Farasa dalam bahasa Inggris

Mengenal Frasa dalam Bahasa Inggris

Agu 15, 2022 | Bahasa Inggris

Frasa dalam bahasa Inggris adalah salah satu bagian dari tata bahasa, berhubungan erat dengan sekelompok kata yang tidak termasuk dalam golongan subjek ataupun kata kerja. Frasa merupakan gabungan atau pasangan berbagai kata bahasa Inggris yang mempunyai makna tetapi tidak memiliki pola kalimat Subject + Verb.

Jika sebuah klausa memerlukan pasangan subjek dan kata kerja, namun hal tersebut tidak berlaku untuk membuat frasa. Selain itu, frasa juga tidak mempunyai batasan terkait panjang atau pendeknya. Sehingga frasa bisa pendek ataupun panjang, asalkan mempunyai lebih dari satu kata.

Baca Juga: MATERI PELAJARAN AWAL BAHASA INGGRIS

Jenis-Jenis Frasa Bahasa Inggris

Terdapat hingga 9 macam jenis frasa dalam bahasa Inggris yang wajib kamu ketahui sebagaimana berikut:

1. Noun Phrase

Untuk membuat noun phrase dibutuhkan kata benda dan modifier. Sedangkan head yang digunakan adalah noun atau kata benda, sebagaimana contoh berikut: Delicious food, glass in the kitchen, butterfly on the flower.

2. Adverbial Phrase

Frasa adverbia merupakan frasa yang berfungsi sebagai adverb atau kata keterangan. Adverbial phrase memiliki head yang berbentuk adverb atau kata keterangan yang digunakan supaya dapat memodifikasi kata kerja, kata sifat, ataupun kata keterangan. Contoh adverbial phrases yaitu: extremely great, too much, after the dinner.

3. Verb Phrase

Frasa kata kerja terbentuk dengan adanya kata kerja dan modifier. Head yang digunakan adalah kata kerja atau verb. Verb phrase juga tidak mempunyai subjek, sebagaimana contoh berikut: Work hard, buy a new drone, learn fast.

4. Gerund Phrase

Frase gerund umumnya berbentuk noun phrase atau kata benda, dengan head gerund. Berikut adalah contoh gerund phrase yang dapat digunakan: Listening to the song.

5. Infinitive Phrase

Jenis frasa yang dapat dibuat dengan penggunaan infinitive verb. Frasa infinitive berfungsi sebagai kata benda, kata keterangan, ataupun kata sifat. Head pada frasa tersebut adalah to Infinitive, sebagaimana contoh berikut: To come early, to call a friend.

6. Appositive Phrase

Appositive phrase merupakan noun phrase, frasa tersebut mengganti kata benda lain pada sebuah kalimat, sebagaimana contoh berikut: a sweet cake, a brown and cute cat.

7. Participle Phrase

Frasa ini dapat digunakan sebagai adjective atau kata sifat. Frasa diawali dengan verb ing atau verb 3 participle. Head yang digunakan adalah participle yang berfungsi sebagai adverb, verb, ataupun adjektif sebagaimana contoh berikut: writing a story, sent to me.

8. Prepositional Phrase

Frasa dalam bahasa Inggris ini adalah kelompok kata yang mencakup kata depan atau kata preposisi dan kata benda. Frasa tersebut berguna untuk kata keterangan atau kata sifat. Head yang digunakan adalah preposisi sedangkan modifier dari preposisi tersebut adalah objek, sebagaimana contoh berikut: Before afternoon, at hospital.

9. Exclamatory Phrase

Frasa ini mempunyai head yaitu kata exclamatory, disebut sebagai kata seruan. Berikut adalah contoh exclamatory phrase: How beautiful it is, how far, What a cool stuff!

Baca Juga: CONTOH KALIMAT BAHASA INGGRIS SEDERHANA

Kegunaan Frasa

Frasa sangat penting dan dapat ditambahkan pada sebuah kalimat. Tujuan penggunaan frasa adalah untuk membantu supaya kalimat menjadi lebih kompleks. Dengan adanya klausa dan frasa dalam bahasa Inggris pada sebuah kalimat, maka dapat membentuk kalimat majemuk.

Sekarang, kamu telah mendapatkan materi penting dalam bahasa Inggris terkait apa itu frasa dan macam-macam jenisnya. Kamu juga bisa belajar materi penting lainnya dalam bahasa Inggris sesuai kebutuhan, dengan cara cara mengambil kelas kursus bahasa Inggris di ICAN English.

Kamu mungkin kurang berfokus pada materi yang satu ini, padahal frasa berperan penting dalam sebuah kalimat. Hal ini menjadi penting untuk kamu yang terbiasa berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Bisakah Konversi Skor IELTS ke TOEFL?

Bisakah Konversi Skor IELTS ke TOEFL?

Konversi skor TOEFL ke IELTS memiliki klasifikasi dan tingkatannya masing-masing, mulai dari yang paling dasar hingga paling tinggi. Kedua tes tersebut sebenarnya cukup sulit untuk dibandingkan, karena memiliki keunikannya tersendiri. Selain itu, sistem...

3 Buku Terbaik Untuk Grammar Bahasa Inggris

3 Buku Terbaik Untuk Grammar Bahasa Inggris

Grammar merupakan salah satu aspek terpenting dalam mempelajari bahasa inggris. salah satu metode yang bisa kamu lakukan adalah belajar lewat media buku grammar bahasa Inggris. Metode tersebut bisa kamu pilih karena cenderung fleksibel dan bisa dilakukan dimana...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH