuliah di luar negeri. Sehingga, tidak ada salahnya kamu mencoba tes Duolingo.

Informasi Lengkap Tentang Duolingo English Test

Walaupun nama Duolingo sudah cukup banyak diketahui masyarakat. Namun, belum banyak orang yang mengetahui informasi dan sistem tes dari DET ini. Jika kamu berminat mendapatkan sertifikasi dari tes Duolingo.

Jika kamu berminat mengikuti Duolingo English Test, sebaiknya lakukanlah persiapan terlebih dahulu. Kamu dapat mengikuti kursus atau bimbel. Misalnya adalah di ICAN English, yang menyediakan kelas khusus Duolingo. Tempat kursus ini memiliki tutor berpengalaman dan fasilitas lengkap. Sehingga bisa dijadikan pilihan untuk tempat kursus.

Baca Juga:
Cara Daftar Duolingo English Test

Durasi dan Pelaksanaan Tes Duolingo

Duolingo English Test memiliki durasi pengerjaan yang berbeda dengan TOEFL dan IELTS. Untuk TOEFL dan IELTS, rata-rata durasi pengerjaannya adalah selama 3,5 jam. Sedangkan untuk tes Duolingo ini durasinya hanya sebentar. Kamu hanya akan menghabiskan durasi waktu selama 1 jam untuk melakukan tes.

Tes Duolingo ini bisa dilakukan secara online. Kamu hanya perlu mempersiapkan perangkat yang mendukung, seperti laptop, speaker, microphone, webcam, serta koneksi internet. Tes Duolingo ini sudah menggunakan teknologi komputer adaptif. Sehingga, kesulitan soalnya bisa disesuaikan tergantung peserta tesnya.

Tipe Soal yang Akan Diuji di Tes Duolingo

Untuk tipe soal yang diujikan tidak jauh berbeda dengan TOEFL dan IELTS. Peserta akan diberikan soal untuk skill listening, reading, speaking, dan writing. Untuk soal listening, peserta akan diberikan audio dan soalnya adalah menulis pernyataan berdasarkan apa yang didengar. Selain itu, terdapat juga soal yang menguji kemampuan kosakata bahasa Inggris.

Dalam soal tersebut, peserta akan diminta memilih kosakata bahasa Inggris yang benar. Untuk bagian writing, peserta akan diberikan beberapa gambar. Lalu, gambar tersebut harus dideskripsikan menggunakan bahasa Inggris dan jumlah kata tertentu. Terakhir adalah bagian speaking, peserta akan diberikan beberapa teks. Lalu, akan diminta membaca teks tersebut.

Skoring dari Tes Duolingo

Skoring untuk Duolingo English Test ini dibagi menjadi empat. Diantaranya adalah literacy, conversation, comprehension, dan production. Skala skor yang akan diberikan adalah 10 sampai dengan 160. Skala skor tersebut ditujukan untuk overall score. Selain nilai keseluruhan, di sertifikat tes Duolingo pun akan diberikan skor dari keempat aspek yang sudah disebutkan.

Jika kamu mendapatkan skor 120-160, maka dikategorikan sebagai advanced. Artinya, kemampuan bahasa Inggris sudah kompleks dan cukup profesional. Skor 90-115 dikategorikan sebagai upper intermediate. Artinya, dapat berkomunikasi dengan baik dalam bahasa Inggris. Namun, levelnya belum profesional seperti pada tingkatan atau level advanced.

Cara Mendaftar Tes Duolingo

Untuk mendaftar DET, kamu harus mempersiapkan beberapa berkas persyaratan terlebih dahulu. Diantaranya adalah tanda pengenal (KTP/SIM), perangkat pendukung, dan koneksi internet. Setelah itu, kunjungi situs resmi Duolingo. Setelah itu, masukkan alamat email dan beberapa data diri. Lalu, akan terdapat laman survei yang harus kamu isi.

Setelah mengisi survei, kamu dapat langsung membuat akun Duolingo. Di halaman berikutnya, akan terdapat beberapa opsi tes. Kamu juga bisa mengambil tes gratis dengan durasi 15 menit. Namun, tidak akan mendapatkan sertifikasi seperti DET. Jika kamu akan mengambil DET, maka diharuskan membayar sebesar Rp. 732.000 menggunakan debit, kredit, atau paypal.

Baca Juga:
IELTS Atau TOEFL IBT, Mana Lebih Sulit?

Keuntungan Memilih Duolingo English Test

DET memiliki beberapa keuntungan untuk diikuti. Karena sertifikasinya ini setara dengan TOEFL dan IELTS. Namun, durasi waktu pengerjaannya jauh lebih sebentar. Kamu dapat menggunakan sertifikasi DET untuk mendaftar kuliah ke luar negeri.

Salah satu keuntungan paling signifikan dari tes ini adalah kemudahan bagi siswa untuk mendaftar. Seseorang bahkan dapat mendaftar untuk ujian 10 menit sebelum ujian dimulai.

Manfaat DET berikutnya adalah siswa tidak perlu memberikan kualifikasi akademiknya untuk mengikuti ujian. Seseorang dapat mengikuti ujian dari mana saja di dunia. Namun, pelamar harus memastikan bahwa tes Duolingo yang mereka ikuti diterima oleh institusi yang mereka lamar. Tes Duolingo terbuka untuk semua orang yang berusia di atas 13 tahun.

Tes Duolingo lebih terjangkau dibandingkan Tes Kemahiran Bahasa Inggris lainnya seperti IELTS, TOEFL, PTE dan lainnya.

Keunggulan lain dari tes Duolingo adalah tidak memuat soal-soal panjang seperti ujian lainnya seperti IELTS dan TOEFL. Walaupun memuat bagian yang sama, seperti mendengarkan, membaca, menulis dan berbicara tetapi soal-soalnya berbeda dengan ujian lainnya.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi