5 Cara Mudah Hafalan Kata Kerja Bahasa Inggris

5 Cara Mudah Hafalan Kata Kerja Bahasa Inggris

Hafalan kata kerja bahasa inggris akan memudahkan kamu dalam berkomunikasi. Kata kerja adalah part of speech yang digunakan untuk mendeskripsikan pergerakan dan menunjukkan apa yang sedang dilakukan oleh subjek. Beberapa contoh kata kerja adalah sleep, eat, pray, sit, run, dan lainnya.

Kata kerja juga sangat penting dalam kalimat. Terdapat dua fungsi utama yang diperankan oleh kata kerja. Pertama yaitu kata kerja yang membuat subjek melakukan sesuatu. Kedua yaitu kata kerja yang memberikan klarifikasi.

Cara Mudah untuk Menghafal Verb Bahasa Inggris

Berikut adalah cara hafalan kata kerja Bahasa Inggris yang mudah diterapkan untuk pemula:

Baca Juga:
Hafalan Bahasa Inggris Sehari-Hari untuk Pemula

1. Kelompokkan Kata Kerja

kata kerja tidak beraturan atau irregular verb tidak mengikuti aturan apapun. Inilah salah satu alasan mengapa hafalan kata kerja bahasa Inggris yang tidak beraturan sangat penting. Walaupun tergolong sulit dihafalkan, irregular verb selalu mengikuti pola yang sama. Daripada harus belajar kata kerja secara alfabet, kamu bisa meletakkan kumpulan kata kerja dalam grup yang sama.

Cara kamu mengelompokkan kata kerja terbilang mudah. Kamu bisa mengelompokkan verb yang tetap sama di bagian present, past dan past participle. Atau kamu juga bisa mengelompokkan kata kerja yang sama di bagian bentuk past tapi tidak di bagian bentuk present.

2. Belajar Semua Kosakata Bentuk Tenses

kamu bisa belajar kata kerja tidak beraturan untuk diri sendiri di masa depan dengan cara belajar dari awal. Setiap kali belajar kata kerja baru, kamu bisa langsung belajar bentuk tenses.

Misalnya, kamu baru saja menemukan kata kerja baru yaitu “steal” yang artinya mencuri. Maka kamu juga harus belajar bagaimana bentuk kata tersebut dalam past tense dan past participle.

3. Hafal 10 Kata Kerja Tidak Beraturan

Agar kamu bisa melakukan hafalan kata kerja bahasa Inggris tidak beraturan lebih cepat, pahami bahwa tidak semua irregular verb sering digunakan. Kamu mungkin akan jarang menggunakan kata seperti broadcast.

Cobalah untuk menemukan daftar kata kerja tidak beraturan yang urut secara abjad, lalu cari kata kerja yang paling sering digunakan sebanyak 10 saja.

Mulailah dengan kata kerja pertama, kedua dan ketiga. Contoh: get, got, gotten. Lanjutkan Sampai kamu bisa menemukan 10 kata kerja tidak beraturan.

4. Hafalan Sambil Bermain

Kamu mungkin akan merasa senang ketika bisa belajar hafalan kata kerja tidak beraturan menggunakan flashcard. Tetapi jika kamu kesulitan, tidak ada salahnya untuk mencoba melakukan permainan dalam menghafalnya.

Ada beberapa game online yang bisa membuat hafalan terasa lebih mudah dan menyenangkan. Kamu bisa memanfaatkan permainan game seperti kuis yang disediakan oleh the British Council. Atau kamu juga bisa memanfaatkan verb wheel yang disediakan oleh the MacMillan Dictionary.

5. Belajar Dalam Bentuk Kalimat

akan lebih mudah mengingat hafalan kata kerja dalam bahasa Inggris terutama dalam bentuk irregular verb jika menggunakannya langsung dalam kalimat atau frasa. Kamu bisa belajar meletakkan kata kerja dalam kalimat sehingga kamu bisa belajar menggunakannya sesuai konteks.

Misalnya kamu ingin belajar kata kerja stop. Maka kamu bisa langsung membuat kalimat seperti berikut: I stop. I stopped working. I have never stopped working.

Baca Juga:
Tips Mengubah Kata Kerja Menjadi Past Tense

Cara Belajar Kata Kerja Lebih Mudah

Hafalan kata kerja bahasa inggris saja tidak akan cukup untuk membuat kamu fasih berkomunikasi. Kamu juga harus menggunakan bahasa tersebut untuk alat berkomunikasi dan mempraktekkannya. Itulah mengapa salah satu cara terbaik agar tidak sekedar hafalan adalah dengan ikut kursus bahasa inggris.

Di tempat kursus, kamu akan berada di lingkungan yang dirancang agar kamu bisa berani mengekspresikan banyak hal dalam bahasa inggris. Saat berbicara tentang sebuah subjek, maka mau tidak mau kamu akan belajar fungsi kata kerja.

Di ican english, proses untuk memahami penggunaan kata kerja bisa lebih cepat dipelajari. Kamu akan terus menggunakan kata kerja dalam kalimat bahasa inggris saat sedang menulis ataupun saat berbicara dengan tutor. Apalagi ada banyak kegiatan menarik yang membuat kamu jadi merasa betah terus belajar bersama tutor kami!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web