game untuk belajar grammar bahasa inggris

Game Untuk Belajar Grammar Bahasa Inggris

Game grammar bahasa Inggris bisa dijadikan sebagai salah satu metode ketika hendak belajar grammar dengan lebih menyenangkan. Lewat media game ini, kamu bisa menghilangkan stress sambil tetap belajar. Biasanya, pembelajaran yang dilakukan dengan cara yang menyenangkan akan lebih mudah diterima dan dipahami oleh kebanyakan orang.

Hal tersebut tentu saja akan sangat membantu kamu, khususnya yang memang ingin bisa menguasai bahasa inggris, terutama untuk pembelajaran mengenai grammar dengan baik dan benar. Biasanya, belajar grammar selalu terasa membosankan karena pembahasannya yang terlalu jauh dan berat. Sehingga, games bisa dijadikan sebagai suatu alternatif pembelajaran.

6 Daftar Game Belajar Grammar Bahasa Inggris Dan Cara Belajar Efektif

Terdapat berbagai pilihan game menarik yang bisa kamu pilih untuk belajar bahasa inggris dengan lebih menyenangkan. Kamu bisa memilih lebih dari satu jenis permainan agar tidak bosan dan cenderung variatif. Agar pemahaman bahasa inggris kamu semakin bertambah lagi, selain bermain game kamu juga perlu mengikuti kursus. Salah satu rekomendasi tempat kursus bahasa Inggris yang terbaik adalah ICAN English. Lewat tempat kursus tersebut, nantinya kamu akan diberikan pengarahan lebih jauh mengenai grammar yang tentu saja dilakukan secara interaktif dan tidak membosankan.

Baca Juga:
Game Online Seru untuk Belajar Bahasa Inggris

Berikut ini merupakan beberapa game grammar bahasa Inggris yang bisa kamu mainkan dengan mudah dan menyenangkan.

1. Simons Says

Games pertama yang bisa kamu pilih adalah Simons Saya. Games ini cenderung sangat sederhana dan mudah untuk dimainkan. Adapun, tata cara permainannya yaitu, pertama aka nada kumpulan pemain yang membentuk suatu lingkaran besar, kemudian salah satu orang berperan sebagai relawan instruktur yang nantinya akan memberikan perintah kepada pemain lain.

Bentuk perintahnya yaitu berupa instruksi yang harus dilakukan oleh pemain lain. misalnya, Instruktur memberi perintah simodens says..touch your left hand (Simon berkata sentuh tangan kirimu). Pemain yang tidak menuruti akan mendapatkan hukuman. Selain untuk belajar listening kamu juga bisa belajar mengenai pola kalimat yang di ucapkan oleh instruktur.

2. Hangman Games

Game bahasa inggris berikutnya yaitu, hangman games yang merupakan games tebak kata dalam bahasa inggris. permainan ini sangat cocok dipilih untuk kamu yang masih belajar di level dasar. Nantinya, kamu bisa memiih kata sesuai dengan tema yang diinginkan. Cara bermainnya, kamu hanya cukup menyelamatkan seseorang dengan cara menebak setiap susunan huruf yang tersedia.

Meskipun terihat sederhana, tetapi permainan ini juga akan sangat bermanfaat untuk kamu mempelajari grammar. Hal tersebut dikarenakan, untuk mempelajari grammar kamu butuh tahu banyak kosakata dalam bahasa inggris. lewat Hungman Games, kamu akan dilatih untuk bisa mengingat banyak kosakata penting dalam bahasa inggris.

Baca Juga:
Permainan Tradisional Dalam Bahasa Inggris

3. Observe And Remember Games

Games grammar bahasa Inggris selanjutnya yaitu, Observe and Remember. Sesuai dengan namanya, lewat game ini kamu akan dilatih untuk mengamati dan menganalisis sesuatu dalam bahasa inggris. cara memainkannya juga cukup sederhana, nantinya akan ada seorang instruktur yang mempersiapkan beberapa jenis benda yang diletakan di atas meja.

Setelah itu, pemain akan diberikan waktu selama 2 menit untuk mengingat dan mengamati benda-benda tersebut. Setelah waktunya habis, kamu diharuskan untuk menuliskan benda-benda apa saja yang tadi terlihat. Permainan ini juga hampir sama dengan games sebelumnya, tetapi dengan level yang lebih sulit.

4. Word Match Game

Kemudian, ada game grammar bahasa Inggris Word match game atau mencocokan kata demi kata. Game ini dapat membantu mengembangkan pengetahuan kamu dalam bahasa inggris. Nantinya, kamu diharuskan untuk mengetahui sinonim atau antonim dari suatu kata bahasa inggris. bisa dikatakan bahwa permainan ini adalh bentuk lanjutan dari yang sebelumnya.

5. What’s Missing Games

Games ini mengharuskan kamu mengidentifikasi suatu benda yang ditampilkan, lalu cari tahu apa yang hilang. Nantinya akan ditampilkan beberapa gambar yang perlu kamu cari tahu dan amati. Setelah itu kamu akan diperintahkan untuk menutup mata selagi instruktur mengacak gambar yang tadi. Terakhir, kamu akan diperintahkan untuk menyebutkan gambar mana yang hilang.

Baca Juga:
Catatan Penting Seputar Grammar Bahasa Inggris

6. Duolingo

Aplikasi ini dapat membantumu untuk belajar bahasa Inggris termasuk mempelajari grammar nya. Dalam permainannya, aplikasi ini menyajikan tantangan yang berbeda setiap levelnya. Sehingga kamu dapat belajar mengenai struktur kalimat yang basic sampai dengan expert.

Alasan Belajar Bahasa Inggris Lewat Game

Game adalah cara yang menyenangkan untuk berlatih bahasa Inggris. Ini bisa menjadi cara yang sangat memotivasi untuk belajar bahasa.

Games juga bagus untuk anak-anak yang pemalu atau khawatir melakukan kesalahan. Hal ini dapat memberi mereka kesempatan untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris dengan cara yang aman dan menyenangkan.

Jika dipadukan dengan dasar yang kuat dalam kosa kata dan grammar, video game membantu siswa meningkatkan keterampilan membaca, pemahaman, dan bahkan berbicara. Dampaknya bahkan lebih nyata pada siswa yang mengalami kesulitan.

Menurut survei nasional baru-baru ini, lebih dari 78% guru menyatakan bahwa permainan pembelajaran, bahkan video game, efektif dalam membantu siswa yang kesulitan untuk mengimbangi kesenjangan pembelajaran dalam pembelajaran tradisional mereka.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi