Idiom bahasa Inggris populer

Idiom Bahasa Inggris yang Populer

Jan 20, 2022 | Bahasa Inggris

Idiom dalam bahasa Inggris adalah frasa yang memiliki makna yang berbeda dari kata-kata yang disampaikan. Karena mereka sering digunakan dalam bahasa Inggris sehari-hari, jika kamu tidak mengetahuinya, hampir tidak mungkin untuk memahami konteks kalimatnya. Banyak idiom bahasa Inggris populer yang kerap digunakan sehari-hari.

Kunci untuk memahami idiom bahasa Inggris adalah jangan melihatnya atau membacanya secara harfiah. Sebab, kata-katanya tidak akan masuk akal jika digabungkan. Sebaliknya, kamu perlu mempelajarinya dalam konteks sehingga kamu dapat memahami makna sebenarnya.

Baca Juga: CARA MUDAH BELAJAR IDIOM BAHASA INGGRIS

Daftar Idiom Bahasa Inggris yang Populer

Kamu tidak boleh merasa bahwa idiom memberatkan atau menjadi beban belajar bahasa Inggris. Setelah kamu memahaminya, idiom bisa berguna dan menyenangkan karena mengungkapkan kalimat dengan kata yang memiliki makna sulit.

Idiom bahasa Inggris populer sering pula digunakan dalam keseharian dan bisa menjadi kalimat yang cukup keren jika kamu mengerti maknanya. Berikut beberapa idiom bahasa Inggris populer yang bisa kamu gunakan sehari-hari.

1. Hit the Books

Secara harfiah, hit the books berarti memukul, meninju, atau menampar buku bacaan kamu secara fisik. Namun, ini adalah ungkapan yang umum digunakan di kalangan mahasiswa, terutama mahasiswa Amerika yang harus banyak belajar. Ini berarti “to study”, dan merupakan cara untuk memberi tahu teman bahwa kamu akan belajar.

Contoh kalimat untuk idiom populer ini adalah sorry but I can’t watch a movie with you tonight. I have to hit the books.

2. Feeling Under the Weather

Kamu mungkin pernah mendengar seseorang menggunakan idiom ini. Makna dari idiom populer ini adalah bahwa seseorang merasa tidak sehat atau sedikit merasakan sakit. Contoh kalimat dari idiom yang satu ini adalah I decided to stay home and rest over the weekend because I was feeling under the weather.

3. Sit Tight

Sit tight adalah contoh bagus mengapa kamu tidak dapat menerjemahkan idiom dalam bahasa Inggris kata demi kata. Idiom ini berarti kamu harus menunggu dengan sabar dan tidak mengambil Tindakan apapun sampai kamu menerima instruksi selanjutnya.

Contoh untuk idiom ini adalah You’re just going to have to sit tight and wait.

4. Face the Music

Secara harfiah, face the music berarti membalikkan tubuh ke arah musik dan berdiri di depannya. Namun, jika ini digunakan sebagai idiom, maka maknanya tentu tidak seperti itu. Artinya kamu harus menghadapi kenyataan dan menerima segala konsekuensinya, baik atau buruk.

Contoh kalimat dari idiom ini adalah I know I didn’t study hard, so I’m going to have to face the music and take the class again next semester if I really want to graduate

Baca Juga: IDIOM BAHASA INGGRIS YANG JARANG DIKETAHUI.

Mengapa Perlu Menggunakan Idiom?

Jika digunakan dengan benar, idiom bisa memperkuat pesan dengan cara yang menarik bagi lawan bicara atau pembaca. Menggunakan idiom ke dalam tulisan kamu adalah cara yang efektif untuk membuat pekerjaan lebih kreatif. Hal ini karena idiom bisa digunakan sebagai ekspresi artistik.  

Kamu mungkin menemukan idiom paling sering dalam percakapan lisan atau tertulis. Idiom dapat membantu meningkatkan keterampilan percakapan, karena menunjukkan kepada penutur asli bahwa kamu memahami makna budaya dan konteks di balik idiom yang kamu gunakan.

Idiom juga dapat membantu kamu merasa lebih nyaman dan percaya diri dengan kemampuan percakapan yang kamu miliki, semakin sering kamu mempraktikkannya selama kursus pembelajaran bahasa Inggris, maka semakin nyaman kamu menggunakannya.

Kamu tiadk harus memulai dengan idiom yang rumit, carilah idiom yang sederhana dan dapat membantu kamu terhubung dengan lawan bicara menggunakan kalimat yang lebih kreatif.

Dengan menggunakan idiom, kamu juga akan terdengar seperti penutur asli. Ini akan membuat percakapan dan obrolan kamu lebih menyenangkan.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Belajar Bahasa Inggris yang bagus adalah dengan menyematkan tingkatan sesuai dengan kemampuan. Tingkatan yang paling mahir dikenal dengan tingkat Expert. Tentu saja untuk bisa sampai ke level tersebut kamu perlu belajar dengan extra giat dan teratur supaya bisa sampai...

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Kursus Bahasa Inggris saat ini bisa kamu temukan dengan sangat mudah. Di berbagai kota bahkan secara online juga membuka kursus Bahasa Inggris bagi siapapun. Akan tetapi, dengan banyaknya tempat kursus Bahasa Inggris kamu juga harus bisa menyeleksi mana yang paling...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH