Tips Hafalan Dalam Bahasa Inggris Lebih Mudah

Tips Hafalan Dalam Bahasa Inggris Lebih Mudah

Ada banyak langkah yang bisa kamu lakukan untuk hafalan dalam Bahasa Inggris, misalnya percakapan pendek, ataupun kosakata. Mempelajari daftar kosakata bahasa Inggris bukanlah kegiatan yang remeh, setiap kata baru yang diperoleh akan semakin meningkatkan pemahaman berbahasa.

Kosakata yang beragam menawarkan banyak manfaat di berbagai aspek kehidupan, termasuk bidang akademis, profesional, dan pribadi. Kosakata yang kuat meningkatkan kemampuan seseorang untuk mengartikulasikan pikiran, ide dengan jelas, dan mengurangi kemungkinan kesalahpahaman.

Tips Sederhana Hafalan dalam Bahasa Inggris

Berikut adalah tips mudah melakukan hafalan dalam Bahasa Inggris:

Baca Juga:
Orang Tua Wajb Simak! Berikut Kriteria Memilih Kursus Bahasa Inggris Terdekat untuk Anak

Pelajari contoh kalimat

Terkadang kata-kata digunakan dalam praktik sangat berbeda dari yang kamu kira. Misalnya, ketika melakukan perjalanan dengan kereta api atau bus, banyak penutur asli bahasa Inggris, dalam praktiknya, menggunakan kata kerja “to catch” seperti contoh berikut:

“To catch the train, we made our way to the bustling station.”

Tetapi, kamu juga dapat mempelajari kata kerja “catch” dengan makna lain, seperti “menangkap”, seperti contoh berikut:

“She tried to catch the falling book”.

Teknik ini disebut sebagai “sentence mining” – mempelajari kalimat secara lengkap. Cara ini lebih efektif dalam menggunakan kosakata baru lebih cepat karena. Hal ini karena kamu akan menghafal tata bahasa dan penggunaan umum kosakata.

Baca Berulang-ulang

Setelah menguasai dasar-dasar bahasa Inggris, kamu dapat mulai mempelajari kosakata baru seperti yang dilakukan anak-anak. Dengan membuat tebakan sebuah kata yang tidak diketahui berdasarkan potongan kata sebagai petunjuk.

Misalnya, kamu mungkin belum mempelajari kata “grunted” secara spesifik, tetapi jika membaca kalimat “The pig grunted contentedly while rooting around in the mud.”…maka kamu mungkin bisa menebak makna grunted adalah “mendengus” atau suara yang dihasilkan babi.

Gunakan Teknik Mnemonik

Mnemonik ini dapat membantu pelajar dalam mengingat aturan tata bahasa, pola ejaan, dan aspek lain dari bahasa Inggris. Teknik ini memberikan cara yang bermanfaat dan berkesan untuk menginternalisasi dan mengingat informasi.

Contoh, FANBOYS adalah kata yang digunakan untuk mengingat konjungsi atau kata penghubung dalam Bahasa Inggris, yaitu: For, And, Nor, But, Or, Yet, So. Contoh lainnya yaitu Mnemonik “Big Elephants Can Always Understand Small Elephants” untuk mengingat pengejaan “because.”

Baca Juga:
Channel Youtube untuk Belajar Bahasa Inggris Dasar

Pentingnya Hafalan dalam Bahasa Inggris

Hafalan Bahasa Inggris sangat penting dalam berbagai aspek pembelajaran dan penggunaan bahasa Inggris, dan memiliki tujuan yang berbeda-beda tergantung konteksnya. Menghafal sangat penting untuk memperluas kosakata. Kamu bisa mempelajari dan mengingat kata-kata baru, artinya, dan cara menggunakannya dalam komunikasi yang efektif.

Menghafal ejaan dan pengucapan kata yang benar merupakan hal mendasar untuk komunikasi yang jelas dan akurat dalam bahasa Inggris tertulis dan lisan. Memahami dan menghafal aturan tata bahasa sangat penting untuk menyusun kalimat yang benar secara tata bahasa. Hal ini termasuk mengetahui bentuk kata kerja, struktur kalimat, dan jenis kata.

Meskipun menghafal itu penting, kamu juga harus menyeimbangkannya dengan aktivitas pembelajaran bahasa lain yang meningkatkan pemahaman, pemikiran kritis, dan penerapan praktis.

Baca Juga:
Rekomendasi Kursus Bahasa Inggris Terdekat Untuk Anak SMA di Tangerang

Di ICAN English, kamu bisa belajar bahasa secara menyeluruh. Kelas-kelas kami menggabungkan metode belajar dengan menghafal dan berbagai aktivitas seperti membaca, mendengarkan, berbicara, dan menulis. Sehingga, kamu dapat mencapai kemahiran komprehensif dalam bahasa Inggris.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.