Permainan Tradisional dalam Bahasa Inggris

3 Permainan Tradisional dalam Bahasa Inggris

Terkadang, kamu ingin menceritakan pengalaman bermain permainan tradisional dalam Bahasa Inggris. Namun, mendadak berhenti karena tidak tahu apa arti permainan tradisional yang kamu maksud dalam Bahasa Inggris.

Nah, apakah kamu pernah mengalami hal seperti ini? Mengetahui nama permainan tradisional dalam kursus Bahasa Inggris akan membantu bercerita lebih jelas, sehingga orang asing yang ikut mendengarkan juga dapat terbawa dalam suasana pengalaman bermain tradisional tersebut.

Nama Permainan Tradisional dalam Bahasa Inggris yang Sering Dimainkan

Untuk meningkatkan kosakata saat bercerita tentang pengalaman bermain permainan tradisional, baik dalam bentuk tulisan atau lisan, berikut adalah beberapa daftar kosakata yang harus kamu tahu:

1. Stop And Run

Kalau hide and seek adalah arti dari petak umpet, lantas apa itu permainan stop and run? Permainan ini dikenal sebagai Gobak Sodor.

Asal mula permainan tersebut yaitu dari Jawa Tengah. Menurut KBBI, gobak artinya lapangan segi empat berpetak, petak. Tiap garis terdapat penjaga, dan pihak lawan yang masuk harus bisa melewati garis tersebut tanpa terkena sentuhan penjaga. Jika tersentuh, maka mereka harus berganti menjaga.

Arti sodor adalah menyodorkan sebagai cara penjaga menyentuh lawan, yaitu menggunakan tangan atau tubuh untuk menghadang lawan.

Baca Juga:
Siaran Radio untuk Belajar Bahasa Inggris

2. Ant Stalking

Ant stalking adalah bahasa inggris dari permainan tradisional injit-injit semut. Jenis permainan tersebut dimainkan menggunakan iringan lagu. Permainan ini dapat dimainkan oleh dua orang atau lebih. Semakin banyak pemain, maka semakin seru.

Lagu Injit-injit semut adalah lagu daerah populer asal Jambi. Permainan dimulai dengan semua pemain duduk melingkar di lantai. Semua tangan pemain dikumpulkan dan disusun tumpuk dari atas ke bawah. Tangan saling mencubit dan tertata rapi sambil digoyang-goyangkan dari atas ke bawah.

Dalam permainan Ant Stalking, tidak ada pemenang. Akan tetapi, keceriaan bisa muncul bagi anak-anak yang memainkannya saat bisa mencubit tangan teman seraya bernyanyi.

3. Hide and Seek

Permainan tradisional dalam bahasa inggris selanjutnya yang tidak kalah populer di Indonesia adalah Hide and Seek atau Petak Umpet. Sampai sekarang, masih banyak anak yang memainkan permainan tersebut. Tidak banyak yang tahu jika permainan tradisional ini berasal dari Yunani.

Permainan dimulai dengan hom pim pah terlebih dahulu untuk menentukan penjaga. Siapa yang kalah maka akan menjadi penjaga dan harus menutup kedua mata menggunakan tangan, menghadap pohon atau tembok. Sembari berhitung, para pemain lain bersembunyi untuk nantinya dicari oleh sang penjaga. Pemain yang ditemukan penjaga, nantniya akan menggantikan penjaga agar permainan terus berlanjut.

Dari informasi kali ini, kamu sudah belajar tentang kosakata bahasa Inggris terkait permainan tradisional. Selain melalui permainan, kamu juga bisa bergabung dalam kursus bahasa Inggris. ICAN English menawarkan kursus bagi siapapun yang ingin meningkatkan kemampuan berbahasa internasional tersebut.

Baca Juga:
Website Untuk Pelatihan Bahasa Inggris

Apa Saja Manfaat Permainan Tradisional?

Permainan seperti ini ternyata membawa sejumlah manfaat. Kamu bisa belajar meningkatkan kreativitas karena meningkatkan kemampuan berpikir dan menggunakan daya khayal.

Permainan tradisional juga membantu mencerdaskan otak. Anak-anak dapat berkembang secara kognitif untuk meningkatkan kemampuan berpikir dan memecahkan masalah.

Saat bermain, terkadang terjadi konflik antar pemain. Hal ini lumrah terjadi akibat adanya persaingan agresif, pertengkaran, atau egois. Sehingga, dari permainan tradisional, anak-anak dapat berlatih kooperatif, simpatik, dan mempunyai jiwa sosialisasi yang baik.

Melatih empati juga bisa dilakukan dari permainan tradisional. Empati merupakan faktor penting untuk perkembangan sosial anak-anak supaya mereka dapat belajar memahami seperti apa perasaan orang lain.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi