tips mengubah kata kerja menjadi past tense

Tips Mengubah Kata Kerja Menjadi Past Tense

Mengubah kata kerja menjadi past tense berarti mengubah bentuk serta keterangan waktu dalam suatu kalimat bahasa inggris. kata kerja atau dikenal juga sebagai verb dalam bahasa inggris memiliki berbagai bentuk berbeda guna membedakan waktu penggunaanya. Adapun, bentuk-bentuk kata kerja tersebut diantaranya; verb 1, verb 2, dan verb 3.

Kata kerja dalam bahasa inggris menunjukan waktu saat ini, lampau, dan masa yang akan datang. pada pembahasan kali ini akan menjelaskan mengenai perubahan bentuk dari kata kerja saat ini menjadi bentuk lampau untuk menunjukan suatu aksi atau peristiwa telah selesai. Materi yang satu ini memang harus diketahui lebih awal, dengan begitu kamu bisa mempelajari materi lainnya di kemudian hari. Dengan kursus bahasa Inggris di ICAN English, kamu bisa belajar materi yang satu ini dan materi lainnya.

5 Cara Mengubah Kata Kerja Menjadi Past Tense

Perubahan kata kerja dari bentuk asli atau bentuk present ke bentuk lampau atau past sangat penting untuk diketahui. Mengingat, ketika kamu membuat kalimat bahasa inggris penggunaan verb haruslah tepat karena akan sangat mempengaruhi arti dan makna dari suatu kalimat. Di bawah ini beberapa tips untuk mengubah kata kerja menjadi past tense.

1. Menambahkan Akhiran D Pada Kata Kerja

Cara pertama yang bisa kamu lakukan yakni dengan menambahkan akhiran d pada kata kerja. Bentuk kata kerja yang bisa diakhiri dengan d disebut dengan bentuk regular verb. Adapun, tidak semua kata kerja dalam bahasa inggris bisa diakhiri dengan huruf ini untuk mengubahnya menjadi bentuk lampau. Akhiran ini hanya diperuntukan bagi kata kerja dengan akhiran huruf ea.

Beberapa contoh kata kerja dalam bahasa inggris dengan huruf akhir ea yang bisa diubah kedalam bentuk lampau dengan menambahkan akhiran huruf d diantaranya; admire, advice, amuse, dan lainnya. Berbagai contoh kata tersebut bisa diubah menjadi bentuk lampau seperti; admired, advised, dan amused tanpa mengubah artinya.

2. Menambahkan Akhiran Ed Pada Kata Kerja

Cara mengubah kata kerja menjadi past tense selanjutnya yakni dengan menambahkan akhiran ed pada kata kerja. Seperti bentuk yang sebelumnya, untuk akhiran ini juga tidak bisa diterapkan di semua kata kerja dalam bahasa inggris. terdapat beberapa aturan yang perlu dipahami. Pertama, jika verb berakhiran huruf ya yang didahului huruf konsonan.

Misalnya, untuk kata kerja cry bentuk lampaunya jadi cried, kata kerja try jadi tried, dan lainnya. huruf y di akhir kata tersebut mengalami perubahan jadi huruf Ia dengan ditambah akhiran d. Kemudian, akhiran ed juga bisa ditambahkan untuk verb yang berakhiran ya didahului huruf vokal. Misalnya, kata play menjadi played, kata pray menjadi prayed, dan sebagainya.

Baca Juga:
Cara Mudah Memahami Simple Present Tense

3. Untuk Verb 1 Suku Kata Yang Diakhiri Konsonan Dan Didahului Huruf Vokal

Selain memiliki akhiran ya, penambahan huruf ed juga berlaku untuk kata kerja bentuk ini. untuk perubahan bentuk kata kerja pada turan ini, huruf terakhirnya akan ditulis jadi double dan diikuti dengan huruf ed di akhir kata.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa menyimak beberapa contoh kata berikut; kata kerja beg ketika diubah jadi bentuk lampau menjadi begged, kemudian kata gas akan berubah menjadi gassed, dan sebagainya. Perlu diingat bahwa aturan ini hanya berlaku untuk kata kerja dengan satu suku kata saja.

4. Kata Kerja Dengan Akhiran Huruf L

Hampir sama dengan aturan sebelumnya, pada bentuk kata kerja ini, huruf akhirnya menjadi double dan diakhiri dengan huruf ed. Aturan tersebut berlaku jika kata kerja didahului oleh satu huruf vokal, kemudian huruf La di akhir kata tersebut akan menjadi double.

Untuk lebih memahami terkait aturan tersebut kamu bisa lihat contoh berikut; kata kerja cancel ketika diubah menjadi bentuk lampau, maka akan jadi cancelled. Begitu pula untuk kata kerja propel akan berubah menjadi propelled, dan masih banyak lagi.

Namun, aturan tersebut tidak akan berlaku jika sebelum huruf L terdapat dua huruf vokal dalam kata kerja tersebut. Misalnya, untuk kata kerja boil ketika diubah  bentuk jadi lampau akan jadi boiled dengan satu huruf L karena dalam kata tersebut terdapat dua huruf vokal yaitu ia.

Baca Juga:
Keterangan Waktu Dalam Simple Present Tense

5. Mempelajari Bentuk Irregular Verb

Selain melakukan penambahan huruf, untuk mengubah kata kerja menjadi past tense juga perlu mengetahui tentang irregular verb. Bentuk kata kerja ini akan sangat berbeda dengan kata kerja awalnya. Sehingga, tidak ada tips lain yang bisa dilakukan selain mencari tahu dan menghafalkannya. Contoh dari verb ini yaitu go menjadi went, dan sebagainya.

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengubah kata kerja menjadi past tense. Cara-cara tersebut mungkin akan terasa rumit di awal, tetapi jika kamu rutin latihan maka akan jadi terbiasa dan merasa mudah. Selain itu jangan lupa juga untuk menghafal bentuk irregular verb.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi